Sel Tumbuhan

Posted on

Sel Tumbuhan – Perlu kalian ketahui sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup. Di dalam sel sendiri terdapat unit fungsi seperti protoplasma yang tersusun dari karbohidrat, lemak, asam nukleat, dan protein.

Berdasarkan dari tipe nya sel dibedakan menjadi dua yakni prokaroriotik merupakan sel yang tidak mempunyai membran inti dan juga sel eukariotik merupakan sel yang mempunyai membran inti.

Dari pencarian tentang sel dan juga segala aktivitasnya, maka ditemukanlah teori sel, bahwa sel adalah kesatuan struktural, kesatuan pertumbuhan, kesatuan fungsional, kesatuan reproduksi makhluk hidup, dan kesatuan hereditas.

Secara struktural sel adalah fungsi penting dari penyusun makhluk hidup, bagian penting dari sel meliputi nukleus, membran plasma, dan sitoplasma.

Pengertian Sel Tubuhan

Sel Tumbuhan

Sel pada tumbuhan merupakan kelompok sel eukariotik, sel ini merupakan kelompok sel yang mememiliki materi genetik seperti DNA yang dibungkus dengan sistem membran.

Sel pada tumbuhan memiliki struktur yang unik jika dibandingkan dengan struktur sel eukariotik lainnya. Perbedaan yang paling mendasar yakni dalam struktur pembentukan sel tumbuhan yang kaku. Struktur ini didapatkan dalam dinding sel yang terdapat paling luar dari sel tumbuhan.

Dinding sel tumbuhan terdiri atas senyawa hemiselulosa, selulosa, lignin, dan pektin, yang dapat menguatkan struktur tumbuhan.

Meskipun tumbuhan dan hewan sama-sama memiliki sel eukariota, mereka tentunya berbeda dalam segi karakteristik tertentu. Misalnya, sel tumbuhan memiliki dinding sel yang dapat berkembang dengan teratur dan memiliki vakuola yang cukup besar, sedangkan dari sel hewan tidak memiliki struktur tersebut.

Bukan hanya perbedaan dalam segi bentuk struktur, tetapi juga di dalam sel hewan terdapat sel sentriol dan juga filamen tengah yang dimana ini tidak dapat ditemui pada sel tumbuhan.

Perlu juga kalian ketahui sel tumbuhan tentunya memiliki ciri khas yaitu terdiri atas organel dan juga sitoplasma, dimana semua sel organel dan struktur sel subselular yang terdapat di dalam sitoplasma ini akan tertutup dengan membran sel atau dinding sel hal ini sebagai lapisan pelindung.

Perbedaan Paling Menonjol Dari Sel Tumbuhan Dengan Sel Hewan

Dibawah ini merupakan perbedaan paling menonjol dari sel tumbuhan dengan sel hewan.

Sel TumbuhanSel Hewan
Memiliki dinding selTidak memiliki dinding sel
Tidak memiliki sentriolMemiliki Sentriol
Memiliki vakuola dengan ukuran kecilMemiliki vakuola berukuran besar
Tidak Memiliki plastidaMemiliki plastida

Jenis – Jenis Sel Pada Tumbuhan

Adapun jenis – jenis dari sel pada tumbuhan yang perlu kalian ketahui yaitu sebagai berikut.

1. Sel Parenkim

Sel parenkim merupakan sel yang mempunyai beberapa fungsi seperti penyimpanan, dukungan untuk fotosintesis, dan tempat mengikatnya floem. Selain sel xilem dan sel floem yang terikat pada sel parenkim, daun juga memiliki susunan dari sel-sel parenkim.

Beberapa sel parenkim, seperti halnya pada epidermis, yang memiliki fungsi sebagai penetrasi cahaya dan juga mengatur pertukaran senyawa gas. Sel parenkim mempunyai dinding sel yang cukup tipis dan juga permeabel yang dapat mengangkut molekul kecil.

2. Sel Kolenkim

Sel kolenkim dapat hidup hanya saat sudah dewasa saja dan hanya mempunyai sebuah dinding primer. Sel kolenkim terdiri atas sebagian berkas atau juga silinder halus dekat permukaan berbentuk korteks yang terdapat pada batang tumbuhan dan juga tangkai daun sampai sepanjang tulang pada daun besar di setiap helai daun.

3. Sel Sklerenkim

Sel sklerenkim merupakan sel yang cukup keras yang dapat memberi kekuatan untuk tumbuhan. Sel ini tersusun atas sklereid dan serat. Memiliki dinding sekunder yang dapat mengandung lignin menjadikannya kedap air.

Dengan seperti ini, sel-sel ini tidak dapat hidup bertahan lama dikarenakan tidak bisa melakukan pertukaran zat untuk dapat melakukan metabolisme. Biasanya sel ini akan mati pada waktu yang cepat, akan kehilangan sitoplasma, dan meninggalkan bekas rongga kosong.

4. Sel Xilem

Sel Xilem merupakan sel yang dapat mengalami lignifikasi pada dinding sel. Sel ini dapat berfungsi sebagai pengangkut air dan juga zat hara dari dalam tanah dengan menuju daun untuk dapat melakukan fotosintesis.

5. Sel Floem

Sel Floem Merupakan sel yang dapat menyusun jaringan khusus sebagai transportasi zat-zat dari makanan yang ada pada tumbuhan tingkat tinggi. Yang di bawakan kepada sukrosa. Sel Floem tersusun atas dua jenis sel yakni sel pendamping dan tabung saringan.

Pada tabung saringan sel ini tidak adanya inti sel, ribosom dan juga metabolismenya yang dapat diatur dengan sel pendamping. Sedangkan sel pendamping dapat terhubung ke tabung saringan dengan melalui plasmodesmata. Tumbuhan seperti lumut tidak memiliki floem.

6. Sel Epidermis

Sel epidermis tanaman merupakan sel parenkim yang bersifat khusus dapat ditemukan di seluruh permukaan akar, daun, dan batang.

Struktur Dan Gambar Sel Pada Tumbuhan

Adapun strktur dari sel pada tumbuhan yang perlu kalian ketahui yaitu sebagai berikut.

1. Nukleus

1 Nukleus jaringan tumbuhan

Nukleus atau biasa disebut juga inti sel merupakan organel sel yang begitu unik dan juga penting, sel ini sebagai tempat utama sel sebagai menyimpan sel kromosom dari juga sel tertentu. Dan juga Nukleus memiliki fungsi mengkoordinasi dalam proses metabolisme, contohnya yakni pemblahan pada sel, pertumbuhan sel, serta juga sintesis protein.

2. Plastida

2 Plastida sel tumbuhan

Plastida atau biasa disebut juga kloropas yaitu istilah kolektif sebagai organel yang memiliki fungsi untuk membawa pigmen. Bentuk Kloroplas yang begitu menonjol dengan plastida yang mempunyai kandungan pigmen klorofil hijau.

3. Ribosom

10 Ribosom sel hewan

Ribosom adalah organel sel yang memiliki bentuk kecil yakni berupa butiran nukleoprotein. Ribosom terdiri dari sub unit besar dan juga sub unit kecil, yang berisi RNA ribosom dan protein yang terkandung di dalamnya.

4. Mitokondria

4 Mitokondria sel tumbuhan

Mitokondria organel organel berukuran besar dengan bentuk bulat seperti batang yang terdapat di dalam sitoplasma dalam sel pada tumbuhan. Mitokondria berfungsi sebagai pemecah karbohidrat kompleks dan juga gula memanfaatkan gula.

5. Aparatus Golgi

6 Badan Golgi sel hewan

Aparatus Golgi atau biasa disebut Badan Golgi terdiri atas kumpulan vesikel pipih dengan bentuk berkelok – kelok atau juga dapat berbentuk kantong pipih. Badan golgi yang terdapat di dalam sel pada tumbuhan disebut juga diktiosom yang biasanya ditemukan pada membran inti.

Fungsi utama dari badan golgi adalah sebagai pengangkat zat kimia di dalam dan dibawa keluar dari sel, setelah sel Retikulum Endoplasma memproses lemak dan protein. Badan golgi dapat merubah dan juga mempersiakannya pengeksporan keluar sel.

6. Retikulum Endoplasma

6 Retikulum Endoplasma sel tumbuhan

Retikulum Endoplasma adalah organel dengan sistem penghubung antara inti sel dengan sitoplasma yang ada di dalam sel.

Struktur dari sel Retikulum Endoplasma hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron. Fungsi dari sel ini yakni sebagai pengangkut sintetis steroit dan lemak, dan fungsi lainnya yaitu tempat menyimpan fospolipid, glikolipid, steroid, memfungsikan detoksifikasi drug dan juga racun.

7. Vakuola

7 Vakuola sel tumbuhan

Vakuola adalah membran yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang dapat membantu dalam mengolah tekanan tugor dalam sel tumbuhan.

Di setiap sel ini sering sekali ditemukannya vakuola. Namun vakuola memilki ukuran yang besar daripada sel lainnya, yang dapat menyimpan berbagai jenis senyawa kimia. Vakuola dapat juga berfungsi sebagai ekskreasi dari hal limbah dan juga pencernaan instraselullar molekul kompleks.

8. Peroksisom

8 Peroksisom sel hewan

Peroksisom adalah organel sitoplasma dalam sel tumbuhan yang memiliki kandungan enzim oksidatif tertentu. Enzim ini digunakan sebagai pemecahan metabolisme dalam asam lemak menjadi gula sederhana.

Peroksisom berfungsi sebagai pemecah asam lemak mengubah nya menjadi gula dan dapat membantu kloropas dalam menjalankan proses fotorespirasi.

Demikian pembahasan tentang sel tumbuhan semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kita semua, Terima Kasih.

Baca Juga :

Rate this post