Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Posted on

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan – Eksposisi adalah paragraf atau esai yang berisi serangkaian informasi dan pengetahuan yang disajikan dalam cara yang singkat, ringkas dan akurat. Pendapat yang lain mengatakan bahwa eksposisi ialah jenis atau macam paragraf yang mempunyai fungsi memberikan penyampaian gagasan dalam bentuk pemikiran tentang suatu topik.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Teks Eksposisi Pertentangan. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian dan Contoh.

Pengertian

Seperti namanya, teks eksposis yang bertentangan akan berisi konflik antara satu hal dan lainnya. Sehingga akan muncul konflik antara suatu objek dengan objek lainnya. Presentasi teks eksposisi pertempuran lebih rinci dan rinci dalam kontras dari dua objek.

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Teks eksposisi yang saling bertentangan ini adalah jenis teks pameran yang menjadi bahan materi kelas sekolah menengah Indonesia yang akan kita periksa bersama dengan contoh-contoh teks eksposisi perselisihan pendek.

Nah, untuk memudahkan anda memahami dari teks eksposisi pertentangan ini, maka anda bisa melihat contoh dari teks eksposisi pertentangan di bawah ini:

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan 1

Antara anak-anak dan orang dewasa

Anak-anak yang terlibat tidak mempertimbangkan apa yang telah dilakukan. Mereka hanya akan tahu bahwa mereka hanya disetujui berulang kali tanpa memahami dan mencampurkan apa yang telah disepakati. Mereka juga menolak saran yang telah diterima karena dianggap paling benar. Banyak yang mengatakan bahwa mereka berpikir sebelum mengatakannya.

Orang dewasa yang lebih baik, dapat memahami sekali lagi, pertama, lebih banyak, tanpa pemahaman, pertama. Orang dewasa lebih berpikir sebelum mengajukan banyak pertanyaan dan memperhatikan tanpa kesulitan dalam membicarakannya. Orang ini adalah pendengar yang setia karena dia tidak selalu adil dan tidak suka menyangkal, menerima saran yang diberikan oleh orang lain.

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan 2

Kehidupan Di Daerah Perkotaan dan Pedesaan

Kehidupan perkotaan penuh dengan cahaya berkelap-kelip yang menghiasi setiap sudut. Ada banyak bangunan tinggi yang naik dan mobil melintas. Semua peralatan canggih, sehingga orang kurang bergaul dan cenderung malas. Bumi hijau terbuka telah selesai menempati bangunan, sehingga sering terjadi banjir.

Diharapkan bahwa kehidupan di desa akan terus menggunakan peralatan tradisional sehingga masyarakat bersosialisasi dan saling membantu. Masih banyak lahan hijau untuk penanaman tanaman, sehingga kapasitas penyerapannya masih kuat dan menyulitkan daerah untuk menggunakan banjir.

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan 3

Kaya dan Miskin

Hidup itu seperti roda yang berputar, kita sering menemukan orang yang sebelumnya tidak punya apa-apa yang tiba-tiba menjadi seseorang yang kaya akan materi. Sebaliknya, kebalikannya juga seseorang yang sebelumnya kaya dalam kepemilikan, tetapi tiba-tiba mengubah kebangkrutan yang membuatnya hidup. Kita bisa melihat perumpamaan ini dalam kisah Ny. Lala dan juga tentang Pak Lili.

Baca Juga :  Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Pada awalnya, Pak Lili adalah pengusaha furnitur paling terkenal di Kabupaten Pliken. Namun, musibah datang kepadanya, pabrik furniturnya tiba-tiba merasa bangga dan kehabisan seluruh isi bangunan. Ini membuat Pak Lili bangkrut.

Sebaliknya, Ms. Lala, dia menjalani kehidupan yang sulit untuk mendapatkan pinjaman di sana. Tetapi dia sangat resisten dalam membuat kerajinan, jadi ada saat ketika seorang investor memberikan bantuan produksi yang dibutuhkan Lala. Seiring waktu, Ms. Lili telah menjadi pengusaha pengrajin yang sangat sukses.

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan 4

Dalam kehidupan, kita sering menemukan pria yang berhasil datang tiba-tiba pria ini gagal. Selain itu, ada orang yang sebelumnya tidak bahagia, tetapi tanpa disagka sebaliknya, mereka berhasil secara tak terduga. Perumpamaan ini bisa dilihat dari kehidupan Pak Rokon dan juga dari Pak Burhan.

Awalnya, Pak Rokin adalah pedagang tanah yang kaya raya. Namun, suatu hari, ia mengubah musibah yang membuatnya memiliki lebih banyak kekayaan dan membeli sengsara sekarang. Burhan. Ayah dari 5 anak yang telah menjalani kehidupan yang menyedihkan meningkatkan nasibnya, di mana ia sekarang hidup lebih baik dari sebelumnya.

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan 5

Pada saat ini, hasil yang dicapai oleh tim futsal SMAN 77 telah meningkatkan penurunan. Dalam turnamen sebelumnya, tim futsal sekolah menengah selalu memasuki final dan sering juga memenangkan gelar. Namun, dalam turnamen tahun ini, tim futsal SMAN 77 harus bersiap untuk dihilangkan terlebih dahulu dalam pertandingan pendahuluan turnamen tahun ini. Dalam pertandingan itu, tim yang dilatih oleh Pak Bambang Suhardi harus rela kalah 0-3 melawan tim futsal SMA Krida. Kegagalan ini adalah hasil yang buruk untuk salah satu tim sepak bola 5-sisi-utama.

Sebaliknya adalah bertentangan dengan tim futsal SMA Krida. Setelah mengalahkan tim futsal SMA 77, tim futsal ini memimpin putaran fitnal dengan lancar. Di babak final, tim pendukung Gatot Soedibyo mengalahkan tim futsal SMA Aryaloka dengan skor telak 4-1. Kemenangan adalah hasil yang ditakdirkan untuk tim futsal SMA Krida, di mana tim tidak pernah mencapai hasil yang dikumpulkan di masa lalu.

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan 6

Orang tua Nadia sangat ingin anak-anak mereka menjadi dokter. Maka tidak heran, jika selama sekolah menengah, Nadia dipaksa oleh orang tuanya untuk masuk ke departemen sains sehingga Nadia nantinya bisa berspesialisasi dalam bidang kedokteran ketika ia kuliah. Sebaliknya, Nadia sebenarnya enggan mengikuti keinginan orang tuanya.

Nadia sendiri sangat menyukai desain grafis dan ingin dapat belajar dalam desain grafis atau spesialisasi dalam seni rupa. Ketidakkonsistenan antara keinginan Nadia dengan orang tuanya juga membuat Nadia sering berkonflik dengan orang tuanya.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Teks Eksposisi Pertentangan. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: