5 Aplikasi Lowongan Pekerjaan Terpercaya

Posted on

5 Aplikasi Lowongan Pekerjaan Terpercaya – Bingung belum dapat pekerjaan? Bingung mau kerja dimana? Tenang saja! Disini kita akan mengulas beberapa macam aplikasi lowongan pekerjaan yang pastinya membantumu dalam menemukan pekerjaan.

Kita semua pasti sudah tahu, bahwa mencari pekerjaan di era digital seperti sekarang ini sangatlah sulit. Skill harus mumpuni, persaingan ketat, dan masih banyak lagi faktor-faktor penghambat lainnya. Eits, tunggu dulu! Era digital tidak selalu menyebabkan masalah pencarian pekerjaan, loh. Justru ada tools yang bisa memudahkan banyak orang dalam mencari pekerjaan sesuai bidang keahliannya. Ya, kita bisa mencari pekerjaan yang kita inginkan hanya dengan scroll ponsel kita! Selain simple, kelebihan lain dalam mencari pekerjaan di aplikasi adalah tidak perlu cetak CV dan sertifikat. Kita bisa menghemat uang dengan mengirimkan CV secara daring/online. Mudah, kansobat?

lowongan kerja

Top 5 Situs Lowongan Kerja

Nggak perlu lama-lama, yuk kita cek aplikasi-aplikasi lowongan pekerjaan berikut ini!

  1. LinkedIn Job Search

LinkedIn adalah sebuah aplikasi yang ditujukan untuk profesional. LinkedIn merupakan tempat untuk memasarkan diri kamu kepada perusahaan atau para profesional lain yang ada di sana. Tak hanya terhubung di lingkup negara Indonesia saja, kamu bisa terhubung dengan jaringan internasional loh. Untuk bisa mendapatkan pekerjaan secara cepat di LinkedIn, kamu harus upload portofoliomu sebanyak-banyaknya. Selain itu, sertifikat pelatihan ataupun lomba bisa menjadi nilai plus bagi jobcreator yang ingin merekrutmu. Tawaran pekerjaan pun beragam. Ada perkerjaan di bidang kesehatan, teknologi, ekonomi, bisnis, dll.

  1. Rob’s Jobs

Rob’s Jobs merupakan portal dan aplikasi lowongan pekerjaan yang sangat efektif bagi pencari kerja maupun pencari karyawan. Aplikasi ini terhubung dengan perusahaan dalam negeri maupun luar negeri. Terdapat ribuan lowongan pekerjaan dengan berbagai macam jenis pekerjaan yang dapat dipilih, mulai dari teknisi sampai dengan IT.

Kelebihannya lagi nih, Rob’s Jobs telah bekerja sama dengan Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (KEMENAKER), BNP2TKI, dan Langsung Untung yang dipersembahkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Dijamin deh, ini bukan aplikasi abal-abal, tapi terpercaya dalam menuntaskan masalah pengangguran!

Cara penggunaan fiturnya pun sangat mudah, apabila kamu ingin melamar sebuah lowongan, kamu hanya perlu menggeser layar ke arah kanan, dan kelengkapan biodata profil yang sudah kamu buat akan diteruskan kepada sang penyedia pekerjaan. Namun jika kamu ingin menolak lowongan tersebut atau ingin melihat lowongan lain, kamu dapat menggeser layar ke arah kiri.

Baca Juga :  Delegasi: Pengertian, Tujuan, Wewenang dan Contohnya

Lowongan yang ditampilkan pada aplikasi akan difokuskan sesuai bidang yang kamu pilih saat awal pendaftaran. Namun, kamu juga bisa mengubah posisi bidang kerja sesuai yang kamu inginkan. Bagaimana? Banyak kemudahannya, kan? Apalagi yang kamu tunggu? Segeralah instal sekarang!

  1. JobStreet

JobStreet merupakan portal pencari pekerjaan yang berasal dari Malaysia. Saat ini, JobStreet dikenal sebagai salah satu platform rekrutmen terbesar di kawasan Asia Pasifik. Selain platformnya, versi aplikasi mobile-nya juga tak kalah besar. Dengan lebih dari 230 ribu lowongan pekerjaan yang tersedia, JobStreet termasuk aplikasi yang paling banyak digunakan oleh para pencari kerja. Tak hanya menyediakan lowongan dari dalam negeri saja, JobStreet juga menyediakan lowongan pekerjaan di negara-negara sekitar seperti Singapura, Vietnam, dan Filipina. Dengan fitur mobile notification, JobStreet akan mengirim notifikasi lowongan pekerjaan terbaru melalui email dan kamu pun bisa segera langsung mengirim lamaran hanya dengan melalui smartphone.

  1. JobsDB Job Search

Tak lama setelah kemunculan JobStreet, hadir pula JobsDB. JobsDB merupakan aplikasi yang berasal dari Hong Kong dan kini menjadi salah satu portal lowongan kerja yang paling umum digunakan di Asia Tenggara dan Tiongkok. Pada awal pendaftaran, kita akan diminta mengunggah CV/resume sesuai bidang yang kita minati dan nantinya kita akan mendapat rekomendasi pekerjaan berdasarkan lokasi, minat, dan skill yang kita punya. Salah satu keunggulan JobsDB yang berbeda dengan aplikasi lainnya adalah mereka tak hanya memberikan informasi lowongan pekerjaan dari swasta saja, tapi juga pekerjaan yang terkait dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

  1. Freelancer

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya yang merekrut pekerja tetap. Aplikasi ini merekrut kamu yang ingin bekerja sambilan atau pekerja lepas. Dari jasa pembuat website, editor, desain, hukum, penerjemah, hingga admin dan sales tersedia di sini. Kita harus mengisi profil dan kolom skill terlebih dahulu, baru kita bisa menentukan harga jasa yang kita tawarkan berdasarkan durasi pekerjaan. Aplikasi ini terhubung dengan jaringan internasional. Jadi kita pun bisa menemukan pekerjaan dari luar negeri dan bersaing dengan para freelancer dari seluruh dunia.

Nah, itulah 5 aplikasi lowongan pekerjaan terpercaya yang bisa kamu coba! Kamu bisa menginstal semuanya dan mencari pekerjaan sebanyak-banyaknya. Siapa tahu bisa mendapatkan pekerjaan dua atau tiga macam sekaligus. Tapi ingat, kita butuh skill dan portofolio sebanyak-banyaknya untuk meyakinkan para penyedia pekerjaan bahwa kita layak untuk direkrut. Semangat dan selamat mencari pekerjaan, sobat! Semoga beruntung!