Contoh Teks Laporan Hasil

Posted on

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Strukturnya – Yang dimaksud dengan observasi adalah pendaftaran, pemilihan, kompilasi, penandaan, penggantian serangkaian proses perilaku dan atmosfer yang memiliki hubungan dengan organisasi tertentu.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Teks Laporan Hasil. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Karakteristik, Fungsi, Struktur, Tujuan dan Contoh.

Pengertian

Observasi adalah salah satu teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tertentu. Sementara itu, teks hasil pengamatan memiliki makna yaitu isi teks yang menjelaskan informasi jika informasi tentang binatang, tumbuhan, fenomena alam, karya manusia dan fenomena sosial sesuai dengan fakta. Di dalamnya ada klasifikasi kelas dan subkelas berdasarkan pengamatan yang dilakukan.

Contoh Laporan Hasil Observasi

Singkatnya, hasil pengamatan ini adalah teks yang menggambarkan hasil pengamatan secara sistematis dan objektif sesuai dengan fakta dan fakta. Teks dari pengamatan ini menggambarkan bentuk, karakteristik atau sifat umum dari suatu objek.

Karakteristik Teks Laporan Hasil Observasi

  • Berhubungan dengan hubungan multi-level antara kelas dan subkelas yang dikandungnya.
  • Itu tidak mengandung prasangka / terdistorsi / memihak sebagian atau memihak.
  • Informasi tekstual adalah hasil dari penelitian terbaru yang telah terbukti benar.
  • Ditulis berdasarkan fakta sesuai dengan komentar yang telah dibuat.
  • Objek yang akan dibahas / dibahas adalah objek tunggal.
  • Tulisan lengkap dan sempurna.
  • Jadilah objektif, global, universal.

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

  • Sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan.
  • Sarana untuk dokumentasi.
  • Jelaskan dasar untuk merumuskan kebijakan, keputusan, dan / atau memecahkan masalah tabungan.
  • Laporkan tanggung jawab kegiatan dan aktivitas pengamatan.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Untuk observasi ini terbagi dua struktur, diantaranya yakni.

Struktur 1

  • Anggota / aspek yang dilaporkan adalah diskusi atau detail tentang objek yang diamati.
  • Deklarasi umum (klasifikasi) adalah pembukaan atau pengantar untuk apa yang dilaporkan, pada tahap ini akan dikomunikasikan bahwa benda-benda di dunia dapat diklasifikasikan menurut kriteria kesamaan dan perbedaan.

Struktur 2

  • Definisi manfaat adalah bagian yang menjelaskan manfaat dari sesuatu yang dilaporkan.
  • Definisi bagian adalah bagian yang berisi gagasan utama dari setiap paragraf “penjelasan terperinci”.
  • Definisi umum adalah pembukaan yang berisi pemahaman tentang sesuatu yang dibahas dalam teks.
  • Kesimpulannya adalah bagian detail akhir dari teks.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

  • Ketahui perkembangan suatu masalah.
  • Mengawasi dan / atau meningkatkan.
  • Buat keputusan yang lebih efektif.
  • Temukan teknik atau cara terbaru.
  • Mengatasi suatu permasalahan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut inilah beberapa contoh dari laporan hasil observasi.

Contoh 1

InformasiTtentang Perkembangan Anak

Latar belakang

Proses pertumbuhan manusia dimana di mulai pada masa anak-anak, juga mulai dari pertumbuhan dimasa kelahiran ketika kanak-kanak masih bayi, perkembangan anak usia dini, perkembangan di akhir masa kanak-kanak, perkembangan dalam masa remaja dan perkembangan di masa dewasa , sampai perkembangannya di usia tua.

Pada saat bayi lahir, keterampilan otak sebenarnya berkembang sebesar 50%. Dan keterampilan ini akan meningkat hingga anak berusia 5 tahun. Pertumbuhan otak anak tergantung pada nutrisi makanan yang dikonsumsi dan pada kondisi kesehatan anak, baik fisik maupun spiritual.

Proses perkembangan spiritual anak-anak itu sendiri akan berkembang semakin lama. Misalnya, di masa kanak-kanak, anak-anak hanya akan menggerakkan tangan mereka dan ketika mereka menginginkan sesuatu mereka akan menangis dan tertawa. Perkembangan ini akan berlanjut sampai dia benar-benar bisa berjalan dan berlari.

Tujuan dari pengamatan

Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk menentukan perkembangan anak baik secara psikologis dan fisik. Selain melakukan tugas psikologis dalam hal perkembangan anak

Aspek emosi perkembangan sosial pada anak

Pada anak-anak sendiri ada berbagai aspek emosi sosial dalam perkembangan mereka. Aspek perkembangan emosi emosional anak-anak meliputi kemarahan, kecemburuan, keingintahuan, ketakutan, kegembiraan, kesedihan, kecemburuan, rasa malu, rasa bersalah, kebanggaan, rasa bangga, kasih sayang, dan banyak lainnya.

Contoh 2

Informasi Mengenai Limbah atau Sampah

Limbah adalah bahan yang sengaja disia-siakan atau dibuang sebagai hasil dari aktivitas manusia atau proses alami yang tidak memiliki nilai ekonomis. Definisi lain dari limbah adalah residu bahan yang tidak diinginkan dan karakteristik akhir suatu proses. Limbah itu sendiri dapat berasal dari alam, dari konsumsi, dari manusia, dari tenaga nuklir, dari industri dan dari tambang.

Sesuai sifatnya, limbah dapat dibagi menjadi dua jenis: limbah organik dan limbah non-organik. Sampah organik adalah sampah yang dapat terurai dan mudah busuk sampah seperti sisa makanan, sayuran dan daun kering. Sedangkan sampah non-organik itu sendiri adalah sampah yang tidak dapat terurai dan tidak dapat membusuk seperti plastik dan kayu.

Untuk sampah organik itu sendiri, biasanya dapat digunakan kembali sebagai kompos, yang berguna untuk tanaman atau tanaman. Sedangkan limbah non-organik itu sendiri biasanya digunakan sebagai dasar untuk daur ulang yang dapat digunakan sebagai peluang komersial. Menurut bentuknya sendiri, limbah dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu: limbah padat, limbah cair, limbah alami, limbah manusia, limbah konsumen, dan limbah radioaktif.

Baca Juga :  Majas Sindiran

Di era yang semakin canggih, semakin banyak orang yang tidak menyadari kebersihannya. Yaitu salah satunya tidak membuang sampah di tempatnya. Mereka mengabaikan polusi lingkungan yang benar-benar dapat membahayakan kesehatan. Selain itu, ada juga banyak cara untuk membuang sampah, salah satunya adalah dengan membuangnya dengan cara dibakar, tentunya akan membahayakan lingkungan.

Contoh 3

Informasi Bisnis Kecil

Latar belakang

Sekarang, usaha kecil dan menengah telah menjadi salah satu kompetisi skala kecil yang berkaitan dengan ekonomi masyarakat. Banyak jenis usaha kecil saling bersaing untuk memperebutkan pasar. Karenanya, memotivasi wirausahawan akan melakukan berbagai strategi agar bisnis tidak dikecualikan.

Perusahaan kecil dan menengah ini dapat mengurangi pengangguran di Indonesia sendiri. Contoh usaha kecil yang sering dijalankan oleh pengusaha adalah bisnis kuliner. Memasak adalah pilihan karena makanan adalah kebutuhan dasar manusia. Apalagi jika jenis makanannya sendiri berbeda dengan yang lain. Salah satu jenis makanan yang sangat dihargai orang adalah makanan cepat saji, seperti nasi goreng.

Deskripsi hasil pengamatan

Jenis kegiatan: kuliner

Nama usaha: Nasi Goreng Umi Faris

Nama pemilik: Zaina Habibillah

Alamat komersial: Jalan Darussalam No. 46 Bandar Lampung

Kegiatan: Persiapan nasi goreng dipadukan dengan berbagai topping termasuk, nasi sosis goreng, nasi goreng ikan asin, nasi goreng ayam, nasi goreng kambing dan nasi goreng telur spesial. Nasi goreng Umi sangat diminati di pasaran, karena rasanya yang enak dan porsinya lebih banyak daripada nasi goreng lainnya. Nasi goreng Umi Faris buka mulai pukul 19.00 hingga 03.00. Tetapi jika habis sebelum 03.00, toko ditutup terlebih dahulu.

Informasi keuangan

Satu porsi nasi goreng: Rp. 15.000 hingga Rp. 18.000.

Penghasilan kotor / hari: Rp. 750.000.

Laba bersih / hari: Rp. 350.000.

Kesimpulan

Memulai bisnis di sektor kuliner, khususnya di bidang penjualan nasi goreng, sebenarnya cukup mudah. Yang paling penting adalah niat dan usaha. Satu hal yang perlu diperhatikan saat menjual nasi goreng adalah menjaga kualitas rasa dan kebersihan nasi goreng. Sehingga pelanggan yang loyal selalu datang ke sana dan jumlah pelanggan bertambah setiap saat.

Contoh 4

Infromasi Mengenai Alam

Bulan adalah satu-satunya satelit alami yang ditujukan untuk bumi. Karena Bulan sendiri menjadi satelit terbesar kelima dalam tatanan tata surya. Bulan tidak selalu di belahan bumi yang sama, karena bulan itu sendiri berputar di sekitar porosnya, bumi. Itu sebabnya kita selalu melihat bulan di malam hari dan cahaya yang dipancarkannya dipancarkan oleh sinar matahari.

Jarak antara bumi dan bulan itu sendiri sangat jauh, yaitu sekitar 384.405 km, yaitu tiga puluh kali diameter bumi. sedangkan diameternya sendiri adalah 3.474 km. Bulan mengelilingi bumi setiap 27,4 hari. Adapun variasi periodik antara bumi, bulan dan matahari, bertanggung jawab atas fase bulan yang selalu terjadi hingga 29,5 hari.

Bulan yang ditarik oleh gravitasi bumi tidak jatuh di bumi karena gaya sentrifugal yang disebabkan oleh bulan di sekitar bumi. Sementara besarnya gaya sentrifugal bulan itu sendiri sedikit lebih besar dari gaya gravitasi antara bumi dan bulan. Inilah yang menyebabkan bulan bergerak lebih jauh dari bumi dengan kecepatan 3,8 cm per tahun. Di bulan tidak ada kehidupan sama sekali.

Contoh 5

Infromasi Mengenai Pemanasan Global

Pemanasan global sering disebut sebagai pemanasan global, suatu proses yang meningkatkan suhu bumi setiap tahun karena peningkatan emisi karbon, salah satunya berasal dari aktivitas industri. Terjadinya pemanasan global akibat efek gas rumah kaca dalam bentuk karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO) dan gas metana.

Gas-gas yang menyebabkan efek rumah kaca atau dalam bahasa Indonesia efek gas rumah kaca di atmosfer bumi sehingga sinar UV tetap dipertahankan oleh atmosfer. Ini akan menyebabkan peningkatan suhu rata-rata di bumi. jadi jika ini terjadi dalam jangka panjang, itu akan menghasilkan peningkatan permukaan laut karena pencairan es kutub utara dan selatan.

Lebih jauh lagi, pemanasan global juga disebabkan oleh penguraian ozon (O3) menjadi oksigen (O2) dan oleh unsur O. Oleh karena itu ozon tidak dapat menghilangkan sinar UV sehingga langsung menembus permukaan bumi. sedangkan penyebab utama dari efek rumah kaca itu sendiri adalah perilaku manusia itu sendiri, salah satunya adalah penebangan pohon dan penggunaan listrik yang berlebihan.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Teks Laporan Hasil. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: