Paragraf Deduktif

Posted on

Paragraf Deduktif – Merupakan serangkaian frasa terkait dan membentuk unit gagasan yang terdiri dari gagasan utama dan kalimat penjelasan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, gagasan paragraf ialah bagian dari bab esai (biasanya berisi ide utama dan tulisan yang dimulai dengan baris baru; paragraf.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Paragraf Deduktif. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Pola, Jenis dan Contoh.

Paragraf Deduktif

Sebelum kita memulai inti materi dari artikel ini, alangkah baiknya sobat semua untuk dapat memahami terlebih dahulu yang dimaksud dengan pengertian paragraf deduktif. Langsung saja ulasannya di bawah ini.

Pengertian

Paragraf deduktif merupakan macam paragraf yang dikembangkan dengan skema deduksi. Model deduksi dimulai dengan paparan hal-hal yang umum, sehingga hal-hal tertentu tersebar. Paragraf deduktif dapat dilihat dari posisi kalimat utama di awal paragraf.

Pola Khusus Paragraf Deduktif

Tahukah Anda jika suatu jenis kalimat memiliki pola pengaturan yang berbeda dengan yang lain, yaitu

  • Impersonal (Bersifat umum)
  • Karakter spesial (Sifat khusus)
  • Karakter spesial (Sifat khusus)
  • Karakter spesial (Sifat khusus)

Jenis-Jenis Paragraf Deduktif

  1. Gagasan utama terdiri dari pernyataan umum diikuti dengan penjelasan spesifik
  2. Gagasan utamanya adalah di awal paragraf

Baca Juga: Kalimat Persuasif: Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Contoh Paragraf Deduktif

Berikut Ini ada 10 contoh dari paragraf deduktif yang di ulas dibawah ini

Contoh 1

Kecelakaan karena kelalaian kerja masih sering terjadi. Selama 2016, 15 orang meninggal akibat kecelakaan di tempat kerja, terutama di pabrik-pabrik di daerah perkotaan. Para korban meninggal tidak hanya untuk para pekerja, tetapi juga beberapa warga sipil yang tinggal di lingkungan pabrik menjadi korban. Banyak kecelakaan disebabkan oleh korsleting listrik karena para pekerja lupa mematikan listrik ketika mereka meninggalkan pabrik.

Contoh 2

Disiplin adalah masalah di lingkungan sekolah akhir-akhir ini. Ini terjadi karena banyak siswa sering datang terlambat. Juga, beberapa hari ketika interval diadakan, ada juga beberapa yang terlambat. Masalahnya karena itu diangkat oleh komite sekolah yang menghasilkan kebijakan tentang pelaksanaan sanksi di lapangan jika terbukti terlambat lebih dari sepuluh menit.

Contoh 3

Sosok ibu memiliki peran yang sangat penting bagi keluarga. Banyak orang akan setuju dengan pernyataan ini. Kita tidak dapat menyelesaikan dan mempersiapkan semua kebutuhan hidup tanpa bantuannya. Keluarga akan tergantung pada peran seorang ibu. Mulai dari makanan, peralatan dan kebutuhan rumah tangga, ibu biasanya berurusan tanpa mengeluh. Tentu saja ini membuat kita sadar untuk tidak menyanggah semua nasihat ibu dan menghargainya dengan lebih baik.

Baca Juga :  Biografi: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Strukturnya

Contoh 4

Internet sangat bermanfaat bagi manusia. Dengan kebebasan untuk mengakses Internet, kita dapat dengan mudah menemukan berbagai informasi di mana saja di dunia. Selain menjadikannya media, internet juga digunakan sebagai alat komunikasi bagi sebagian orang yang menggunakan aplikasi media sosial. Banyak hal dapat dicapai dengan satu klik menggunakan layanan Internet sehingga publik juga terbantu oleh kenyamanan ini.

Contoh 5

Fenomena kemacetan biasa terjadi di beberapa kota besar di Indonesia. Ini mungkin karena beberapa alasan, termasuk tingginya volume kendaraan yang melebihi tujuan dan kapasitas jalan. Selanjutnya, tingkat kesadaran warga yang kurang disiplin dan masih banyak pejabat yang tidak tegas menindas pelanggaran pengguna jalan yang semakin diterjemahkan ke dalam lalu lintas yang tidak terkendali.

Contoh 6

Orang yang pendiam sebaiknya tidak dihindari atau dianggap aneh. Karena orang yang diam tidak selalu pecandu narkoba, kepribadian sombong, orang dengan gangguan mental atau teroris. Orang yang pendiam hanyalah orang yang tidak terlalu banyak bicara dan tidak terlalu senang berada di tempat yang ramai terlalu lama.

Contoh 7

Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang dilakukan antara individu dan dirinya sendiri. Komunikasi ini dapat mengambil bentuk kontemplasi, introspeksi diri, pemikiran dan imajinasi. Komunikasi ini penting agar individu dapat mengenal dan mengenal diri mereka lebih baik.

Contoh 8

Bahkan jika guru menunjukkan slide materi kepada siswa, pembelian buku pelajaran masih harus dilakukan. Karena slide yang diberikan oleh dosen hanyalah bahan utama dan buku materi kuliah berisi diskusi menyeluruh tentang materi tersebut.

Contoh 9

Curricilum Vitae atau yang disingkat CV ialah salah satu persyaratan bagi mereka yang ingin melamar pekerjaan. Curricilum Vitae umumnya berisi data pribadi, pengalaman, riwayat pendidikan, hasil dan keterampilan, serta data pendukung lainnya. Riwayat Hidup harus singkat, singkat dan jelas.

Contoh 10

Saat ini, anak muda tidak lagi mencari pekerjaan untuk mendapat gaji besar. Bahkan generasi muda saat ini mulai mempertimbangkan aspek kepuasan batin di tempat kerja. Jadi ini membuat generasi muda bekerja sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi mengenai Paragraf Deduktif ini. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: