pengertian populasi dan sampel

Pengertian Populasi dan Sampel (Terlengkap)

Diposting pada

Salah satu metode dalam penelitian ilmiah merupakan menentukan populasi dan sample. Kekeliruan dalam memastikan sampel dapat berdampak fatal, karena sampel menjadi tidak representatif, dan hasil penelitian tidak akan dapat menggambarkan kondisi yang sebenarnya. Oleh karena itu memilih tenik penetapan sampel yang tepat menjadi sangat penting untuk memperoleh sampel yang representatif.

Pengertian Populasi

Populasi adalah subjek penelitian. berdasarkan Sugiyono (2010: 117) populasi merupakan wilayah generalisasi yang terdiri berdasarkan objek atau subjek yang memiliki kualitas dan karakteristik khusus yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan setelah itu ditarik kesimpulannya. Jadi populasi bukan cuma orang, tetapi juga objek dan materi-materi alam yang lain. Populasi juga bukan sekedar kuantitas yang terdapat pada objek atau subjek yang dipelajari, tetapi mencakup semua karakteristik atau sifat yang dimiliki oleh subjek atau objek itu.

 

Pengertian populasi menurut para ahli

  1. Populasi ialah daerah generalisasi yang terdiri berdasarkan obyek atau subyek yang memiliki kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan selanjutnya ditarik kesimpulannya (Sugiyono. 2005: 90).
  2. Populasi ialah keseluruhan subjek penelitian (Arikunto, 2002: 108).
  3. Populasi yakni keseluruhan dari variabel yang menyangkut permasalahan yang diteliti (Nursalam. 2003).
  4. Populasi merupakan segala nilai positif hasil kalkulasi maupun pengukuran, baik kuantitatif ataupun kualitatif, dari karakteristik tertentu tentang sekelompok objek yang utuh dan jelas (Husaini Usman. 2006: 181).
  5. Populasi yaitu seluruh individu yang menjadi area penelitian akan dikenai generalisasi” (I. B. netra, 1974 hal 10).

 

Baca juga >> Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

 

Pengertian Sampel

Berdasarkan Sugiyono (2010: 118) sampel merupakan elemen dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Jika peneliti melakukan riset akan populasi yang besar, sementara peneliti hendak meneliti tentang populasi tersebut dan peneliti memeiliki keterbatasan anggaran, tenaga dan waktu, sehingga peneliti menggunakan cara pengambilan sampel, maka generalisasi pada populasi yang diteliti. Maknanya sampel yang diperoleh dapat mewakili atau representatif bagi populasi tersebut.

Keuntungan melakukan penelitian sampel yaitu:

  1. peneliti tidak repot harus meneliti populasi, cukup cuma meneliti sampelnya saja.
  2. populasi yang sangat besar memungkinkan terdapat subjek yang dapat terserak atau terlewat dari peneliti pada saat diperoleh datanya.
  3. lebih praktis dari segi waktu, anggaran dan tenaga.
  4. menghindari keadaan yang destruktif, umpamanya meneliti tentang kemampuan kapasitas ledak peluru kendali.
  5. penelitian tidak dapat dilakukan dengan menggunakan populasi sebagai sumber informasi.

Artikel Terkait:

Tentang Penulis:

Gambar Gravatar
Saya seorang D-3 perekam medis dan melebarkan sayap saya ke dunia digital dengan mengambil gelar S.Kom. Mungkin di masa yang akan datang perkembangan dunia medis dan digital akan saling mengiringi demi kehidupan yang lebih bermakna. Terimakasih sudah memberi support website majalahpendidikan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *