Autobiografi Adalah

Posted on

Autobiografi Adalah –  Untuk memahami kisah hidup seseorang, kita biasanya perlu membaca biografinya atau autobiografinya. Kisah hidup dan bagaimana proses ini dialami dari masa kanak-kanak hingga dewasa akan dijelaskan secara rinci di sana.

Tetapi bagaimana sebenarnya biografi berbeda dari autobiografi? Yang paling mendasar adalah penulis. Biografi adalah kisah kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang lain. Sedangkan autobiografi adalah kisah hidup seseorang yang menulis sendiri.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Autobiografi Adalah. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian,Tujuan, karakter dan Contoh.

Pengertian Biografi Dan Autobiografi

Biografi berarti “bio”, yaitu detail tentang kehidupan seseorang, ditulis atau dibuat oleh orang lain. Biografi dapat memberi tahu informasi seperti tempat lahir, pendidikan, pekerjaan, hubungan, dan bahkan kematian.

Biografi ini memberikan perincian tentang kehidupan selama sukses dan selama kegagalan, karena kepribadian seseorang dapat dilihat dalam berbagai kondisi. Biografi biasanya ditulis dalam bentuk buku, tetapi kadang-kadang ada komposisi dalam musik atau film.

Membuat detail kehidupan seseorang, penulis mengumpulkan setiap detail tentang orang ini melalui orang lain.

Baik melalui orang yang berminat, orang tua, anak-anak, istri / suami, teman, pesaing, dan semua orang yang terhubung dalam hidupnya, sehingga kisahnya akan jenuh tidak hanya dari satu sudut pandang, tetapi juga dengan banyak orang.

Meskipun autobiografi adalah deskripsi kehidupan seseorang, ditulis oleh orang itu. Arti kata auto adalah “diri”, jadi autobiografi mencakup semua elemen biografi, tetapi ditulis dan diriwayatkan dengan sendirinya.

Penulis dapat menulis untuk diri mereka sendiri atau membayar penulis lain untuk menulis untuk mereka tanpa dibayar.

Tujuan Dari Autobiografi

Tujuan penulisan autobiografi adalah sebagai berikut:

  • Merperkenalkan diri Anda secara lebih detail kepada orang lain.
  • Memberikan gambaran umum, pelajaran, dan kisah inspirasional tentang seseorang dapat berhasil di bidang yang saat ini sedang digeluti, baik dalam karir, bisnis, politik dan bidang lainnya.
  • Agar seseorang lebih mudah dikenal dan menjadi terkenal.

Karakteristik autobiografi

Karakteristik autobiografi adalah sebagai berikut:

  • Autobiugrafi adalah perjalanan melalui kehidupan yang ditulis oleh karakternya sendiri atau dengan bantuan penulis lain, ditulis sesuai dengan pengalaman atau memori karakter itu sendiri.
  • Sering berisi informasi tentang masa hidup karakter itu sendiri, dari kompleks hingga sukses
  • Autobiografi juga biasanya hanya menampilkan informasi positif. Bahkan biasanya ditulis dalam konteks citra seorang politisi
  • Sering ditulis agar orang tahu lebih baik dan tahu apa yang telah ia lakukan dalam hidupnya, yang memungkinkannya untuk belajar kebijaksanaan dan belajar pelajaran berharga darinya.

Perbedaan Dalam Autobiografi Dan Biografi

Ada perbedaan antara autobiografi dan biografi, yaitu:

  • Autobiografi adalah perjalanan melalui kehidupan yang ditulis oleh tokohnya sendiri atau dengan bantuan penulis lain, yang disusun sesuai dengan pengalaman atau ingatan tokohnya sendiri,
  • Dan biografinya ditulis oleh orang lain.
  • Mengandung informasi tentang masa hidup karakter itu sendiri, dari yang kompleks hingga yang sukses.
  • Sedangkan subjek biografinya adalah tokoh terkenal dengan banyak layanan, karya atau pemikiran yang bermanfaat bagi orang lain.
  • Memberikan informasi yang positif. Bahkan, banyak otobiografi dibuat karena mereka berada dalam konteks citra seorang politisi.
  • Sementara biografi dibuat atas dasar literatur, dokumen penting atau penggalian sumber daya, sebagai saksi dalam menjelaskan peristiwa dan fakta yang terjadi dalam perjalanan kehidupan.
  • Dilakukan untuk menyajikan atau menginformasikan kepada publik tentang apa yang telah mereka lakukan selama hidup mereka, untuk membuat pelajaran yang dipetik, pelajaran berharga yang ada di dalamnya.
  • Padahal biografi seringkali mengandung informasi yang mengandung pelajaran penting, motif dan cerita yang bisa dijadikan panutan bagi orang yang membacanya.
Baca Juga :  Tentang Alam

Contoh Autobiografi

Nama saya Muhammad Arshad, dan biasanya nama saya dipanggil Arshad dengan orang-orang di sekitar saya. Saya sangat suka membaca buku dan bermain basket, dan lahir pada 18 April 1998 di Lampung dari pasangan Ade Saoki dan Wiwit Wahyuni.

Nama saudara perempuan saya adalah Arin, dia sudah menikah dan sekarang tinggal bersama suaminya di kota Banda Aceh. Saya juga memiliki saudara kembar yang bernama Sani dan Seth, yang baru berusia 6 tahun.

Saya pertama kali bersekolah pada tahun 2004-2010 di SD Budi Budi Berlian. Kemudian setelah menyelesaikan pelatihan, saya melanjutkan SMPN 4 Karang Cupung dari 2011-2014.

Kemudian melanjutkan studi lagi di SMAN 1 Bandar Lampung. Di sekolah ini, saya ikut serta dalam kegiatan ekstrakurikuler Pasciber, serta mengorganisir pramuka dan dewan siswa. Saya juga melayani sebagai pemimpin pengintai.

Saya anggota Basket di SMAN 1 Bandar Lampung dan telah memenangkan kejuaraan bola basket beberapa kali di tingkat sekolah atau umum.

Antara lain, Piala Champions 1 tahun 2016. Hardiknas 2016 Basketball Champions Cup II, Juara Sekolah DBL I dan sebagainya.

Dalam beberapa tahun ke depan, saya berharap bisa bergabung dengan tim bola basket nasional Indonesia dan menanggung nama negara yang harum di Asia dan dunia.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Autobiografi Adalah. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: