Kata Pengantar Karya Ilmiah

Posted on

Kata Pengantar Karya Ilmiah – Seperti yang kita ketahui, menyusun atau menyusun kata pengantar ini sulit dan mudah. Ini karena bagi sebagian besar penulis, masih sulit untuk menentukan kata yang tepat untuk kata pengantar ini.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan Pengertian Kata Pengantar Karya Ilmiah . Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Langkah, Unsur dan Contoh.

Pengertian

Kata pengantar dalam artikel ilmiah tidak bertepatan dengan kata pengantar dalam novel; pengantar artikel ilmiah lebih rinci daripada pengantar novel atau buku. Buku atau novel tidak selalu memiliki pengantar untuk pengantar, seperti dalam novel klasik atau novel lama.

Kata Pengantar Karya Ilmiah

Penulisan kata pengantar di setiap artikel berbeda – karya yang berbeda dalam bentuk buku, esai, artikel, laporan, proposal, tesis, disertasi, disertasi, dll.

Kata pengantar adalah halaman yang berisi karya penulis untuk menyelesaikan penulisan artikel, yang berbicara baik kata-kata syukur dan kata-kata syukur, tujuan dan keuntungan dari menulis, serta kritik dan saran yang membangun. Pendahuluan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu: membuka konten dan menutup.

Dalam hal ini, meskipun sebagian besar pembaca jarang membaca bagian ini, kata pengantar tetap penting untuk menjaga profesionalisme dan kredibilitas artikel yang telah selesai.

Selain itu, pengantar juga mengungkapkan rasa hormat kepada penulis pembacanya. Tentu saja, ketika menulis kalimat pengantar, Anda harus menggunakan bahasa dan kalimat standar yang efektif dan mudah dipahami pembaca. Contoh bagus dari kata pengantar disajikan dalam paragraf di bawah ini.

Langkah-Langkah Penulisan Kata Pengantar Karya Ilmiah

  • Ungkapan terima kasih kepada mereka yang membantu menyelesaikan pekerjaan ini disertai dengan penjelasan rinci tentang kontribusi masing-masing peserta. Misalnya, untuk guru, dosen, tokoh dan lain-lain, tergantung topik tulisannya. Ingatlah untuk memasukkan nama dalam nama-nama peserta.
  • Paragraf terakhir termasuk penghargaan umum, harapan untuk pembaca, dan permintaan kritik dan saran dari pembaca. Di bagian ini, cobalah untuk tidak terlalu berlebihan atau terlalu percaya diri / sombong.
  • Sertakan nama dan nama lengkap penulis beserta tempat dan waktu penulisan surat itu, letakkan di sudut kanan bawah.
  • Judul, judul yang diberikan “Kata Pengantar”. Tuliskan nama posisi Anda di tengah dari atas, dengan huruf kapital dan cetak tebal.
  • Menyatakan rasa terima kasih kepada Allah / Tuhan untuk kesehatan dan pencerahan-Nya, sehingga makalah, tesis, laporan diselesaikan dengan benar.
  • Sertakan judul artikel, laporan, tesis, atau karya lain yang termasuk dalam pendahuluan. Beri judul setelah menyatakan terima kasih.
  • Tambahkan deskripsi singkat tentang karya ilmiah Anda. Kemudian termasuk tujuan menyiapkan buku, artikel, laporan, abstrak, abstrak dalam paragraf.

Unsur-Unsur Kata Pengantar Karya Ilmiah

  • Terima kasih kepada seseorang / lembaga yang membantu.
  • Menyebutkan nama kota, tanggal, bulan, tahun, dan nama lengkap penulis tanpa tanda tangan.
  • Penulis berharap untuk esai ini.
  • Manfaat bagi pembaca dan kesediaan untuk menerima kritik dan saran.
  • Berisi rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Penjelasan tentang tugas penulisan makalah ilmiah.
  • Penjelasan implementasi penulisan ilmiah.
  • Penjelasan bantuan, bimbingan, dan bimbingan dari mereka yang dianggap berguna. Adapun seseorang, sekelompok orang atau organisasi / lembaga.
Baca Juga :  Pantun Perintah

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Di bawah ini saya akan memberikan beberapa contoh di bawah ini:

Contoh 1

KATA PENGANTAR

Puji kehadiran Allah SWT, yang selalu menganugerahkan rahmat dan bimbingan-Nya, sehingga kita semua dalam kondisi yang baik dan sehat dalam kinerja urusan sehari-hari kita. Sang komposer juga menganjurkan kehadiran Allah SWT, karena hanya dengan Kerido’an-nya, sebuah artikel dengan judul “GELOMBANG MAGNETIK” diperbolehkan.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa tanpa bantuan berbagai pihak, artikel ini tidak akan dilaksanakan dan masih jauh dari sempurna, sehingga penulis sangat berharap saran dan kritik untuk perbaikan lebih lanjut.

Akhir kata, penulis berharap, semoga dokumen ini dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkannya.

Bandung, 1 Juli 2012

Penulis

Contoh 2

KATA PENGANTAR

Puji syukur atas rahmat yang diberikan Allah kepada kita, sehingga kesehatan tubuh, iman dan pikiran akan dicurahkan kepada kita melalui rahmat-Nya. Kesehatan adalah hal yang paling berharga ketika menjaga kesehatan pribadi harus dimulai dengan melindungi kesehatan lingkungan, baik di tempat kerja maupun di masyarakat kita. Dalam hal ini, sistem saluran air menyediakan bagian yang cukup penting untuk menjaga kesehatan lingkungan gedung atau rumah, tempat mereka bekerja atau di mana mereka tinggal.

Artikel ini dirancang untuk membantu siswa memahami bangunan hotel, yang sangat sulit ditemukan sendiri dan memerlukan pengalaman khusus dalam membuat konsep bangunan hotel.

Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang mendalam kepada semua pihak yang mendukung persiapan dokumen ini. Selain itu, kami benar-benar mengharapkan kritik dan saran dari pembaca, jadi ini akan memberikan rasa terima kasih kami kepada rahmat Allah SWT dan dalam hal meningkatkan pekerjaan ini di masa depan.

Bandung, 2 April 2013

Penulis

Contoh 3

KATA PENGANTAR

Semua pujian kepada Allah SWT, yang memberikan berkah dan bimbingan-Nya, terutama kesenangan dari kesempatan dan kesehatan, sehingga penulis dapat menyelesaikan kursus bekerja “DASAR KIMIA”. Kemudian, rahmat dan salam kami disampaikan kepada Nabi Muhammad saw., Saw, yang memberikan tuntunan seumur hidup, Alquran dan Sunnah untuk keselamatan orang-orang di dunia.

Artikel ini adalah salah satu tujuan dari kursus kimia dasar dalam program studi lingkungan di departemen teknik Universitas Riau. Selain itu, penulis ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Ibu Dra. Hairat, Msi sebagai guru mata kuliah kimia dasar dan semua yang memberi arahan dan arah saat menulis artikel ini.

Akhirnya, penulis memahami bahwa ada banyak kekurangan dalam penulisan artikel ini, oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk memperbaiki artikel ini.

Tangerang, 3 Juni 2014

Penulis

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Kata Pengantar Karya Ilmiah. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: