6 Cara pengobatan syaraf kejepit terbaru

Posted on

Mulai dari tradisional hingga operasi, 6 pengobatan untuk syaraf kejepit – Syaraf kejepit merupakan sakit yang umum dirasakan pada bagian belakang tubuh. Jika penyakit ini sudah datang beberapa aktivitas jelas terganggu. Untuk mengobatinya ada banyak pilihan yang bisa dilakukan. Mulai dari hal tradisional, terapi hingga operasi yang disarankan oleh para dokter. Jika kamu mengalami tak ada salahnya untuk mencoba salah satu, siapa tahu cocok untuk penyembuhan syaraf kejepitmu.

Bergerak

Mungkin akan terdengar aneh jika merasakan sakit malah disarankan untuk bergerak. Namun begitulah adanya, diam saja di atas kasur takan membuat otot dan tulang menjadi semakin lemah sehingga dapat mengakibatkan penyakit lainnya. Tetap lakukan aktifitas seperti biasa tapi jangan ambil aktifitas yang terlalu berat. Selain itu belajarlah untuk relaksasi agar otot dan syarafmu tidak tegang sehingga meringankan sakit yang ada dipunggungmu,

Obat-obatan

Jika kamu ragu ke dokter tapi tidak tahan dengan rasa sakit yang kamu hadapi ada baiknya mengonsumsi obat-obatan. Beberapa obat bisa dikonsumsi tanpa resep dari dokter asal dikonsumsi dalam dosis kecil seperti Obat penghilang rasa sakit anti-inflamasi atau dalam bahasa apotik Anti-inflammatory painkillers dan juga paracetamol. Untuk obat yang harus resep dokter seperti Opioid, Steroid, Muscle relaxants, Antikonvulsan dan Antidepresan. Untuk obat resep dokter tak akan kamu dapatkan dengan mudah sehingga perlu pemeriksaan lebih lanjut sebelum mengonsumsi obat tersebut.

Terapi fisik dan olahraga

Telah dibahas sebelumnya jika menderita syaraf kejepit sangat disarankan tetap melakukan aktifitas walaupun dikurangi. Aktifitas yang bisa tetap dilakukan olahraga karena dapat memperkuat otot-otot sehingga kuat menopang tulang belakang dan rasa sakit semakin berkurang. Selain itu bisa juga dilakukan terapi fisik seperti pijat, pemanasan dan pendinginan atau terapi ultrasonik. Walaupun belum ada bukti kuat terapi fisik dan olahraga akan menghilangkan syaraf kejepit tapi kedua hal ini bisa menjadi terapi yang menyenangkan dan menenangkan.

Baca Juga :  Apa itu facial detox ? Pengertian dan tips

Pengobatan tradisional

Di Asia sudah banyak terkenal obat hingga terapi yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya syaraf kejepit. Beberapa pengobatan tradisional yang dapat dilakukan seperti akupuntur dengan menusukkan jarum-jarum ke titik-titik tertentu untuk menghilangkan rasa sakit, Reiki adalah teknik penyembuhan dari Jepang dengan cara menyalurkan energi alam yang disalurkan lewat tangan atau bisa melakukan pengobatan Moksibusi yaitu terapi menggunakan tanaman obat bernama moxa atau mugwort.

Suntikan

Ada beberapa cara untuk menyembuhkan syarat kejepit tanpa operasi tapi tetap dalam pengawasan dokter yaitu suntikan. Ada beberapa jenis suntikan, yang pertama suntikan pada tulang belakang yang berupa anastesi local atau obat antiinflamasi. Suntikan yang kedua adalah suntikan laser yang berguna untuk mengecilkan tonjolan akibat syaraf kejepit dengan prosedur heating atau pemanasan.

Operasi

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah operasi. Operasi untuk syaraf kejepit dilakauakn dengan membendah bagian yang sakit. Prosedur yang dilakukan berupa pengangkatan disk yang ada di tulang dan memperabaiki syaraf yang terjepit tergantung dengan penyebab syaraf terjepit. Prosedur ini tidak akan dilakukan dengan cepat karena butuh observasi terlebih dahulu. Banyak proses yang harus dilakukan sebelum operasi seperti tes darah, X-ray dan elektrokardioram dalam pengawasan dokter.

Nah itu adalah 6 jenis pengobatan yang bisa dilakukan untuk meringankan bahkan menghilangkan rasa sakit akibat syaraf kejepit. Namun semua pengobatan tersebut tergantung kondisi pasien. Ada kondisi pasien yang cocok dengan pengobatan tradisional atau karena teralalu parah sehingga pasien perlu dilakukan tindak operasi. Untuk itu perlu adanya diagnosa diri sendiri untuk menentukan pengobatan yang akan dilakukan.