Kalimat Utama

Posted on

Kalimat Utama – Tidak selalu di awal paragraf, karena gagasan utama bisa di akhir atau di tengah, dan kadang-kadang muncul bersamaan di awal dan akhir paragraf. Kalimat utama juga disebut kalimat tematik, sehingga kalimat utama adalah tautan untuk mengembangkan paragraf.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Kalimat Utama. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Karakteristik, Letak dan Contoh.

Pengertian

Kalimat adalah bagian penting dari paragraf. Paragraf yang baik harus berisi dua jenis kalimat yang merupakan “informan” dari tujuan paragraf. Dua jenis kalimat adalah kalimat utama dan kalimat penjelas.

Kalimat Utama

Kedua jenis penawaran harus ada dan disertai dengan penawaran lainnya. Perbedaannya adalah bahwa kalimat utama dalam paragraf hanya satu kalimat, dan kalimat lainnya adalah kalimat yang mendukung kalimat ini, yang disebut kalimat penjelas.

Kalimat utama adalah kalimat yang berisi pemikiran atau gagasan dan menjadi dasar untuk pengembangan paragraf. Kalimat ini biasanya bersifat umum dan berisi seluruh isi paragraf.

Kalimat ini tidak selalu di awal paragraf, karena gagasan bisa di akhir atau di tengah, dan kadang-kadang muncul bersamaan di awal dan akhir paragraf. Kalimatini juga disebut kalimat tematik, sehingga kalimat ini adalah tautan untuk mengembangkan paragraf.

Karakteristik Kalimat Utama

  • Berisi masalah yang dapat dikembangkan secara rinci.
  • Berisi adalah pernyataan yang bersifat umum dan dapat dikembangkan.
  • Dapat bersifat independen dan memiliki makna yang jelas, sehingga tidak perlu menghubungkan antara proposal dan dalam proposal.
  • Biasanya di awal paragraf (deduktif). Namun, terkadang ini di akhir paragraf (induktif). Kalimat ini di akhir paragraf biasanya didahului dengan kata “begitu” dan “dengan cara ini”.

Letak Kalimat Utama

Lokasi kalimat ini dalam paragraf menjadi tautan untuk menentukan jenis paragraf. Ada tiga jenis penempatan kalimat dalam paragraf, seperti berikut:

Di Awal dan Akhir Paragraf (Campuran)

  • Kalimat utama. (Umum)
  • Kalimat Penjelasan (khusus)
  • Kalimat Penjelasan (khusus)
  • Kalimat Utama. (Umum)

Di Awal Paragraf (Deduktif)

  • Kalimat utama, (umum)
  • Kalimat Penjelasan, (Khusus)
  • Kalimat penjelasan. (Khusus)

Di Akhir Paragraf (Induktif)

  • Kalimat penjelasan. (Khusus)
  • Kalimat penjelasan. (Khusus)
  • Kalimat utama. (Umum)

Contoh Kalimat Utama

Contoh 1

(1) Baru-baru ini, ada beberapa kasus penyakit yang disebabkan oleh kurangnya kesadaran akan kebersihan. (2) Kebersihan yang dimaksud bukan hanya kebersihan pribadi dan kebersihan lingkungan. (3) Selain itu, perlu diperhatikan kebersihan makanan dan segala sesuatu yang masuk ke tubuh kita. (4) Makanan adalah sumber energi utama untuk proses metabolisme tubuh. (5) Karena itu, jika ingin menjalani gaya hidup sehat, kita harus menjaga kebersihan makanan.

Baca Juga :  Imbuhan Konfiks

(1) Kopi tampaknya telah benar-benar menjadi minuman favorit penduduk Indonesia. (2) Rasa pahit yang dikombinasikan dengan gula memiliki aroma yang tepat dan membuat beberapa pecinta kopi menjadi gila. (3) Bahkan di belahan dunia, mereka semakin berlomba untuk menciptakan rasa kopi yang berbeda dari sebelumnya. (4) Secara alami, jika sampai titik ini ternyata kopi memiliki komunitas pecinta.

Contoh 2

(1) Melemahnya rupee terhadap dolar diperkirakan akan berlanjut hingga akhir Januari tahun ini. (2) Pertanyaan tentang nilai tukar rupee, seperti ini, telah menarik perhatian beberapa ekonom di Indonesia. (3) Banyak orang curiga bahwa tindakan teroris adalah salah satu alasan depresiasi mata uang negara dan mempengaruhi nilai mata uang Indonesia. (4) Akibatnya, karena serangan masih berdampak, depresiasi rupee kemungkinan akan berlanjut sampai akhir Januari.

(1) Jalan arteri di daerah Porong Sidoarjo harus segera diperbaiki. (2) Hal ini disebabkan oleh peningkatan jumlah bukaan di tengah jalan yang menimbulkan ancaman bagi pengguna jalan. (3) Selain itu, daerah tersebut sering dilintasi oleh kendaraan besar yang berisi muatan berat. (4) Kerusakan jalan di daerah menghambat perkembangan ekonomi dan distribusi barang yang harus dikirim dari zona industri Sidoarjo ke beberapa desa di wilayah Malang. (5) Oleh karena itu, perbaikan wilayah penting ini harus segera dilakukan, sehingga perekonomian antar daerah kembali normal.

Contoh 3

(1) Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman etnis dan budaya. (2) Ada banyak suku, agama, tradisi, dan berbagai budaya yang mengikuti kepercayaan di masing-masing daerah. (3) Mereka semua hidup berdampingan secara damai dan menjadi kebanggaan karena mengunjungi turis asing. (4) Keragaman dan keramahtamahan penduduk Indonesia dalam menjamu wisatawan adalah sesuatu yang selalu bisa dibanggakan di arena pariwisata internasional. Deskripsi: Kalimat utama paragraf di atas pada angka (1), kalimat berikut adalah kalimat penjelas.

(1) Pohon sangat bermanfaat bagi manusia. (2) Salah satu manfaatnya adalah menjaga ketersediaan oksigen untuk makhluk hidup di sekitarnya. (3) Selain itu, di hadapan pohon, panas matahari tidak langsung mencapai bumi. (4) Pohon juga dapat digunakan untuk buah-buahan atau batang untuk kebutuhan manusia lainnya. Deskripsi: Kalimat utama paragraf di atas pada angka (1), kalimat berikut adalah kalimat penjelas.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Kalimat Utama. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: