Contoh Lauk Pauk

Posted on

Contoh Lauk Pauk – Adalah salah satu jenis makanan pendamping makanan pokok. lauk merupakan salah satu anggota dari kelompok empat sehat lima sempurna yang begitu melegenda.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Lauk Pauk. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Manfaat dan Contoh.

Pengertian Contoh Lauk Pauk

Lauk pauk adalah salah satu jenis makanan pendamping makanan pokok. lauk merupakan salah satu anggota dari kelompok empat sehat lima sempurna yang begitu melegenda.

Lauk pauk dapat membuat aktivitas makan makanan berat menjadi lebih menyenangkan karena rasanya yang cukup mendominasi.

Kadang kala lauk digunakan untuk menyembunyikan rasa dari makanan pokok dan sayurnya yang kurang begitu pas dengan selera orang yang memakannya.

Makan makanan pokok seperti nasi dengan lauk pauk adalah sesuatu hal yang hampir selalu dilakukan oleh kebanyakan orang indonesia.

Makan nasi tanpa lauk pauk akan membuat kegiatan makan menjadi kurang lengkap seperti merasa ada yang kurang. orang-orang yang memiliki banyak uang biasanya makan lauk pauk seperti daging-dagingan, ayam-ayaman, kepiting, dan lauk lainnya yang lumayan mahal.

Sedangkan orang yang berpenghasilan pas-pasan biasanya makan lauk pauk contoh seperti taahu, tempe, oncom, ikan murah, gorengan murah, dan lain sebagainya. kondisi ekonomi keluarga bisa mempengaruhi jenis lauk pauk yang menjadi teman santap makanan beratnya.

Daftar Nama lauk Pauk

  • Ayam
  • Daging
  • Ikan
  • Tempe
  • Tahu
  • Oncom
  • Telur
  • Kepiting
  • Udang
  • Kerang
  • Burung
  • Bihun
  • Mie
  • Kentang
  • Cumi-cumi
  • Bakso
  • Sosis
  • Bebek

Dan ada banyak lagi lauk-pauk lainnya. dalam memilih lauk pauk harus menyesuaikan dengan kondisi tubuh kita dan juga kondisi selera kita. jangan pilih lauk sembarangan karena bisa-bisa malah dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti darah tinggi, kolestrol, asam urat, gatal-gatal alergi, dan lain sebagainya.

Manfaat Kandungan Lauk Pauk

Makanan lauk pauk banyak memiliki banyak bentuk nutrisi dan protein yang baik, contohnya yaitu:

Hasil olah suatu kacang kedelai, tahuu merupakan makanan andalan untuk perbaikan gizi karena mempunyai suatu protein terbaik dikarenakan memiliki komposi asam aminno lengkap serta dipercayai memiliki daya cernaan yang begitu tinggi (senilai 85% -99%).

Gizi di tahu, terkadang masih kurang dibandingkan oleh lauk hewani, misalkan daging, telur serta ikan. Terkadang dengan membelinnya yang sangat murah, suatu masyarakat di cenderungkan lebih dapat memilih serta mengkonsumsi sebuah lauk ini merupakan suatu bahan lauk yang mengganti protein hewani untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Lauk ini terdapat bayak sekali berbagai kandngan suatu gizi, misalkan protein, karbohidrat, lemak, kalori serta mineral, vitamin B kompleks seperti thiamin, riboflavin, vitamin E, vitamin B12, kalium dan kalsium (yang bermanfaat mendukung terbentuknya kerangka tulang).

Dan yang sangat penting, untuk kandungannya sekitar 70% asam serta lemak tak pula lebih banyak lagi kadungan kolesterol, hingga benar-benar aman bagi pada kesehatan hati dan jantung. Bahkan terkandung gizi hidrat dan kalorinya rendah, lauk ini juga merupakan suatu menu diet yang akan rendah kalori.

Tempe Kedelai Murni adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tempe Kedelai Murni mengandung energi sebesar 149 kilokalori, protein 18,3 gram, karbohidrat 12,7 gram, lemak 4 gram, kalsium 129 miligram, fosfor 154 miligram, dan zat besi 10 miligram.

Selain itu di dalam Tempe Kedelai Murni juga terkandung vitamin A sebanyak 50 IU, vitamin B1 0,17 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Tempe Kedelai Murni, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Baca Juga :  Cerita Rakya Indonesia Singkat

Contoh Lauk Pauk

Selain terkenal karena budayanya, masakan khas Indonesia juga sangat khas. Produk yang selalu dilengkapi dengan rempah-rempah alami membuat masakan Indonesia sangat lezat dan memiliki rasa yang unik.

Selain masakan Indonesia, ada juga lauk yang khas untuk teman-teman nasi. Orang Indonesia memiliki kreasi unik yang melengkapi teman nasi mereka. Indonesia juga memiliki karakteristik sendiri, hingga lauknya bisa menjadi favoritnya. Jadi, inilah 15 lauk paling populer dari Indonesia:

Opor Ayam

Ayam selalu menjadi lauk favorit, tetapi di Indonesia, ayam tidak hanya digoreng atau dilapisi tepung.

Tapi dari situ Anda bisa membuat ayam dengan saus kuning dengan tambahan santan dengan rasa lidah, belum lagi campuran bumbu lain yang membuat rasa campuran ayam sangat parsial.

Ada juga beberapa hidangan telur ayam ini yang dicampur dengan kentang, serta telur untuk ditambahkan ke lauk pauk. Ayam Unggas telah menjadi lauk favorit Indonesia.

Siapa yang tidak kenal panas? Makanan khas Yogyakarta ini akrab dalam bahasa orang Indonesia. Makanan Jogja juga sangat populer karena manis dan legalitasnya.

Gudeg

Gudeg adalah salah satu lauk favorit. Hidangan ini terbuat dari nangka muda yang dibuat dengan santan dan gula merah, sekarang gula merah membuat rasa hangat terasa manis. Gudeg telah menjadi lauk yang sangat cocok untuk nasi yang baru dimasak.

Mendoan Tempe

Mendoan Tempe adalah makanan goreng khas Indonesia yang sangat akrab bagi orang Indonesia. Tempo Mendoan juga sangat mudah ditemukan di semua tempat di Indonesia.

Tempe Mendoan juga sangat cocok untuk lauk makanan, dan juga ditambahkan dengan warna kehijauan untuk menambah rasa pedas untuk membuat Anda lebih bersemangat saat makan.

Tempe sendiri memberikan sensasi rasa yang berbeda karena Tempe sendiri merupakan hasil fermentasi kedelai. Tempe adalah lauk Indonesia yang sangat populer.

Rendang

Rendang adalah makanan khas Padang. Rendang rasanya sangat enak karena dicampur dengan rempah-rempah. Rendang bukan hanya daging sapi rebus biasa.

Namun, rendang adalah makanan yang sangat lezat yang dapat digunakan sebagai lauk, karena rasa santan dan rempah-rempah pasti akan membuat Anda terbiasa dengan makanan tersebut.

Biasanya, ketika orang-orang di Padang membuat randang, itu akan memberi mereka rasa khusus dan sensasi yang berbeda ketika Anda memakannya. Lauk ini memiliki rasa yang berbeda.

Sate

Sate adalah makanan Indonesia paling populer dan salah satu lauk spesial Indonesia. Sate Ada beberapa daerah yang melayani sate dengan bumbu yang berbeda.

Sate adalah makanan yang akrab bagi kita semua, bahkan di negara asing di mana mereka suka memasak sate khas Indonesia. Sate ini memiliki beberapa jenis daging, ada sapi, kambing, kelinci untuk kuda dan banyak kreasi lainnya.

Sate sangat mirip dengan saus kacang, yang sangat cocok, sate juga sangat cocok sebagai lauk untuk nasi atau kue beras / belah ketupat.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Lauk Pauk. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: