Arti Barakallah Fii Umrik

Posted on

Arti Barakallah Fii Umrik – Kalian penasaran dengan arti dari Barakallah Fii Umrik? kalian pernah diberi ucapan Barakallah Fii Umrik? atau kalian ingin memberi ucapan Barakallah Fii Umrik? tetapi kalian tidak mengetahui artinya.

Ucapan Barakallah Fii Umrik tentunya sering kali kita dengan terutama ketika ada yang ber ulang tahun, atau mungkin kita juga pernah diberikan ucapan selamat seperti ini.

Tentunya kita semua tahu bahwa ulang tahun merupakan penanda umur di perjalanan hidup manusia. Dan pula ucapan ulang tahun dapat membuat kita lebih dekat dengan seseorang yang sedang berulang tahun.

Dan pastinya hari ulang tahun juga merupakan momen spesial di setiap orang, untuk itu sebagai muslim yang baik sebaiknya kita berprilaku ramah misalnya dengan cara mengucapkan ucapan ulang tahun kepada saudara kita sesama muslim, kalian bisa mengucapkan seperti Barakallah Fii Umrik.

Arti Barakallah Fii Umrik

Arti Barakallah Fii Umrik

Barakallah Fii Umrik sendiri memiliki arti yang baik dengan mengucapkan ucapan seperti Barakallah Fii Umrik itu pun tandanya kalian telah mendoakan sesorang yang sedang ulang tahun.

Arti Barakallah Fii Umrik sendiri yaitu :

Semoga keberkahan senantiasa selalu Allah SWT limpahkan atas usiamu

Barakallah Fii Umrik dalam aksara arab yaitu :

بارك الله في عمرك

Ucapan seperti inilah yang sebaiknya diucapkan muslim kepada saudaranya yang bertambah usia.

Ucapan Balasan Barakallah Fii Umrik

Jika kalian diucapkan oleh sesorang lewat ucapan Barakallah Fii Umrik, tentunya kalian penting untuk menjawabnya untuk tidak dianggap sebagai pribadi yang sombong.

Apabila yang memberi ucapan Barakallah Fii Umrik adalah lelaki maka kalian bisa menjawab :

wa fiika barakallah

Sedangkan jika yang mengucapkan nya adalah perempuan kalian bisa membalasnya dengan mengucap :

wa fiiki barakallah

Jawaban tersebut pun bukan jawaban sembarangan melainkan memiliki arti yang sama yakni “semoga Allah juga selalu memberkahimu

Maka dengan begitu kalian akan saling mendoakan.

Perbedaan memberi ucapan ke lelaki dan perempuan yakni hanya berbeda “ka” dan “ki” namun memiliki arti yang sama, ucapan ini sama seperti mengucapkan “syafakillah” kepada perempuan yang sedang sakit, atau “syafakallah” kepada lelaki yang sedang sakit.

Hukum Mengucapkan Ulang Tahun

Hukum dalam mengucapkan ulang tahun terabagi menjadi dua bagian yaitu, dari sisi Agama, dan dari sisi Sosial. Disini kami akan menjelaskan hukum dalam mengucapkan ulang tahun dari sisi sosial dan agama.

Sisi Sosial

Tentunya kita sebagai manuasia pasti akan berbicara atau berinteraksi kapda orang lain, menunjukan keramahan adalah hal penting dalam kehidupan agar tidak di anggap sebagai orang yang sombong, maka dari itu dalam segi sosial mengucapkan ulang tahun baik tidak ada larangan.

Sisi Agama

Adapun hukum mengucapkan ulang tahun dari sisi agama, ada dua pernyataan yang dibagi lagi menjadi dua bagian yaitu sebagai berikut:

  • Pendapat yang memperbolehkan
    • Pendapat yang memperbolehkan yaitu tidak adanya sebua dalil bahwasanya tidak ada contoh dari Rasulullah yang menandakan bukan berarti hal ini terlarang, karena perbuatan ini hukumnya mubah yaitu boleh kecuali ada larangan yang menjelaskannya.
  • Pendapat yang tidak memperbolehkan
    • pendapat ini dari sebuah dalil dimana tidak adanya contoh dari Rasulullah maupun para sahabat mengucapkan ulang tahun.

Hal – Hal Yang Di Larang Saat Merayakan Ulang Tahun

Inilah hal – hal yang di larang saat merayakan ulang tahun, diantaranya ialah:

Meniup Lilin

Islam melarang meniup lilin pada saat ulang tahun yaitu karena teradisi ini lahir dari yunani kuno, dalam sejarah yunani kuno menyelakan lilin merupakan sebuah cara seseorang untuk memberikan hadiah kepada dewi bulan.

Kue yang digunakan untuk ulang tahun pada masa itu harus lah berbentuk bundar agar seperti melambangkan bulan dan lilin yang diletakan.

Sebelum meniup lilin bangsa yunani kuno terlebih dahulu berdoa, mereka menganggap asap pada lilin yang menyala dan melayang keudara sebagai pengahantar doa kepada sang dewi.

Maka dari itu islam melarang umatnya meniup lilin karena itu adalah warisan tradisi dari yunani yang bukan berdasarkan agama islam.

Baju Yang Membuka Aurat

Tentu saja kalian tahu tentang larangan membuka aurat, dalam islam sendiri seluruh tubuh wanita merupakan aurat yang harus ditutup kecuali wajah dan telapak tangan, maka dari itu sebaiknya kalian memakai pakaian yang sopan seperti metutup aurat agar dapat terhindar dari api neraka..

Susunan acara ulang tahun agar mendapatkan keberkahan

Disini kami juga memberikan tips agar acara ulang tahun yang kalian mendapatkan keberkahan,kalian bisa melakukan tips – tips dibawah ini agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Berbagi kepada orang yang kurang mampu

Islam merupakan agama rahmatan lil’alamin, yaitu agama yang selalu menyebarkan rahamat misalnya kasih sayang atau kebaikan kepada seluruh alam, semua perintah – perintah dalam islam merupakan pedoman supaya manusia senantiasa mendapatkan kehidupan terbaik.

Maka dari itu ada baiknya saat bertambahnya usia maka bertambah pula rasa kepedulian kita sesama umat manusia, misalnya kalian dapat berbagi rejeki kepada mereka yang membutuhkan, rejeki tersebut dapat berupa uang, makanan, pakaian atau pun hal – hal baik lainnya.

Mengundang Anak Yatim

Anak yatim merupakan anak yang di tinggal meninggal oleh bapaknya sebelum anak tersebut baligh, batas seseorang menjadi yatim yaitu jika seorang anak itu telah baligh dan dewasa.

Baligh sendiri memiliki istilah dalam islam yang menunjukan bahwa seseorang telah mencapai kedewasaan.

Ada baiknya saat bertambahnya usia jika kalian mampu maka kalian dapat mengundang anak – anak yatim, dengan kalian bersedekah kepada anak – anak yatim maka kalian akan mendapatkan keberkahan yang begitu besar.

Itulah penjelasan – penjelasan tetang Barakallah Fii Umrik semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk kita aamiin, Terima Kasih.

Baca Juga: