Contoh Makna Kata

Posted on

Contoh Makna Kata – Dalam istilah ilmiah dan teknis, kami biasanya menggunakan kamus untuk mengartikan artinya. Namun, apa sebenarnya intinya?

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Makna Kata. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Macam dan Contoh.

Pengertian

Kata-kata yang berasal dari fondasi yang sama seringkali merupakan sumber kesulitan atau kesalahan dalam bahasa, sehingga pilihan dan penggunaannya harus konsisten dengan makna yang terkandung dalam kata tersebut. Dengan demikian, bahasa yang selalu digunakan mudah dipahami, dan juga tidak ditafsirkan secara salah dalam hal makna, yang dapat berkontribusi pada reaksi di benak pembaca atau pendengar karena stimulasi aspek-aspek tertentu dari bentuk kata.

Contoh Makna Kata

Makna atau tujuan yang diambil dari suatu kata, oleh karena itu makna yang terkait atau terkait dengan suatu objek saling berhubungan dan dikombinasikan. Jika suatu kata yang tidak dapat dikaitkan dengan objek, peristiwa, atau kondisi tertentu, kami tidak dapat memperoleh arti dari kata itu.

Macam Macam Makna Kata

Makna tematik: makna kata yang timbul dari tekanan atau fokus percakapan, yang membuat orang tersebut bertemu dengan salah satu elemen kalimat.
Makna tata bahasa: makna kata-kata yang dibuat dengan menambahkan,atau mengulang, dan menyusun kata berdasarkan kalimat yang diikuti oleh kata
Makna struktural: Arti kata yang dibuat dengan menambahkan imbuhan kepada kata.
Arti leksikal

Ini lah arti kata yang menunjukkan arti yang sebenarnya / aktual dari suatu objek, peristiwa, objek, dan sebagainya. Arti leksikal dibagi menjadi 2, yaitu makna kata langsung dan makna kata yang menunjukkan makna kiasan.

Contoh Makna Kata

A) Apakah konsep desain untuk rumah mewah masih dalam tahap perencanaan?
Benarkah seorang pencuri yang menjadi sasaran polisi sejak lama hampir dipukuli oleh massa?
Siapa nama dosen baru Indonesia yang baru datang minggu yang lalu?
Perencana pernikahan manakah yang menjalankan tradisi pernikahan besar putri tunggal presiden?

B) Dia telah menyiapkan rumah untuk tempat yang baru, lebih cocok untuk orang tuanya. (rumah menunjukkan arti sebenarnya dari tempat tinggal)
Simple Restaurant adalah salah satu restoran paling populer di ibukota Jawa barat (restoran menunjukkan pentingnya tempat bisnis yang menawarkan berbagai hidangan kepada pelanggan)
Setiap tahun kita harus melepaskan tanaman padi kita, yang selalu menurun karena tikus. (tikus menunjukkan satu jenis mamalia yang suka mengganggu tanaman)
Saya lebih suka makan perut daripada makan bagian lain dari daging. (Makanan adalah kegiatan yang menunjukkan bahwa Anda memasukkan sesuatu ke dalam mulut Anda)

Ada orang langka yang ingin bergaul dengannya karena hatinya yang sempit. (hati sempit = jahat, kejam)
olfia menerima banyak bimbingan dari para tetua karena status hijaunya dalam kegiatan sosial ini. (hijau = pemula, junior)
seseorang yang bersalah karena penyelewengan dana perusahaan dijatuhi hukuman penjara selama 5 tahun atas perintah pengadilan. (rat = korup, penipu)
Teman-temannya menyebut kaki levi panjang karena ia sering bepergian. (panjang kaki = pembuat sepatu)

C) Siang ini teman saya terlambat bermain basket karena dia ketiduran. (ketiduran = tidak sengaja tertidur)
Karena ada keributan, dompet saya tetap di atas meja. (tertinggal menunjukkan tindakan acak)
Ketika di pasar sebelumnya, hafipah kehilangan dompetnya.
Bocah itu berteriak sangat keras, suaranya terdengar sampai ujung gang.

Baca Juga :  Contoh Soal Puisi Lama

D) Ratusan ayam di beberapa tempat di peternakan harus dimusnahkan karena terinfeksi flu burung.
Almarhum paman saya, adalah seorang prajurit, di kebumikan di pemakaman para pahlawan.
Saya akan selalu berusaha bekerja tanpa lelah sampai suatu hari kemampuan musik saya diarahkan dengan benar.
Setelah upaya berulang kali, masalah matematika yang sangat sulit akhirnya diselesaikan.

Semua medali emas di Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun ini dihapus di Sekolah Menengah Jayakars No. 3.
joko berkeringat dingin, menunggu wawancara di sore hari. (Artinya: joko dengan gugup menunggu wawancara sore ini.)
Rubah itu tertangkap basah ketika hendak berburu telur ayam milik penduduk. (Rubah ditangkap langsung saat kejadian, ketika akan berburu telur ayam milik penduduk.) Lagu “Autumn Flower” diciptakan untuk menghormati dan memperingati warna-warna bangsa yang jatuh di lapangan. pahlawan yang meninggal di medan perang.)
Dia adalah tangan kanan manajemen organisasi, sehingga kemampuannya tidak diragukan. (Artinya: Dia adalah pemimpin organisasi yang tepercaya, sehingga kemampuannya tidak diragukan lagi.)

Sikat gigi merek X dinyatakan oleh produsen sebagai sikat gigi yang direkomendasikan oleh empat dari lima dokter gigi di dunia.
Sulit untuk memudar noda randang di bajuku, meskipun aku telah merendamnya sepanjang malam dan membersihkannya berkali-kali.
Teach: (dalam KBBI) – instruksi yang diberikan kepada orang-orang untuk diketahui (sesuai)
Buah: (dalam KBBI) – bagian dari tanaman yang berasal dari bunga atau bunga (biasanya berbiji).
Mandi: (dalam KBBI) – bersihkan tubuh dengan sabun dan air (semprot, rendam dalam air, dll.).
Tenggelam: (dalam KBBI) – rendam dalam air; makna lainnya sedang tenggelam (sekitar kapal atau kapal). Makanan: (dalam KBBI) – masukkan produk utama ke dalam mulut, kunyah dan telan; arti lain adalah menggunakan, menuntut atau menghabiskan (waktu, biaya, dll.).
Running: (dalam KBBI) – gerakan dengan kecepatan tinggi; makna lain hilang atau diam; arti lain – pergi (pergi) tidak baik (tidak sah), melarikan diri. Anak: (dalam KBBI) – keturunan kedua; Makna lain adalah orang yang masih kecil; binatang kecil; Arti lain adalah orang yang dilahirkan atau dilahirkan (negara, wilayah, dll.). Meja tulis: (dalam KBBI) – perabot (furniture) dari sebuah rumah yang memiliki permukaan datar berupa daun-daun meja dan kakinya sebagai penyangga (berbagai bentuk dan aplikasi).

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Makna Kata. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.