Seni Rupa Murni, Fungsi Seni Rupa Murni, dan Contoh Seni Rupa Murni

Seni Rupa Murni: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Diposting pada

Seni merupakan sebuah hasil imajinasi atau pengungkapan ekspresi seseorang dan memiliki nilai estetika. Seni rupa adalah salah satu cabang dai seni yang bisa di pandang oleh mata dan dapat di rasakan dengan sentuhan.

 

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni (pare / fine art) adalah seni rupa yang tidak menghiraukan elemen efisien. karya seni rupa murni diciptakan khusus berdasarkan kreativitas dan ungkapan pribadi pembuatnya. Penggunaannya cuma terbatas pada dekorasi sebagai pemikat ketertarikan manusia. beberapa contoh seni terapan murni antara lain lukisan, patung, relief, dan kaligrafi.

Dalam seni rupa murni, ada beberapa aliran gaya. aliran gaya, yakni aliran dalam kegiatan seni rupa yang mempunyai pandangan dan identitas khusus yang unik dan baru dalam karya-karya yang dihasilkannya. aliran seni rupa, di antaranya romantisme, ekspresionistne, impresionisme, dan surcalisme.

 

Baca juga >>> Seni Tari: Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi, dan Unsur Seni Tari

 

Fungsi Seni Rupa Murni

Seni rupa murni yang berfungsi untuk memuaskan batin di dalam ciptaannya yang lebih penting adalah nilai keindahan yang manusia yang mengandung nilai budaya diapresiasikan pola sikap dengan media titik, garis, bidang, bentuk, corak, tekstur, dan gelap terang ditata dengan dasar tertentu sampai menghasilkan sebuah karya yang indah dan bermakna. seni rupa murni umumnya memiliki keistimewaan atau identitas khas tersendiri.

Seni Rupa Murni, Fungsi Seni Rupa Murni, dan Contoh Seni Rupa Murni

Contoh Seni Rupa Murni

a. lukisan
lukisan dari beragam pedoman seni rupa memiliki manfaat yang sama saja. Mereka dibentuk hanya sekedar sebagai pajangan untuk mempercantik isi sebuah ruangan. terlepas dari itu, karya seni rupa yang satu ini tidak bisa difungsikan untuk kondisi lain yang lebih bermanfaat. Ini ialah salah satu pola dari seni rupa modern yang setidaknya sering anda temui.

b. patung
serupa halnya menyamai lukisan, patung juga hanya bisa dimanfaatkan nilai estetikanya saja. terkadang kali memang patung memiliki arti sebagai identitas khas sebuah lokasi atau daerah. akan tetapi, kegunaan itu tidak menciptakan patung tergolong sebagai pola seni rupa terapan sebabnya nilai estetikanya lebih besar ketimbang dengan nilai praktisnya.

c. Relief
Pada candi-candi atau bangunan-bangunan lama, anda kerap menemukan adanya pahatan-pahatan dengan pola tertentu. Pahatan-pahatan inilah yang dikenal dengan relief. Relief adalah pola seni rupa murni 2 dimensi. Kegunaannya tidak lain hanya sekedar penghias belaka.

d. Kaligrafi
Kaligrafi adalah seni peninggalan sejarah Islam di Indonesia. anda bisa mengunjungi karya seni ini di tempat ibadah, kitab suci, atau lukisan-lukisan bernuansa Islam. serupa menyamai pola seni rupa murni lainnya, kaligrafi pun hanya bisa dimanfaatkan nilai estetikanya saja.

 

Demikianlah Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi Seni Rupa Murni, dan Contoh Seni Rupa Murni. Semoga bermanfaat!


Artikel Terkait:

Tentang Penulis:

Gambar Gravatar
Saya seorang D-3 perekam medis dan melebarkan sayap saya ke dunia digital dengan mengambil gelar S.Kom. Mungkin di masa yang akan datang perkembangan dunia medis dan digital akan saling mengiringi demi kehidupan yang lebih bermakna. Terimakasih sudah memberi support website majalahpendidikan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *