Ungkapan

Posted on

Ungkapan – Kategori lain dari ungkapan (idiom) adalah bahwa sebuah kata memiliki beberapa makna, kadang-kadang bersama-sama, kadang-kadang dilihat dari konteks penggunaannya.

Ini dapat dilihat dalam bahasa Inggris (kebanyakan tanpa infleksi) dalam kata-kata yang ambigu, penggunaan umum kata yang sama untuk tindakan, bagi mereka yang berpartisipasi di dalamnya, untuk produk yang digunakan, untuk tempat atau waktu tindakan, dan kadang-kadang untuk kata kerja.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan Pengertian Ungkapan . Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Pendapat Ahli, Macam dan Contoh.

Pengertian

Ungkpan atau idiom adalah kombinasi dari dua kata atau lebih yang digunakan seseorang dalam situasi tertentu untuk menyarankan sesuatu. Frasa terdiri dari kombinasi dua atau lebih kata.

Ungkapan

Kombinasi kata-kata ini, jika tidak ada konteks yang terkait, memiliki dua makna yang mungkin, yaitu makna aktual (denotasi) dan makna tidak realistis (makna kias atau konotasi).

Pendapat Ahli Tentang Ungkapan

Kunjana

Teks dan ungkapan yang sangat penting dapat diklasifikasikan sebagai kata majemuk. Kata majemuk (compound words) adalah kombinasi dari morfem atau kata-kata yang memiliki pola dramatis khusus dan pola semantik. Dengan kata-kata yang rumit, hubungan antara bagian-bagian itu begitu dekat dan sama sekali tidak dapat dipisahkan.

Kedekatan hubungan dapat dilihat dari ketidakmampuan untuk memasukkan kata majemuk sebagian. Selain itu, jika bentuk majemuk berisi kata-kata atau frasa penjelasan, kata atau frasa akan memberikan penjelasan untuk kata majemuk lengkap.

Chaer

Idiom adalah satuan bahasa dalam bentuk kata, frasa atau kalimat, yang artinya tidak dapat diekstraksi dari aturan tata bahasa umum yang berlaku dalam bahasa ini, atau tidak dapat diprediksi dari makna leksikal unsur-unsur yang membentuknya.

Dubois

Sebutkan istilah-istilah khusus ketika merujuk pada ekspresi bahasa tertentu, istilah kebodohan. Idiocy adalah semua pola konstruksi yang tampaknya unik untuk bahasa tersebut dan tidak mematuhi aturan untuk menghasilkan kalimat atau sintaksis dalam bahasa lain.

Rey

Sebuah frasa dianggap sebagai cara mengekspresikan sesuatu menggunakan retorika (kata-kata formal) dan gaya bahasa dan biasanya memiliki makna kiasan, metaforis, dan metonim.

Longman

Sebuah idiom adalah frasa yang berbeda dari arti kata-kata individu dari mana kata itu dibentuk. Dapat diartikan bahwa idiom adalah kalimat yang memiliki makna berbeda dari makna kata yang membentuknya.

Alwasilah

Penyebutan idiom adalah sekelompok kata yang memiliki arti berbeda, berbeda dengan makna setiap kata dalam kelompok. Idiom tidak dapat secara harfiah diterjemahkan ke dalam bahasa asing. Idiom adalah masalah penggunaan oleh penutur asli.

Macam-Macam Ungkapan

Berikut adalah beberapa bentuk ungkapan di bawah ini:

A) Berdasarkan jenis elemen yang menyusunnya

1) Idiom yang Terbentuk Dari Berbagai Kelas Kata

Sebuah idiom yang komponennya adalah angka, kata kerja, kata benda, kata keterangan dan kata sifat.

Idiom kata sifat: idiom terbentuk dari kata sifat sebagai elemen leksikal
Idiom adverbia: idiom yang menggunakan adverbia sebagai elemen leksikal. Adverbia dalam bentuk adverbia tempat, informasi waktu, deskripsi alam dan deskripsi keadaan.
Idiom of Nomin: idiom terbentuk dari kombinasi kata benda sebagai elemen leksikal.
Idioma Verba: idiom yang memakai kata seperti, datang, pergi, menonton, dll. Sebagai elemen penyusun dari idiom.
Idiom Numeralia: idiom yang dibentuk menggunakan kata-kata numerik, seperti satu, dua, tiga, dan seterusnya, sebagai elemen penyusunnya.

