Pengertian Takjil

Apa itu Takjil? Pengertian Takjil

Diposting pada

Apa itu Takjil? Takjil merupakan sebuah kata serapan dari bahasa Arab yang sudah berubah maksudnya dari arti semula. Walaupun lafalnya masih tetap sama dengan aslinya dengan sedikit penyesuaian tetapi dari segi makna telah terjadi pergantian dari arti aslinya.

Kata takjil bisa dipecah menjadi 2 arti, dalam arti bahasa Indonesia takjil berupa hidangan berbuka puasa ataupun bermacam macam jenis hidangan berbuka puasa. Namun, dalam arti bahasa Arab takjil merupakan penyegeraan, penyegeraan yang dimaksudkan ialah segera menyelesaikan puasa ataupun membatalkan puasa.

Pengertian Takjil

Takjil menurut bahasa arab

Makna takjil menurut ilmu bahasa arab yakni “penyegeraan, bersegera, percepatan”, sebuah kata dasar dari ajjala, yu’ajjilu artinya menyegerakan, memesatkan.
Ta’jilul fitri = menyegerakan berbuka (puasa). nampak disini bahwa makna takjil tidak ada hubungannya sama sekali dengan hidangan. sehabis kita mengenali kedua perbandingan definisi tersebut ada baiknya menyimak hadis nabi berikut ini.

Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka. (HR. Bukhari dan Muslim).

Jadi, penulisan aslinya merupakan tajil, pake koma, lalu diadopsi ke dalam bahasa Indonesia dan dibakukan menjadi takjil.

 

 

Demikianlah pengertian Takjil. Semoga bermnafaat!


Artikel Terkait:

Tentang Penulis:

Gambar Gravatar
Saya seorang D-3 perekam medis dan melebarkan sayap saya ke dunia digital dengan mengambil gelar S.Kom. Mungkin di masa yang akan datang perkembangan dunia medis dan digital akan saling mengiringi demi kehidupan yang lebih bermakna. Terimakasih sudah memberi support website majalahpendidikan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *