kejahatan dunia maya dan teknologi

Definisi dan Macam Kejahatan Dunia Maya dan Teknologi

Posted on

Definisi dan Macam Kejahatan Dunia Maya dan Teknologi  – pada kali ini kita akan bahas semua tentang keamanan dan apa saja jenis dan defisini dari kejahatan dunia maya seperti hacker dan craker apa bedanya ?

Hallo hay kalian semuaaaaa, balik lagi sama tulisan abal abal anak kampus. Semoga sih, semua tulisan yang aku share ke kalian bisa bermanfaat untuk kalian. Kadang kalo kita bicara tentang teknologi yang terbayang hanya sebuah keuntungan keuntungan dan kemudahan yang sangat berguna bagi kita. Tapi kalian tau ga sih?, tanpa kalian sadari kejahatan juga terjadi loh di ranah teknologi. Mungkin beberapa dari kalian udah ada yang tau tentang kejahatan kejahatan teknologi ya satu dua lah ya, di sini dan pada tulisan kali ini aku mau membagikan  sedikit tentang kejahatan teknologi yang sering terjadi di lingkupan kita.

 

Kejahatan Teknologi

kejahatan dunia maya dan teknologi gambar 2

Pada saat ini teknologi semakin berkembang pesat, selain terdapat dampak yang baik dalam kehidupan ternyata perkembangan teknologi juga mempunyai dampak buruk. Mungkin salah satu yang sering kita dengar adalah pemakaian informasi data pribadi atau data perusahaan untuk di pergunakan untuk keuntungan beberapa pihak.

 

Penyebab meningkatnya kejahatan teknologi :

  • Aplikasi yang menggunakan teknologi informasi dan jaringan komputer semakin meningkat
  • Desentralisasi dan distributed server menyebabkan lebih banyak sistem yang harus di tangani
  • Transisi dari single-vendor kepada multi-vendor
  • Meningkatnya kemampuan pemakai di bidang komputer
  • Mudah diperoleh software untuk menyerang komputer dan jaringan komputer
  • Perangkat hukum yang kurang akomodatif
  • Semakin komleksnya sistem yang di gunakan
  • Terjadinya lubang keamanan
  • Semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan IT terutama bebas jaringan
BACA INFO LAIN  ASUS ROG Laptop Idaman Para Gamers!!! #WEAREROG

 

Aspek aspek keamanan

kejahatan dunia maya dan teknologi
Aspek keamanan adalah pertimbangan yang menyatakan sebuah komputer bisa di nyatakan aman dari kejahatan.

  • Authentiction , penerima pesan informasi yang mengidentifikasi keaslian pesan
  • Integrity , pemastian informasi yang di kirim tidak di modifikasi oleh orang orang yang tidak berhak
  • Nonrepudation, hal yang bersangkutan dengan pengirim tidak dapat mengelak bahwa dialah yang telah mengirim pesan.

 

Konsep/syarat keamanan :

  • Kerahasian
  • Integritas
  • Ketersediaan

 

Lingkup pengamanan

  • Pengamanan secara fisik
  • Pengamanan akses
  • Pengamanan data
  • Pengamanan komunikasi jaringan

 

Bentuk bentuk ancaman

  • Intruption
  • Interception
  • Modification
  • Fabrication
  • Local attack

Lokal attack adalah salah satu usaha rekan kerja sendiri untuk mengakses data secara tidak sah

  • Hacker attack

Hacker attack adalah programmer yang pandai hack yang baik adalah solusi yang cantik kepada masalah programming dan hacking adalah proses pembuatannya.

  • Cracker

Cracker adalah seseorang yang masuk ke sistem orang lain, biasanya pada jaringan komputer  atau biasanya creacker ini adalah orang yang dengan sengaja melawan keamanan komputer.

 

Tapi guys kalian tau gak sih apa perbedaan pekerjaan hacker dengan cracker?, nah di sini aku juga mau menjelaskan sedikit tentang hacker dan cracker. Hacker itu biasanya melakukan hal hal yang sesuai dengan pemrogaman, istilahnya dia ini adalah yang paling bias mencari solusi untuk sebuah program. Ga banyak juga si hacker yang syka ngobrak nabrik pemrograman suatu program, misalnya pencurian saldo atm kalo di tanya caranya gimana aku juga kurang tau yang jelas bank bank di dunia sering banget servernya di bikin kacau, dan saldonya dikuras jahat banget ya?. Nah kalo cracker sendiri biasanya kalian tau ga sering banget kejadian pada artis artis  papan atas yang akun pribadinya tiba tibabisa gak di buka nah ini nih kerjaan si cracker, biasanya pekerhjaan si cracker ini menjual akun yang sudah banyk pengikutnya atau bahkan ada juga yang menjua3 akun ini untun endirsement dan nanti uangnya akan masuk ke si cracker ini.

Nah dari sini kalian tau kan, apa aja jenis kejahatan dan penyebab  penyebab terjadinya kejahatan?. Jadi dari sini kalian harus lebih hati hati ya sobat.

Gravatar Image
Hobi nulis untuk sesuatu yang bisa bermanfaat untuk orang lain tanpa mengurangi kualitas isi dan maksud dalam pembhasan. Lulusan sarjana pendidikan di salah satu universitas semarang jawa tengah.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of