Pengertian Karya Ilmiah

Karya Ilmiah: Pengertian, Tujuan dan Fungsinya

Diposting pada

Karya ilmiah (bahasa Inggris: scientific paper) ialah laporan tertulis dan diterbitkan yang menguraikan perolehan penelitian atau analisis yang telah dilakukan oleh seseorang atau suatu kelompok dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Ada bermacam jenis karya ilmiah, antara lain laporan penelitian, artikel seminar atau pertemuan, dan informasi surat kabar yang pada dasarnya ke semuanya itu adalah produk dari aktivitas ilmuwan. Data, simpulan, dan informasi lain yang tercantum dalam karya ilmiah tersebut dijadikan referensi bagi ilmuwan lain dalam melakukan penelitian atau analisis berikutnya.

Di perguruan tinggi, khususnya tahapan sarjana, mahasiswa dilatih untuk menghasilkan karya ilmiah semacam makalah, laporan praktikum, dan skripsi (tugas akhir). Skripsi biasanya adalah laporan penelitian berskala kecil, tetapi dijalani cukup serius. Sementara itu, makalah yang ditugaskan terhadap mahasiswa lebih adalah simpulan dan filsafat ilmiah mahasiswa menurut pemeriksaan kepada karya-karya ilmiah yang ditulis oleh para ahli dalam aspek persoalan yang dipelajari. penyusunan laporan praktikum ditugaskan kepada mahasiswa sebagai media untuk mengembangkan kemampuan menyusun laporan penelitian.

Tujuan Karya Ilmiah

  • Sebagai media melatih mengungkapkan filsafat atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis.
  • Menumbuhkan etos ilmiah di kalangan mahasiswa, sehingga tidak cuma menjadi pengguna ilmu pengetahuan, tetapi juga bisa menjadi produsen (pembuat) pemikiran dan karya tulis dalam aspek ilmu pengetahuan, terpenting setelah penyelesaian studinya.
  • Karya ilmiah yang telah ditulis itu diharapkan menjadi media transformasi pengetahuan antara sekolah dengan masyarakat, atau orang-orang yang berminat membacanya.
  • Memperlihatkan kemampuan dan pengetahuan ilmiah yang dimiliki mahasiswa dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan dalam bentuk karya ilmiah setelah yang berkaitan mendapatkan pengetahuan dan pendidikan dari jurusannya.
  • Melatih keterampilan dasar untuk melaksanakan penelitian.

Fungsi Karya Ilmiah

Sebagai sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

  1. Penjelasan (explanation)
  2. Ramalan (prediction)
  3. Kontrol (control)

Gambar Gravatar
Saya seorang D-3 perekam medis dan melebarkan sayap saya ke dunia digital dengan mengambil gelar S.Kom. Mungkin di masa yang akan datang perkembangan dunia medis dan digital akan saling mengiringi demi kehidupan yang lebih bermakna. Terimakasih sudah memberi support website majalahpendidikan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *