HARBOLNAS

Pengertian HARBOLNAS

Diposting pada

Apa itu HARBOLNAS?

HARBOLNAS atau Hari belanja Online Nasional ialah hari keramaian untuk mendorong dan mengedukasi publik perihal kemudahan berbelanja online aman dan nyaman yang bisa dilakukan kapan saja. Dicetuskan pertama kali ditahun 2012 oleh oleh perusahaan-perusahaan e-commerce di Indonesia biasanya mereka yang berasosiasi di asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA) ialah Lazada, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka and Bukalapak.

HARBOLNAS

Sejarah

Di negara seperti Amerika, Kanada, Inggris, Jerman dan Jepang terkenal sebuah pesta belanja online yang dikenal Cyber Monday dimana para peritel melangsungkan promo dan potongan harga besar setelah Thanksgiving Day (harri libur di Amerika Utara mengenang syukuran panen akhir tahun) untuk menarik pelanggan berbelanja online. Cyber Monday sesungguhnya merupakan dari pesta belanja Black Friday yang dilaksanakan pada hari Jumat setelah Thanksgiving Day. Black Friday serupa dengan dimulainya periode belanja Natal. sepanjang pesta hari belanja Black Friday, toko – toko buka lebih lama dan bersaing menawarkan potongan harga besar – besaran atau cuci gudang untuk menarik konsumen. Kenapa dikenal Black Friday, karena pada hari tersebut balans pembukuan mereka beralih dari merah (rugi) menjadi hitam (untung). Kala para retailer bekerja pada bulan Januari – November, mayoritas menulis kerugian atau minus dikiaskan tinta merah, setelah itu memperoleh banyak keuntungan dari pemasaran besar kala menjelang natal dan hari libur Thankgiving day (Black Friday). Dalam aksi akuntansi dan finansial, hal tersebut pula berdampak positif dalam pabrikasi informasi tahunan atau annual report.

Hari Belanja Online Nasional (HarBolNas) di Tanah Air di awali dengan mengangkat tema hari belanja online yang dimulai pada tanggal 12 Desember 2012. Dengan kolaborasi dari beberapaa toko online di Indonesia untuk memeriahkan Harbolnas di Indonesia, seperti yang sudah di lakukan oleh e-commerece Internasional yang dikenal dengan Black Friday, Cyber Monday, dan Online Fever.

 

Demikianlah Pengertian HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional). Semoga bermanfaat!


Artikel Terkait:

Tentang Penulis:

Gambar Gravatar
Saya seorang D-3 perekam medis dan melebarkan sayap saya ke dunia digital dengan mengambil gelar S.Kom. Mungkin di masa yang akan datang perkembangan dunia medis dan digital akan saling mengiringi demi kehidupan yang lebih bermakna. Terimakasih sudah memberi support website majalahpendidikan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *