Contoh Prosa

Posted on

Contoh Prosa – Secara etimologis, kata prosa diambil dari bahasa Latin “Prosa”, yang berarti “terus terang.” Jadi pengertian prosa adalah karya sastra yang digunakan untuk menggambarkan suatu fakta.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Prosa. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian dan Contoh.

Pengertian

Arti huruf dalam prosa adalah denotatif atau ejaan yang mengandung makna nyata. Meskipun kadang-kadang kiasan hadir di dalamnya, itu hanya berfungsi sebagai hiasan untuk menulis teks dalam prosa.

Contoh Prosa

Prosa adalah karya sastra yang juga mengambil bentuk penulisan bebas, yang akan bebas, yang berarti bahwa dalam prosa itu tidak akan terikat oleh aturan penulisan seperti sajak, diksi, ritme, dll.

Makna kata-kata dalam prosa yang bersifat denotatif atau akan mengandung makna yang sebenarnya. Bahkan jika ada kata-kata kiasan, mereka hanya akan menjadi perhiasan dari beberapa bagian sehingga teks dapat ditekankan atau didekorasi dengan prosa.

Kata kias dalam prosa juga akan berfungsi sebagai hiasan, tidak seperti puisi, yang pada dasarnya juga menggunakan konotasi atau kata-kata kiasan, yang akan membutuhkan interpretasi yang cermat.

Contoh Prosa

Di bawah ini Anda dapat melihat contoh penjelasan di atas, di bawah:

Contoh Prosa Baru

Layar Terkembang Karya Sutan Takdir Alishahban

Novel ini menceritakan tentang perjuangan perempuan Indonesia untuk mencapai tujuan mereka. Novel ini adalah novel modern ketika sebagian besar orang Indonesia masih berpikir keras (1936). Novel ini memperkenalkan banyak perempuan Indonesia ke pertemuan budaya baru yang mengarah ke pemikiran modern. Hak-hak perempuan, yang sebagian besar dipromosikan oleh budaya kontemporer dengan perspektif gender, tercermin dalam banyak novel ini dan merupakan perjuangan yang luas dan independen. Ini juga memperkenalkan banyak tantangan baru mengenai bentrokan budaya antara barat dan timur dan masalah agama.

Cerita dimulai dengan tokoh-tokoh saudari dengan nuansa berbeda dari Tuti dan Mary. Tuti adalah seorang kakak perempuan yang selalu serius dan aktif dalam berbagai urusan wanita. Dia bahkan aktif memberikan pidato tentang kesetaraan wanita. Pada saat itu, antusiasme wanita sangat kejam sehingga mereka mulai menuntut kesetaraan dengan pria. Sejauh ini, Maria adalah saudara perempuan yang ceria dan ceria, sehingga semua orang yang berada di dekatnya pasti akan menikmati kehadirannya. Di tengah-tengah dua gadis cantik ini, Yusuf, seorang mahasiswa kedokteran, muncul pada waktu itu yang lebih dikenal sebagai dokter sekolah menengah. Sejak pertemuan pertamanya di Akuarium Pasar Ikan, telah ada kontak internal antara Mary dan Joseph, yang menjadikan keduanyapun saling menjalin sepasang kekasih.

kemudian, membuat Tuti, melihat ikatan hubungan asmara saudara perempuannya, sebenarnya juga ingin memiliki kekasih. Terutama setelah dia menerima surat cinta dari Supomo, seorang pemuda berpendidikan yang baik dan berbudi luhur. Namun, karena pemuda itu bukan mimpinya, ia meninggalkan cintanya. Sejak itu, hari-harinya menjadi sangat sibuk dengan kegiatan organisasi dan hasrat untuk membaca buku sehingga dia lupa beberapa pemikirannya tentang kekasihnya.

Setelah melalui tahap-tahap berkencan, pertemuan keluarga dan kunjungan Joseph, pertunangan terjadi antara Maria dan Joseph. Namun, sayangnya, tak lama sebelum acara pernikahan, dimana Maria tengah jatuh merasakan sakit. Penyakitnya yang parah, seperti TBC dan malaria yang menyerangnya, mebuat dia terpaksa dirawat di rumah sakit. Segera Maria menghela napas. Sebelum meninggal, Mary menyarankan Tuti, kakaknya, untuk menerima Joseph. Tuti tidak menolak dan memulai pertempuran antara Tuti dan Yusuf. Akhirnya, tak lama setelah keduanya menikah dan hidup selamanya.

Contoh Prosa Lama

Sejarah Melayu Karya Tun Sri Lanang

Pada zaman kuno, Sungai Nil Utama tinggal di sini, yang tinggal di Bitan, ia memiliki seorang istri bernama Van Seri Beni. Sang Nila Utama adalah putra Raji Iskandar Syah. Suatu ketika, Sang Nila Utama ingin pergi bersama ke Tanjung Bemban dan mengundang para wanita Yang Mulia (Iskandar Syah).

Kemudian Banginda berbicara tentang permaisuri ini. Permaisuri juga bertanya kepada Yang Mulia: “Apa yang akan dilakukan anak kita di sana? Apakah ada rusa dan tanduk di sel mereka, dan rusa serta landak di sel mereka? Apakah tidak ada ikan dan kerang di kolam? Mengapa anak kita ingin bertindak terlalu jauh?

Baca Juga :  Imbuhan Man

Neela Utama juga mengatakan kepada Permaisuri: “Saya mengunjungi semua sungai di Bitan untuk taman bermain. Tanjung Bemban dilaporkan sangat bagus. Dan jika saya tidak diizinkan pergi ke Tanjung Bemban, saya akan merasa sedih karena hati saya tidak bahagia.

Meskipun permaisuri tidak mengizinkannya, Yang Mulia membujuk permaisuri untuk membiarkannya pergi. “Daripada merasa sedih untuk anak kita, kita harus membiarkannya pergi.

Permaisuri juga menyuruh Bupale dan Aria Bupale untuk memasak semuanya. Setelah semuanya selesai, Sang Nila Utama berangkat menunggu dengan para wanita Yang Mulia. Semua peralatan memasuki kapal, lalu berlayar.

Setelah mencapai Tanjung Bemban, Sang Nil Utama turun dan berjalan di sepanjang pasir. Kemudian semua orang juga turun untuk bermain dan mengambil peluru. Sang Nila Utama sangat senang melihat wanita yang menunggu. Mereka bermain dengan minat masing-masing.

Sedangkan Sang Nila Utama dan para menterinya, karyawan dan orang-orang pergi berburu. Mereka diburu dalam banyak permainan. Tiba-tiba, seekor rusa muncul di depan Sang Nil Utama, yang memukulnya tepat di tulang rusuk, dan kemudian rusa itu mati.

Sang Nila Utama berjalan ke batu besar dan tinggi, memanjatnya dan memandangnya. Dia melihat pasir putih berserakan. Dia juga menanyakan perasaan Bupal: “Di mana pasirnya? Lalu Bupala’s Senses menjawab: “Ini adalah akhir dari tanah yang agung, nama Temasik.

“Ayo pergi ke sana.” Tilapia Komando Tinggi. Mereka juga naik perahu untuk menyeberang.

Setelah tiba di laut, badai dahsyat tiba-tiba muncul yang membuat air masuk ke kapal. Orang juga menimba air agar kapal tidak tenggelam. Kepala kapal akhirnya meminta untuk menjatuhkan beban berat di kapal, orang-orang menurutinya.

Mereka membuang semua kekayaan mereka dan hanya meninggalkan mahkota raja. Akhirnya, kepala kapal berkata kepada Sang Nile Utama: “Tuanku hanya memiliki mahkota. Jika kita membuangnya, kapal tidak akan tenggelam, dan badai akan segera berakhir.

Neela Utama menjawab: “Kalau begitu, buang saja.” Lalu orang-orang membuang mahkota raja. Setelah beberapa saat, badai berhenti, dan orang-orang pergi ke darat. Sesampainya di pantai, Sang Nila Utama turun dan berjalan melalui pasir putih sampai ia mencapai Temasik Kuala.

Beberapa saat kemudian mereka melihat seekor hewan yang fleksibel dengan tubuh merah, kepala hitam dan dada putih. Hewan itu terlihat sangat kuat, dan tubuhnya lebih besar daripada tanduk kambing. Hewan yang melihat orang lain pergi ke daratan dan menghilang. Neela Utama juga bertanya kepada orang-orang, “Binatang apa ini?” Tetapi tidak ada yang tahu.

Akhirnya, Demang Lebar Down memberi tahu Kepala Tilapia: “Tuanku, pada zaman dahulu ada singa dengan sifat seperti itu. Ada juga banyak binatang liar di tempat ini.

Kemudian Sang Nila Utama mengirim ke Sens Bupal: “Kembali ke kerajaan. Dan beri tahu Ibu bahwa kami tidak akan kembali. Minta Ibu untuk mengirim orang, gajah, dan kuda. Kami akan membuat negara ini di Temasik. “

Perasaan Bupala akhirnya kembali ke Bitan dan menyampaikan pesan Kepala Sungai Nil kepada Permaisuri. Permaisuri juga setuju dengan permintaan Kepala Sungai Nil. Sang Nila Utama mendirikan kerajaan di Temasik, yang kemudian diberi nama Singapura.

Sang Nila Utama memenangkan seri kelelawar Teribuan. Setelah beberapa waktu, raja Singapura, Neil Utama, menikah dan memiliki dua putra dengan wajah cantik. Anak pertama disebut Great Little King, dan yang termuda disebut Little Young King. Singapura menjadi negara yang makmur, dan pelabuhannya menjadi pusat perbelanjaan.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Prosa. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: