Apa itu Google Asisten dan Kegunaannya

Posted on

Tak sendiri lagi, kini bepergian bisa dengan Google Asisten – Google Asisten adalah perangkat dari Google yang dibuat guna mempermudah pengguna. Dari Google Asisten banyak hal yang dapat dilakukan, misalnya bertanya jam, menghidupkan/mematikan lampu, memperbesar/memperkecil volume speaker dan lain sebagainya. Kalau soal kebutuhan rumah hampir semua bisa dilakukan oleh Google Asisten, dengan catatan perangkat terhubung oleh Google yah. Namun ternyata, Google Asisten tak hanya dapat membantumu untuk urusan rumah tapi juga perjalanan bisnis atau liburan. Berikut ini adalah tips dan triknya.

Sebelum menggunakan Google Asisten, pastikan ponselmu memiliki fitur ini. Pada android diatas 5.0, fitur ini otomatis ada di ponsel. Dengan menekan home dan katakana “ok google” fitur ini siap membantu. Pada Pixel 2, Pixel 3, atau Pixel 3A, cukup dengan memencet setengah bagian bawah ponsel.

apa itu google asisten dan cara pakai

Berbeda dengan keduanya, bagi yang memiliki ponsel Iphone harus mengunduh terlebih dahulu. Jika sudah terunduh dan ingin menggunakannya, pengguna harus membuka aplikasi terlebih dahulu. Walaupun dengan menggunakan Google Asisten itu berarti melupakan siri tapi taka da salahnya untuk dicoba.

Download google asisten apk 

Google Maps

Google Asisten dapat membantu pengguna dalam perjalanan menggunakan Google maps. Misalnya perjalanan menuju kantor atau pulang kerumah. Caranya, penguna cukup masukkan alamat dengan catatan ‘rumah’ atau ‘kantor’. Dengan begitu, pengguna cukup mengatakan ‘bawa aku ke rumah/kantor’ maka google asisten akan memberikan rute terbaik lengkap dengan pembaruan lalu lintas.

Hal ini juga bisa dilakukan di luar kota, cukup mengatakan ‘ok google, rute ke parang teritis’. Pengguna juga bisa menggunakan kata perintah ‘rute ke parang teritis menggunakan angkutan umum’ jika ingin menggunakan angkutan umum. Tak hanya rute, informasi kemacetan bahkan harga angkutan juga tersedia.

Baca Juga :  Milis: Pengertian, Sejarah, Kegunaan dan Jenis

Pesan hotel dan penerbangan

Bagi pengguna yang ingin melakukan perjalanan jauh keluar kota atau bahkan keluar negeri, google asisten bisa sangat membantu. Mulai dari persiapan, saat diperjalanan ataupun saat pulang. Untuk mengetahui penerbangan ke Berlin misalnya, cukup tanya pada google asisten ‘penerbangan ke Berlin’. Jika ingin memesan hotel di Berlin juga cukup katakan ‘hotel di Berlin’ dengan begitu, google asisten akan memberikan list hotel di Berlin.

Konversi mata uang

Jika bepergian keluar negeri tentu uang menjadi hal pokok untuk setiap perjalanan. Dengan nilai mata uang yang selalu berubah Google Asisten dengan setia membantu menghitung berapa konversi uang yang kamu miliki. Cukup katakan pada Google Asisten ’10.000 rupiah berapa ringgit’ dengan begitu konversi mata uang dari rupiah ke ringgit akan tertera di layar.

Terjemah bahasa

Bahasa kadang bisa menjadi penghambat atau pendukung untuk bepergian keluar negeri. Misalnya pergi ke Cina untuk belajar bahasa Cina tapi ada juga orang yang minder ke luar negeri karena kemampuan bahasa yang terbatas. Bagi pengguna Google Asisten, minder bukan halangan untuk bepergian. Cukup beri perintah pada Google Asisten maka Google Asisten akan membantu. Misalnya katakan ‘bahasa Thailand berapa harga pakaian ini’ maka dengan mudah google Asisten memberikan terjemah dalam perkataan dan tulisan.

Reservasi restoran

Bagi pengguna Google Pixel, pemesanan restoran menjadi sangat mudah dengan Google Duplex. Cukup beri perintah restoran terdekat dan minta untuk melakukan pemesanan. Duplex akan bertanya untuk membagikan nomermu kepada restoran agar pihak restoran menghubungimu. Namun tak semua restoran bisa dipesan dengan duplex tapi Google Asisten tetap akan memberimu rekomendasi restoran yang dekat denganmu.

Itulah beberapa keuntungan menggunakan Google Asisten untuk kegiatan bepergianmu. Tak hanya memudahkan tapi juga praktis dalam penggunaan. Semoga bermanfaat.

 

Sumber:

https://www.techradar.com/how-to/how-to-use-google-assistant-on-your-travels

https://www.cnet.com/how-to/google-assistant-plan-a-day-trip/