2) Idiom Nama atau Bagian Tanaman

Baca Juga :  Contoh Esai Kesehatan

Gunakan elemen leksikal yang terbentuk dari nama tanaman dan bagian tanaman, seperti daun, cabang, buah, batang, dan sebagainya.

3) Idiom Nama Binatang

Elemen leksikal yang membentuk idiom dikaitkan dengan hewan, bagian-bagiannya dan karakteristik hewan tertentu, yang dibandingkan dengan karakteristik nyata seseorang dengan elemen tubuh hewan.

4) Idiom Nama Warna

Yakni, idiom yang menggunakan nama warna sebagai elemen leksikal.

5) Idiom Nama-Nama Benda Alami

Sebuah idiom yang menggunakan nama-nama benda alami sebagai elemen leksikal, seperti matahari, bumi, bulan, dan sebagainya.

6) Idiom yang Terdiri Dari Kata Perasaan

Sebuah idiom terbentuk sebagai akibat dari perubahan aktivitas satu respons sensorik terhadap respons sensorik lainnya. Pateda menyebutnya secara sinestetis. Indra adalah alat untuk melihat, mendengar, merasakan, merasakan dan merasakan sesuatu secara intuitif.

7) Idiom yang Terdiri Dari Bagian-Bagian Tubuh

Istilahnya adalah antropomorfik, yaitu unsur-unsur yang membentuk diri manusia (tubuh manusia), misalnya jantung, jantung, mata, dan sebagainya.

B) Berdasarkan Kedekatan Elemen Dalam Pembentukan Nilai

1) Ungkapan Sebagian

Salah satu elemen dari kesatuan bentuk masih tetap dalam makna leksikalnya.

2) Idiom Lengkap

Elemen-elemen yang membentuk ini adalah satu kesatuan makna. Setiap elemen telah kehilangan makna leksikalnya, sehingga ada rasa seluruh bentuk

C) Berdasarkan Bentuk

1) Berdasarkan Nama yang Tidak Dapat Diekstraksi Dari Makna Leksikal

Ini mengacu pada tanaman dengan bunga yang terlihat seperti kumis kucing. Jadi kumis kucing tidak diartikan sesuai dengan makna leksikal. Makna idiom itu jauh dari makna unsur leksikal yang membentuknya. Ungkapan ini menggunakan unsur leksikal dari nama hewan, tetapi tidak ada hubungannya dengan hewan.

2) Ungkapan

Bentuk yang diatur secara teratur adalah elemen yang merupakan ekspresi dalam menyampaikan suatu tujuan.

3) Metafora

Inilah yang dibahas, dan apa yang digunakan untuk perbandingan. Dua hal yang dibandingkan memiliki sifat yang sama.

Contoh Ungkapan Dalam Kalimat

Berikut ini adalah contoh ungkapan yang terdiri dari:

  • Waspadalah terhadap orang dengan mulut besar.
  • Mata gelapnya mengamuk di kantor.
  • Lebih baik pemutih daripada hidup begitu malu.
  • Ketika saya pergi, Anda masih merah, sekarang Anda bujangan.
  • Mereka makan banyak garam dalam hal ini.
  • Hati-hati dengan dia, dia terkenal karena lengannya yang panjang.
  • Jeng Sri sangat bangga.
  • Karena kata-kata pria ini, Valuyo sangat marah.
  • Ini adalah konsekuensi dari menjadi anak dengan kepala batu.
  • Dia dipilih karena mahar diberikan ke tangan kanan Kepala Sekolah.
  • Sudah lama saya tidak mendengar beritanya, ternyata sekarang ia telah menjadi tangan kanan menteri.
  • Beberapa orang yang merupakan tangan kanan bos narkoba telah ditangkap oleh polisi.
  • Merawat keuangan keluarga, Ibu adalah tangan kanan Bapa.
  • Semua masalah dalam bisnisnya diselesaikan dengan tangan kanannya.
  • Eli adalah karyawan yang disiplin dan tekun, sehingga manajer perusahaan memilih Eli sebagai tangan kanannya.
  • Selama beberapa dekade, Pak Karim telah mengabdikan hidupnya di sebelah kanan majikannya.
  • Meskipun ia bukan karyawan tetap dan tidak memiliki jabatan, ia adalah tangan kanan Pak Gubernur.
  • Ibu Ani terpilih sebagai walikota untuk menjadi tangan kanannya dalam perencanaan kota.
  • Banyak karyawan berusaha mendapatkan kepercayaan sebagai tangan kanan direktur.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Ungkapan. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: