Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Panas dan Perpindahannya

Posted on

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 SD/MI – Kali ini majalahpendidikan.com akan menerangkan materi pelajaran dan latihan soal semester 1 dan semester 2, berupa soal pilihan ganda dan essay, beserta kunci jawaban dan pembahasannya lengkap.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Panas dan Perpindahannya Halaman 3, 4, 6, 8

Tematik 6 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Panas dan Perpindahannya Halaman 3, 4, 6, 8
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Panas dan Perpindahannya Halaman 3, 4, 6, 8

Sumber Darib Energi Panas

Bahan penghasil panas, yang disebut sumber panas, adalah alami dan termasuk sinar matahari. Matahari adalah sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup membutuhkan energi matahari. Sinar matahari membantu meringankan produksi nutrisi pada tanaman.

Karena panas matahari dapat menerangi bumi, udara di bumi menjadi lebih panas. Dalam kehidupan sehari-hari, energi matahari digunakan untuk berbagai aktivitas manusia. Misalnya, setelah panen, musim kemarau, musim kemarau, Pengeringan garam Sinar matahari digunakan untuk mengeringkan salmon asin dan bahkan pakaian basah.

Geser tangan Anda sejenak. Bagaimana perasaan Anda tentang satu pilar sekarang? Kemudian gosokkan pada kain kering selama dua menit. Kemudian sentuh permukaan bungkus plastik. Bagaimana perasaan Anda setelah melakukan dua kegiatan ini? Ketika ada gesekan antara dua benda, energi panas dilepaskan. Dalam proses ini, gesekan antara telapak tangan dan gesekan antara penggaris dan kain dapat menyebabkan energi panas.

Selain gesekan antara dua benda, ada juga energi panas dari api. Pada zaman kuno, orang harus menggosok batu kering dan membakarnya sampai api keluar. Ayah kita telah mengeringkan api, sampai api dinyalakan. Dan mereka mengeringkan bumi. Gesekan antara dua batu dan gesekan antara dua kayu dapat menyebabkan energi panas terbakar. Saat ini, api dan kompor dapat dengan mudah dibuat.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Panas dan Perpindahannya Halaman 3, 4, 6, 8
Lihat foto-foto acara di atas! Manakah dari kegiatan berikut yang paling sering Anda lihat dalam kehidupan sehari-hari? Apa kesamaan semua foto ini?
Ya, semua gambar di atas mengacu pada energi panas atau panas. Apakah Anda tahu sumber panas mana yang dapat dilihat pada gambar? Ya, ada api dan matahari. Bagaimanakah dengan tubuh kita? Apakah didalam tubuh kita juga bisa mengeluarkan energi seperti panas? Bagaimana Anda mengukur energi termal?

Kunci Jawaban Tematik Halaman 3

Lihatlah teks di atas lagi. Bacaan di atas adalah contoh teks penjelasan tentang sesuatu yang terjadi di sekitar kita. Dalam kehidupan sehari-hari ada banyak teks penjelasan dalam bentuk informasi di berbagai media, baik di media cetak dan media elektronik. Buku, majalah dan koran adalah salah satu bentuk media cetak. Informasi apa yang Anda dapatkan dengan membaca buku ini?

Jawab pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan bacaan di atas!

  1. Apa yang dimaksud dengan sumber energi panas?
    Jawaban: Sumber energi panas adalah objek yang dapat menghasilkan energi panas.
  2. Sebutkan setidaknya dua sumber energi termal yang diketahui! Jawaban: Matahari dan api adalah sumber energi panas.
  3. Apa manfaat makhluk hidup dari matahari?
    Jawaban: Panas matahari membantu dalam produksi makanan pada tumbuhan, yang dikenal sebagai fotosintesis. Matahari juga membantu orang mengeringkan padi setelah panen, garam kering, ikan asin kering, dan bahkan pakaian basah kering.
  4. Tunjukkan cara mudah untuk membuktikan keberadaan energi panas di sekitar kita!
    Jawaban: Gosok tangan Anda selama satu menit dan gosok penggaris plastik pada kain kering selama 2 menit.
  5. Bagaimana nenek moyang kita mendapatkan api?
    Jawaban: Nenek moyang kita menggosok dua batu kering sampai percikan keluar.
  6. Mengapa api begitu penting dalam kehidupan manusia?
    Jawaban: Api dapat digunakan untuk berbagai tujuan, mis. B. untuk memasak, sebagai pengganti lampu, sebagai api unggun untuk memanaskan tubuh, dll.
Baca Juga :  Soal Matematika Kelas 2

Kunci Jawab Tematik Halaman 4

Kunci Jawab Tematik Halaman 4

Baca informasi di atas dengan cermat lagi. Kemudian jawab pertanyaan berikut!

  1. Apa judul bacaan di atas?
    Jawaban:
    Sumber energi panas
  2. Tuliskan kata kunci dalam paragraf di atas.
    Jawaban:
    Paragraf 1: sumber energi panas
    Paragraf 2: Penggunaan matahari
    Paragraf 3: Bagaimana energi panas dihasilkan
    Paragraf 4: Asal usul api.
  3. Apa yang dapat Anda simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskan kawan membaca Anda kesimpulan membaca di atas!
    Jawaban : Sumber energi panas ada di sekitar kita dan sumber energi panas terbesar adalah matahari, yang digunakan oleh semua makhluk hidup.

Kunci Jawab Tematik Halaman 6

Kunci Jawab Tematik Halaman 6

Sumber energi panas ada di mana-mana dan kita sering menemukannya selama aktivitas sehari-hari! Pantau aktivitas Anda hari ini. Sumber panas apa yang Anda gunakan? Lihatlah tabel di bawah ini dan selesaikan aktivitas Anda yang menggunakan sumber energi panas hari ini.

Kunci Jawab Tematik Halaman 6

Kunci Jawaban Buku Tematik Halaman 8

Kunci Jawaban Buku Tematik Halaman 8

Matahari adalah salah satu sumber energi panas terbesar di bumi. Panas matahari dapat menyebabkan perubahan alam yang mudah kita lihat dan amati.

Lakukan kegiatan berikut dalam kelompok tiga. Siapkan alat dan bahan berikut: 3 wadah untuk es batu, 6 es batu dengan ukuran yang sama dan timer.
Langkah-Langkah:

  1. Tempatkan dua es batu di setiap wadah yang disiapkan. Wadah harus memiliki ukuran, warna, dan bentuk yang sama.
  2. Sebuah wadah berdiri di luar ruang kelas di bawah sinar matahari. Wadah kedua ada di atas meja di ruang kelas.
  3. Wadah ketiga ada di lemari atau di tempat yang terlindung dari sinar matahari.
  4. Setiap anggota kelompok mengamati, mengukur, dan mencatat berapa lama es batu dalam wadah individu mencair sepenuhnya.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Panas dan Perpindahannya Halaman 3, 4, 6, 8
  1. Seberapa besar es batu dalam tiga wadah? Ketiga es batu itu berukuran sama.
  2. Es batu mana yang meleleh dulu? Es batu yang mencair pertama adalah es batu yang ditempatkan di luar ruang kelas di bawah sinar matahari.
  3. Mengapa? Jelaskan alasan Anda di tempat-tempat di bawah ini! Matahari sebagai sumber panas dapat mengubah perubahan es menjadi air. Ketika es menjadi air (meleleh), ia membutuhkan kehangatan.
  4. Bisakah Anda menarik kesimpulan dari kegiatan di atas? Diskusikan kesimpulan Anda dengan teman duduk Anda! Sumber energi panas dapat menyebabkan perubahan pada objek. Dalam aktivitas di atas, ada perubahan dari benda padat (es) menjadi benda cair (air).

Demikian Pembahasan Mengenai Pelatihan Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 SD/MI. Tetap Bersama Kami di MajalahPendidikan.com. Nantikan Soal – Soal Selanjut nya, Terimaksih.

Baca Juga :