Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Posted on

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan – Eksposisi sebenarnya adalah salah satu jenis teks yang paling sederhana dan sangat sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, terutama ketika membaca berita atau sains tertentu.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Teks Eksposisi Tentang Kesehatan. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian dan Contoh.

Pengertian

Eksposisi tidak dapat ditemukan hanya oleh pembaca. Beberapa informasi dan artikel yang ditulis dan dibagikan melalui media sosial dan media online juga dapat disebut sebagai teks eksposisi.

Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Dalam penggunaan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, teks eksposisi sering juga digunakan untuk menggambarkan atau memberikan penjelasan tentang suatu peristiwa secara terperinci dari sudut pandang orang yang menceritakan kisah tersebut.

Supaya lebih memudagkan anda untuk memahami teks eksposisi berikut inilah saya akan berikan contoh teks eksposisi yang bertemakan tentang kesehatan.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan 1

Manfaat Dari Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang kaya akan manfaat. Tanaman yang memiliki bentuk lidah lebar dikenal karena sifat kesehatan rambutnya yang baik. Selain khasiat ini, lidah buaya juga memiliki khasiat lain, yaitu sebagai obat untuk jerawat yang meradang pada kulit.

Menurut penelitian dari berbagai sumber, lidah buaya mengandung hormon Gibberelin yang dapat membantu mengobati jerawat yang meradang pada kulit. Sifat antiinflamasi yang terkandung dalam hormon ini yang menyebabkan lidah buaya memiliki sifat ini. Selain itu, hormon Gibberellin juga mampu menumbuhkan sel epitel baru dalam bekas jerawat, sehingga mengurangi kemungkinan pertumbuhan jerawat baru.

Oleh karena itu, lidah buaya memiliki manfaat selain kesehatan rambut, yaitu sebagai obat untuk jerawat yang meradang pada kulit dan pembentukan sel-sel epitel baru. Ini disebabkan oleh adanya hormon Gibberellin yang terkandung dalam lidah buaya.

Tesis:
Lidah buaya adalah tanaman yang kaya akan manfaat. Tanaman yang memiliki bentuk lidah lebar dikenal karena sifat kesehatan rambutnya yang baik. Selain khasiat ini, lidah buaya juga memiliki khasiat lain, yaitu sebagai obat untuk jerawat yang ditemukan di kulit.

Argumen:
Menurut penelitian dari berbagai sumber, lidah buaya mengandung hormon Gibberelin yang dapat membantu mengobati jerawat yang meradang pada kulit. Sifat antiinflamasi yang terkandung dalam hormon ini yang menyebabkan lidah buaya memiliki sifat ini. Selain itu, hormon Gibberellin juga mampu menumbuhkan sel epitel baru dalam bekas jerawat, sehingga mengurangi pertumbuhan jerawat baru.

Pernyataan ulangi:
Oleh karena itu, lidah buaya memiliki manfaat selain kesehatan rambut, yaitu sebagai obat untuk jerawat yang meradang pada kulit dan pembentukan sel-sel epitel baru. Ini disebabkan oleh adanya hormon Gibberellin yang terkandung dalam lidah buaya.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan 2

Manfaat Dari Daun Siri Merah

Siri Merah adalah jenis tanaman rumah yang sering digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat. Jenis tanaman ini juga dapat ditanam oleh masyarakat itu sendiri, untuk digunakan sebagai persediaan tanaman obat tradisional (tesis).

Beberapa penelitian yang dilakukan telah mengungkapkan bahwa tanaman ini sering digunakan sebagai obat untuk diabetes, bisul, kanker dan bahkan obat-obatan untuk mengobati masalah ketombe. Selain itu ada juga mereka yang menggunakan tanaman jenis ini sebagai obat untuk keputihan di bidang kewanitaan wanita.

Masyarakat umumnya menggunakan Sirih merah dengan mengambil dan menggunakan daun, lalu daun tersebut diproses dengan cara direbus. Kemampuan sirih merah sebagai tanaman obat tradisional, karena mengandung senyawa aktif.

Kandungan seperti polifenol, minyak atsiri, euganol dan sebagainya (argumen). Oleh karena itu, topi dapat dipahami bahwa Sirih merah dapat digunakan untuk mengobati penyakit tertentu secara tradisional (penegasan ulang).

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan 3

Menjaga Kesehatan Gigi

Penting untuk menjaga kesehatan daerah mulut, terutama gigi. Karena jika kita mengalami sakit gigi, ini pasti akan membuatnya tidak nyaman. terutama jika sakit gigi yang kita alami diklasifikasikan sebagai sakit gigi parah dan dapat berdampak pada nafsu makan, gangguan istirahat dan dapat menyebabkan pusing sampai sistem kekebalan tubuh berkurang.

Karena itu, menjaga kesehatan gigi sangat penting karena pencegahan lebih baik daripada mengobati. Kita lebih baik menjaga kesehatan gigi kita sebelum kerusakan dan menimbulkan rasa sakit yang dapat mengganggu aktivitas kita.

Baca Juga :  Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Sejak kecil kami telah diajarkan oleh orang tua dan sekolah kami bahwa menjaga kesehatan gigi itu penting. Sebenarnya tidak sulit menjaga kesehatan gigi, selama kita bisa disiplin dan rutin mengobatinya. Langkah sederhana yang bisa kita lakukan adalah menyikat gigi 2 atau 3 kali sehari.

Ini jelas bukan hal yang aneh untuk dilakukan, bukan? Tetapi terkadang kita suka lupa melakukannya atau kita malas, dan karena itulah yang dapat merusak gigi kita. Waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah di pagi hari ketika Anda bangun tidur, siang dan malam sebelum tidur.

Memilih sikat gigi yang tepat juga penting, karena sikat gigi yang nyaman tidak akan membuat kita malas. Setiap orang memiliki struktur mulut dan gigi yang berbeda, sehingga jenis sikat gigi yang dibutuhkan juga berbeda. Pasta gigi juga harus dipilih yang sesuai dengan gigi Anda, Anda dapat meminta dokter Anda untuk memilih pasta gigi yang cocok untuk kondisi gigi Anda.

Jadi langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa gigi Anda setiap 6 bulan di dokter gigi. Keuntungan dari memeriksakan gigi ke dokter adalah membersihkan karang gigi yang tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi. Fasilitas gigi kini tersedia secara gratis, sehingga dokter yang biasanya memungut biaya tinggi tidak perlu lagi khawatir.

Kesehatan gigi penting bagi kita untuk dilindungi. Karena setiap hari kita pasti menggunakan gigi kita untuk mengunyah makanan tubuh kita. Jika kesehatan gigi kita terganggu, kesehatan tubuh kita juga dapat terganggu karena kurangnya asupan makanan yang diterima oleh tubuh dan dampaknya pada tubuh kita akan rentan terhadap penyakit.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan 4

Manfaat Dari Buah Pisang

Pisang adalah buah yang menjadi favorit semua orang untuk dikonsumsi. Rasa manis ini membuat orang menyukai rasanya. Pisang umumnya tumbuh di daerah tropis dan subtropis, sehingga tanaman ini banyak ditanam di Indonesia.

Tumbuhan ini memiliki sejuta manfaat kesehatan bagi tubuh manusia, salah satunya mampu menangkal radikal bebas. Tanaman ini dapat langsung dikonsumsi atau diubah menjadi berbagai makanan seperti keripik, kue atau dijadikan jus. Manfaat yang terkandung dalam pisang juga beragam seperti vitamin dan mineral.

Tanaman pisang juga bisa diubah dari buah jantung pisang. Daun pisang dapat digunakan sebagai pembungkus makanan, pisang dapat diubah menjadi berbagai makanan, dan hati pisang juga dapat dimasak karena mengandung flavonoid yang bermanfaat bagi tubuh. Ada juga hati pisang yang bisa dimakan.

Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh tanaman pisang, kita bisa menggunakannya mulai dari daun, buah, batang, hati sampai hati pisang. Tidak sulit untuk tidak memulai hidup yang sehat, dengan mengkonsumsi pisang saja Anda bisa mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan Anda.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan 5

Manfaat Air Untuk Kesehatan

Tubuh manusia mengandung 70% air, jadi air adalah cairan penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Setiap hari kita akan kehilangan cairan tubuh, karena tubuh kita membutuhkan cairan untuk bergerak dan bergerak. Cairan akan hilang karena keringat, pernapasan, dan ekskresi. Karena itu, jangan sampai tubuh kita kekurangan cairan yang bisa menyebabkan dehidrasi.

Minum air hingga 8 gelas sehari sangat disarankan agar tubuh kita tidak kekurangan cairan dan air juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Selain memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kita, itu juga bisa mencegah kulit kering.

Air adalah hal utama yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memuaskan cairan tubuh manusia. Dengan menjaga cairan tubuh terpenuhi, kita terhindar dari penyakit dan dapat memberikan energi pada otot dan sendi kita. Dan dengan minum air, sumsum tulang belakang dan sistem tubuh kita akan terlindungi.

Air juga menawarkan manfaat bagi kulit kita, karena dapat menjaga kelembaban dan membuat kita dingin. Dan air juga bisa mengontrol asupan kalori yang kita konsumsi, sehingga porsi makanan kita tidak berlebihan.

Dapat disimpulkan bahwa air memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita dan juga menjaga kesehatan tubuh untuk menghindari berbagai penyakit yang menyerang.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Teks Eksposisi Tentang Kesehatan. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: