Ukuran Kabel Listrik

Posted on

Ukuran Kabel Listrik – Pasti dirumah kalian ada kabel listrik bukan? Tapi apakah kalian tahu ukuran dan jenisnya? Jika belum tahu dan ingin mengetahuinya maka simak terus penjelasan dibawah ini.

Kabel listrik ini berguna untuk penghantar aliran listrik kedalam benda-benda yang membutuhkan aliran listrik untuk pengerjaannya.

Sebelum kaita membahas lebih lanjut sebaiknya kita mengenal dulu bagian-bagian dalam kabel terlebih dahulu, penjelasannya dibawah ini ya sobat.

Bagian-bagian Dalam Kabel

tabel ukuran kabel listrik vs ampere

Pastinya kita sudah pernah meilihat bagian dalam dari kabel bukan? Tapi kalian tahu tidak fungsi dari bagian-bagian tersebut, jika belum kalian bisa menyimak penjelasan dibawah ini.

  • Isolator

Isolator merupakan bahan yang tak atau sukar untuk menghantarkan arus listrik, dalam kabel ini termasuk isolatornya ialah pembungkus kabel yang fungsinya sebagai pelindung ( agar tak dapat mencederai manusia), bagian ini sangat aman untuk dipegang.

Bahan isolator kabel itu terbuat dari bahan karet ataupun plastik (thermoplastik atau thermosetting). Semakin bagus tingkat isolator sebuah kabel, semakin bagus juga kualitas dari kabel itu.

  • Konduktor

Konduktor ialah bahan yang bisa menghantarkan arus listrik, dalam kabel bagian yang bisa menghantarkan arus listrik ialah bagian yeng terbuat dari logam atau tembaga san alumunium.

Daya hantarnya itu ditentukan oleh parameter yang bisa disebut KHA atau Kemampuan Hantar Arus. Kemampuan daya dari hantar arus dalam kabel berbeda-beda tergantung dengan bahan konduktor kabel listrik tersebut.

Jenis-jenis Kabel

Dibawah ini kami akan menjelaskan beberapa jenis kabel yang biasanya digunakan, untuk penjelasan dibawah ini ya sobat.

1. Kabel NYM

jenis ukuran kabel listrik

Kabel NYM ialah salah satu jenis kabel yang memiliki inti lebih dari satu yang ada didalamnya, didalam kabel jenis ini sebenarnya ada beberapa kabel NYA yang sudah dibungkus menjadi satu kemudian ditambahkan isolasi putih serta selubung karet.

Kabel ini dapat dipakai untuk instalasi listrik gedung ataupun rumah. Jumlah inti yang ada didalam kabel NYM ini terdapat 2, 3 ataupun 4 inti dengan warna yang pastinya berbeda-beda. masing-masing dari inti kabel NYM sudah dilapisi isolator.

Kabel NYM yang relatif lebih kuat dibandingkan NYA karena terdapat isolasi PVC serta selubung karet untuk segi harga kabel NYM sedikit lebih mahal dari jenis kabel NYA.

2. Kabel NYAF

ukuran kabel listrik untuk instalasi rumah

Kabel NYAF merupakan jenis kabel listrik yang dimana intinya terbuat dari bahan tembaga kemudian berserabut, kabel yang satu ini dilapisi oleh isolasi PVC, kabel jenis ini begitu fleksibel sehingganya cocok dipakai untuk jalur-jalur yang sangat berkelok-kelok.

Penggunaan dari kabel ini harus dilindungi menggunakan pipa dikarenakan isolasi yang dipakai ialah isolasi tunggal, oleh karena itulah kabel ini tak cocok dipakai di area lembab ataupun basah

3. Kabel NYA

ukuran kabel listrik serabut

Kabel NYA merupakan salah satu kabel yang isinya tunggal dan sering dipakai untuk instalasi rumah. Kabel NYA itu rata-rata yang dipakai untuk instalasi rumah dan rata-rata berdiameter atau luas penampang 1,5 mm serta 2,5 mm.

Kemudian kabel jenis ini dilapisi isolator PVC. Untuk isolatornya memakai warna untuk pembeda diantara fasa, netral serta ardenya. Biasanya warnanya merah, biru, kuning, hitam, dan juga kuning berstrip hijau.

Untuk lapisan isolatornya hanya ada satu lapis. oleh karena itu pemasangan instalasinya harus memakai pipa PVC, pipa union, ataupun pipa fleksibel untuk pelindungnya.

4. Kabel NYY

ukuran kabel listrik eterna

Kabel NYY ialah kabel yang sudah dirancang khusus untuk penggunaan berada didalam tanah dan berbagai macam kondisi outdoor atau diluar ruangan, kering ataupun lembab.

Tapi supaya lebih aman serta terjamin kabel ini diberi sebuah perlindungan menggunakan pipa PVC atau pipa besi.

Bahan isolator ataupun selubung NYY memiliki kontruksi yang jauh lebih kuat serta kaku dibandingkan kabel yang berjenis NYM, yang biasanya sudah dilengkapi menggunakan bahan anti gigitan tikus.

Apabila dilihat secara langsung terdapat warna yang khas dari kabel NYY ialah hitam bersama isolasi ganda serta biasanya untuk pemakaiannya dipakai untuk lampu taman serta diluar rumah.

5. Kabel ACSR

tabel ukuran kabel twisted

Kabel jenis ini banyak digunakan disaluran transmisi yang bertegangan tinggi, yang biasanya dipasang melintang tanpa memakai isolasi diantara dua tiang menara distribusi.

Kabel ini terdiri atas bahan alumunium pada inti kawat baja. Jenis kabel listrik yang bertipekan ACSR begitu cocok dipakai disaluran arus yang bertegangan sangat tinggi.

Dan itulah beberapa jenis kabel yang sering sekali dipakai untuk pembahasan yang selanjutnya yaitu tentang ukuran-ukuran kebel.

Ukuran Kabel

Untuk kalian yang ingin memasang kabel listrik dan bingung ingin memakai kabel ukuran berapa? Maka kalian harus memperhatikan tabel yang ada dibawah ini.

NoPenampang Kabel (mm2)Kemampuan Hantar Kabel (Ampere)
10,7512
2115
31,518
42,526
5434
6644
71061
81682
925108
1035135
1150168
1270207
1395250
1420292

Dan itulah ukuran kabelnya jadinya kalian tidak perlu bingung lagi ya ingin memilih ukuran kabel yang mana.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Ukuran Kabel Listrik. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga:

Rate this post