Contoh Konjungsi Antar Paragraf

Posted on

Contoh Konjungsi Antar Paragraf – Konjungsi adalah kata penghubung atau kata sambung. Konjungsi berisi kata-kata tugas yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antara klausa, kalimat atau paragraf.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Konjungsi Antar Paragraf. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian dan Contoh.

Pengertian

Ada beberapa jenis konjungsi dalam bahasa Indonesia, termasuk: konjungsi antara klausa, konjungsi antara kalimat, dan konjungsi antara paragraf. Sekarang pertanyaannya di sini, apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan kata konjungsi antar paragraf?

Contoh Konjungsi Antar Paragraf

Konjungsi antara paragraf adalah konjungsi yang digunakan untuk bergabung dengan paragraf ketika hubungannya dengan paragraf sebelumnya digunakan. Konjungsi antar paragraf umumnya di awal paragraf. Berbagai jenis konjungsi antara paragraf, seperti untuk mengenali aritmatika, sebelumnya atau Shahdan sementara itu.

Konjungsi antara paragraf adalah konjungsi atau konjungsi yang terhubung antara paragraf dan paragraf lainnya. Koneksi ini berguna untuk membuat paragraf yang koheren, konsisten, dan sistematis.

Contoh Konjungsi Antar Paragraf

Berikut adalah contoh topik di atas, di bawah ini:

Contoh 1

Masih banyak yang bingung tentang cara menulis dengan baik dan benar. Bahkan, seseorang yang ingin menulis hanya harus pergi dua cara untuk menulis. Dua opsi tersebut adalah kerja keras membaca dan kerja keras menulis.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa tips atau cara bagi seseorang untuk dapat menulis dengan baik terdiri dari membaca dengan tekun dan berlatih menulis dengan tekun.

Contoh 2

Jika Anda telah kedaluwarsa obat, Anda tidak harus membuangnya di tempat sampah. Ketika ini dilakukan, ada kekhawatiran bahwa obat-obatan akan mencemari tanah dan air jika obat-obatan ini mempengaruhi air atau tanah setiap saat. Sebagai solusi, obat yang kadaluwarsa dapat dikembalikan ke apotek atau rumah sakit sehingga obat yang kadaluarsa dapat dihancurkan.

Karena itu, jika Anda telah kedaluwarsa obat-obatan, Anda tidak harus membuangnya di tempat sampah dan menyerahkannya ke apotek atau rumah sakit.

Contoh 3

Selain artikel, ulasan atau esai atau fitur khusus, esai adalah salah satu jenis esai semi-ilmiah. Definisi esai itu sendiri adalah sebuah makalah yang berisi pandangan pribadi penulis tentang suatu subjek atau pertanyaan yang ada.

Esai ini tidak hanya salah satu esai semi-ilmiah, tetapi juga salah satu jenis prosa baru, selain jenis baru, berbagai cerita pendek, jenis drama dan juga jenis romansa.

Contoh 4

Pendahuluan adalah struktur awal esai yang mencakup deskripsi topik esai yang dibahas dan latar belakang mengapa subjek diambil alih oleh penulis atau penulis esai. Konten atau diskusi adalah struktur inti dari esai yang berisi diskusi khusus tentang topik esai. Akhirnya, kesimpulannya adalah struktur akhir dari esai yang berisi kesimpulan dari presentasi esai tentang topik yang dibahas.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa struktur esai yang baik terdiri dari tiga struktur utama, yaitu pengantar, isi atau diskusi dan kesimpulan. Ketiga struktur ini harus ada dalam satu esai dan disusun secara terstruktur, mulai dari pendahuluan, konten hingga akhir.

Baca Juga :  Contoh Kalimat Koordinatif

Contoh 5

Konjungsi adalah kata atau frasa yang menghubungkan dua kata atau lebih, frasa, klausa, kalimat, atau bahkan paragraf. Konjungsi itu sendiri dibagi menjadi beberapa tipe berdasarkan elemen yang dihubungkan oleh konjungsi.

Berbagai jenis konjungsi berdasarkan elemen mana yang dihubungkan oleh konjungsi ini termasuk konjungsi interalimatic, konjungsi intracalimatic dan konjungsi antar paragraf. Konjungsi interjudged adalah konjungsi yang menghubungkan satu kalimat ke kalimat lain, sedangkan konjungsi intrakaltik adalah konjungsi yang menghubungkan dua atau lebih elemen yang terkandung dalam sebuah kalimat. Sementara itu, konjungsi antar paragraf adalah konjungsi yang menghubungkan satu paragraf ke paragraf lain.

Contoh 6

Masih banyak yang mempertanyakan langkah dasar apa yang harus dilakukan jika ingin menulis. Padahal, langkah dasar untuk menulis cukup sederhana, yaitu membaca dan menulis sendiri. Jika kita melakukan keduanya secara rutin, keterampilan menulis kita pasti akan berkembang.

Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa langkah-langkah dasar untuk menulis hanya dua cara, yaitu membaca banyak dan berlatih menulis.

Contoh 7

Adalah bermanfaat untuk menentukan bidang-bidang yang akan dikerjakan dalam karier selanjutnya. Ini memungkinkan kita untuk lebih fokus dalam membangun karier dan kesuksesan kita di masa depan.

Lapangan yang bisa digarap bisa apa saja, tergantung minat dan keterampilan kita sendiri. Misalnya, jika kita memiliki minat dalam bidang kreatif – baik itu film, seni visual, dll – kita perlu memasuki sektor kreatif untuk menjaga minat kita.

Contoh 8

Jika pembaca memiliki obat yang kedaluwarsa, jangan membuangnya ke mana pun. Karena obat ini dapat dikumpulkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk kemudian dijual kembali dengan memalsukan tanggal kedaluwarsa. Bahaya lain dari pembuangan obat-obatan kadaluarsa yang sembarangan adalah pencemaran lingkungan karena kandungan kimia dari obat-obatan ini.

Oleh karena itu, obat kadaluarsa tidak boleh digunakan secara sembarangan, karena ini memiliki efek negatif pada manusia dan lingkungan. Sebagai gantinya, kami harus menyerahkan obat kadaluwarsa yang kami miliki ke apotek atau rumah sakit sehingga obat tersebut dapat diselesaikan oleh apotek atau rumah sakit.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Konjungsi Antar Paragraf. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: