Cara Pasang MCB

Posted on

Cara Pasang MCB – Pasti dirumah kita ada aliran listrik bukan? Tapi apakah kalian mengetahui MCB itu apa? Apakah kalian mengetahui cara memasangnya? Jika belum mengetahuinya maka kalian bisa menyimak artikel ini sampai akhir.

Karena artikel ini akan membahas secara lengkap soal cara pemasangan MCB, sehingganya kalian bisa memasangnya sendiri dirumah kalian.

Dan pembahasan akan kita mulai dari pengertian, alat yang digunakan, kemudian bahan yang diperlukan baru kemudian kita akan membahas tentang cara pemasangannya.

Pengertian Cara Pasang MCB

cara pasang mcb listrik prabayar

MCB ialah sebuah komponen instalasi yang begitu penting untuk digunakan, selain gunanya untuk keamanan instalasi, MCB juga dipkai untuk pembagi daya kebeban.

MCB atau Miniature Circuit Breaker itu biasanya ada didalam suatu panel distribusi daya, panel kontrol dan box panel atau MCB dalam instalasi pabrik, kantor rumah dan lain sebagainya.

Apabila teman-teman telah mengetahui cara pemasangan MCB yang benar maka teman-teman juga dapat melakukan penambahan MCB baru dalam box panel yang sudah ada.

Dan tak hanya itu teman-teman juga dapat mengganti sekring diinstalasi lama dengan MCB apabila diperlukan

Setelah kalian mengetahui pengertiannya, maka pembahasan selanjutnya yaitu alat-alat yang digunakan.

Alat-alat Untuk Memasang MCB

Pasti untuk memasang suatu akan memerlukan alat untuk memasangnya, sama halnya memasang MCB ini memerlukan alat, dan alat-alatnya sebagai berikut:

  • Tang Potong
  • Tespen
  • Tang Kombinasi
  • Obeng Min dan Plus
  • Palu dan lain sebagainya

Dan itulah beberapa alat yang dibutuhkan untuk memasang MCB ini, maka pembahasan yang selanjutnya yaitu bahan-bahan yang diperlukan.

Bahan-bahan Untuk Cara Memasang MCB

Untuk memasang MCB ini bahan-bahan yang diperlukan yakni sebagai berikut:

  • Box MCB ataupun Box Panel
  • Isolasi apabila diperlukan
  • Kabel NYA atau NYM (Minimal 2,5 mm ukurannya)
  • MCB (Ukuran Ampere yang telah disesuaikan)
  • Sekrup
  • Paku Sadel

Dan itulah bahan-bahan yang diperlukan untuk memasang MCB ini, dan pemabahasan yang selanjutnya yaitu cara pemasangannya.

Cara Pemasangan MCB

Apabila kalian ingin memasang sediri MCB dirumah, kalian harus menyimak penjelasan dibawah ini ya sob.

Eeeetttt sebelum cara pemasangannya kalian harus meilihat contoh gambar pemasangan MCBnya agar lebih mempermudah kalian, dan berikut adalah gambarnya.

cara memasang mcb pengganti sekring

Seperti itulah gambarnya, dan untuk caranya dibawah ini ya sobat.

  • Sebelum kita memasang MCB maka hal yang terpenting yang harus dilakukan ialah menentukan kabel fasa ataupun netral. Apabila pemasangan MCB yang berupa penambahan agar bisa menentukan kebel fasa ataupun netral bisa dilakukan dengan memakai TESPEN ataupun kode warna kabel dari kabel yang sudah ada
  • Sesudah mengetahui polaritas fasa serta netral maka hal yang selanjutnya ialah menempatkan Box MCB ataupun box panel ditempat yang diinginkan dan dalam box Panel itu sudah berisi MCB
  • Siapkan kabel yang pada nantinya digunakan untuk di hubungkan dengan MCB yang ada di dalam Box panel. Sebagai contoh kabel Fasa, Netral dan Ground lihat skema dari cara memasang MCB yang ada di atas
  • Dari contoh skema yang ada diatas, hubungkan kabel fasa Hitam (L1) ataupun Coklat (L2) ataupun Abu-abu (L3) ke terminal MCB untuk input. Buka kemudian tutup terminal sekrup iti dengan memakai Obeng
  • Begitu juga dibagian output MCB, buka kemudian tutup terminal sekrup agar bisa menghubungkan kabel fasa yang pada nantinya akan melayani bagian beban ataupun stop kontak. Di bagian output diharuskan memiliki warna yang sama dengan kabel Input supaya tak membingungkan.
  • Apabila pemasangan MCB itu lebih dari satu buah jadi kalian bisa mengulangi cara ktu mulai point 4 dan juga 5. Apabila pembagian beban ialah sefasa ataupun sama fasa maka cukup dengan kopel/jumper kabel input MCB yang ada diawal dengan yang lainnya. Tapi apabila pembagian beban dengan berbeda fasa diantara MCB satu dengan yang lainnya jadi warna kabelnya juga harus dibedakan.
  • Untuk kabel yang Netral serta Ground silakan dihubungkan ke masing-masing netral serta terminal ground bagi kabel Ground (lihat contoh diatas). Terminal netral ataupun terminal ground itu berfungsi sebagai titik penyambungan sebelum menuju beban.
Baca Juga :  Cybercrime: Pengertian, Jenis-Jenis dan Contohnya

Mudah bukan cara pemasangannya? Sekarang kalian sudah bisa memasang MCB sendiri dirumah kalian.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Cara Pasang MCB. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga Lainnya: