Tuntaskan Skripsi Dengan Lakukan Tiga Hal Ini

Posted on

Apakah kamu merupakan mahasiswa dengan background atau latar belakang yang cukup baik ketika menjalani beberapa mata kuliah di kampus? Atau kamu termasuk mahasiswa abadi yang hanya belum bisa lanjut dari bab 1? Kamu tidak perlu khawatir jika tugas akhirmu belum selesai? Sebenar-benarnya tugas akhir adalah tugas akhir yang selesai. Sebab apabila belum selesai maka dinamakan bukanlah tugas akhir. Karena tugas akhir akan menjadikan mimpimu akan disegerakan menjadi takdir

Skripsi bukanlah suatu hal yang harus ditakuti sedemikian menyeramkannya, sebenarnya skripsi adalah satu karya ilmiah yang membuktikan bahwa kita pantas menjadi mahasiswa dengan lulusan berakreditas dan bermutu. Apabila kamu mengerjakan skripsi dengan baik, maka apapun yang kamu jalankan dapat berjalan dengan baik. Namun apabila kamu hanya mengerjakan skripsimu dengan setengah hati, maka apa yang kamu khawatirkan bisa benar-benar terjadi, terutama saat ujian sidang skripsi.

Keintegritasan dirimu dilihat dan dinilai dari kesungguhan kamu pada saat menyusun tugas akhir, bukan perihal seberapa kamu bisa membuat banyak lembaran jika pada setiap kata didalam skripsimu tidak mampu kamu pahami dan kamu maknai dengan baik. Kamu tidak perlu mengkhawatirkan semua hal tersebut jika kamu lakukan tiga hal ini untuk tuntaskan skripsimu dengan baik:

  1. Kuasai alasan yang menjadi sebab kamu memilih judul penelitian tersebut
    Hal tersebut penting untuk dipaparkan agar ketika penguji mengujimu pada saat sidang kamu sudah benar-benar memahami dengan benar. Sebab jika kamu tidak memiliki alasan saat kamu menulis tugas akhirmu, maka dapat dipastikan bahwa kamu benar-benar memahami tugas akhirmu dengan baik.
  2. Pahami dengan baik apa yang menjadi metode penelitian kamu, apakah kamu menggunakan penelitian kualitatif atau kuantitatif dan juga sebagainya. Mengapa hal tersebut penting untuk dipahami dengan baik? karena dengan memahami dengan baik maka kamu akan dengan mudah menyelesaikan skripsimu dengan baik. jangan sampai kamu yang berperan menjadi sebagai peneliti malah tidak memahami atau bahkan tidak mengetahui dengan betul mengenai penelitian dirimu sendiri.Kehidupan kita memang selalu memiliki banyak problematika apalagi mengenai tugas akhir yaitu skripsi. Terkadang semangat yang terkadang mengebu-gebu atau bahkan terhempas dan menghilang bagai abu. Namun percayalah bahwa alasan kamu untuk memulai segala perjuangan dan pengorbananmu yang akan senantiasa membawamu untuk selalu terus melangkah tanpa sedikipun menyerah.
  3. Kuasai hasil penelitianmu dengan baik, hasil yang ada dalam penelitian adalah jawaban atas penelitian yang kamu sudah teliti. Maka hasil yang dihasilkan pun harus berdasarkan data sebenarnya, bukan data yang tidak berdasarkan sumber yang pasti sebab jika hasil dari penelitianmu tidak berdasarkan sumber yang terpercaya.
    Mengapa hal tersebut perlu dikuasai? Jika hasil penelitian kita tidak sesuai dengan prosedur yang ada dalam buku panduan maka kamu harus perbanyak membaca buku untuk mendukung penelitianmu.
Baca Juga :  Pengertian Kalimat Imperatif, Interogratif dan Deklaratif

 

Oleh sebab itu dari beberapa tips yang ada maka kamu wajib untuk menguasai hal tersebut agar kamu dapat memudahkan kamu untuk menjawab seputar penelitian kamu ketika dosen penguji sedang mengujimu dalam sidang skripsi. Jika kamu menyepelekan beberapa hal diatas, kamu harus mempersiapkan diri untuk lebih memberanikan diri di tengah ketegangan bersama penguji. So enjoy your paper research and do you best! Karena sebenar-benarnya ujian skripsi adalah sebagaimana kamu mampu menguasai isi dari penelitian kamu dengan baik. Keep fighting!!