Contoh Sifat Dendam

Posted on

Contoh Sifat Dendam – Adalah salah satu perbuatan dan tindakan yang akan menyesatkan, karena ini adalah tindakan yang dibenci Allah dan akan berteman dengan iblis, dan akan melukai dirinya sendiri tanpa memikirkan orang lain, sehingga tindakan ini akan menyebabkan kesalahan.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Sifat Dendam. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Ciri-Ciri dan Contoh.

Pengertian Sifat Dendam

Balas dendam adalah tindakan yang sangat dibenci oleh Allah, sebab itu merupakan suatu tindakan yang mengandung kemarahan atau kebencian dengan hasrat yang tak terkendali, jadi balas dendam ialah salah satu perbuatan dari Setan dan termasuk hal yang paling tercela.

Dengan demikian, Memahami Dendam dapat menimbulkan bahaya yang juga dapat mengancam kita serta orang lain, dan Nabi pun memberi kita contoh untuk menghindari bersikap kasar terhadap umat islam serta sesama manusia yang membenci mereka.

Utusan Allah selalu menunjukkan suatu bentuk perilaku yang baik, serta ingin membantu musuh-musuhnya serta menyampaikan perkataan yang bisa membuka pintu hatinya agar bisa berserah diri dan selalu bersih, sehingga mereka secara sukarela menyerah kepada Islam.

Mengapa sangat penting untuk menghindari perilaku dendam, di karenakan dalam ajaran Islam, menghindari dendam, merupakan perintah-perintah Nabi atau utusan sang Maha Memelihara sudah dipenuhi, dan mereka dapat memberikan contoh perilaku memaafkan atau welas asih.

Ciri Ciri Sifat Dendam

Dari beberapa pembahasan yang telah kita bahas diatas maka bentuk suatu perilaku pendendam dapat diterangkan dengan ciri pelaku yang tertentu.

Berikut merupakan ciri ciri sifat dendam diantaranya adalah:

  1. Tidak Akan Pernah Merasa Tenang
    Balas dendam tidak bisa mengendalikan diri sama sekali, jadi dia cenderung marah dan menyalahkan orang lain, terutama ketika dia melihat orang-orang yang dia benci ketika dia membuat kesalahan.
  2. Frustrasi Serta Ragu Akan Kritik
    Balas dendam tidak siap jika dikritik oleh orang lain, karena mereka merasa bahwa semua yang dia lakukan adalah benar dan tidak ingin mengkritiknya, sebagai suatu peraturan, menyamakan sama dengan absurditas yang mencegah mereka sendiri.
  3. Sangat Kejam
    Orang yang pendendam biasanya senang ketika mereka berhasil dan melihat bahwa orang lain gagal dan siput begitu kejam sehingga mereka akan dipaksa untuk mengalahkan mereka dengan berbagai cara.
  4. Cintai Akan Kehidupan Yang Mewah (Berlebih Lebihan)
    Dendam biasanya suka membuat rencana untuk menghancurkan orang yang dibenci dan tidak perlu khawatir apakah hidupnya yang sibuk telah menghabiskan waktu dan kehilangan hartanya.
  5. Suka Akan Perbuatan Yang Melampaui Batas
    Pedendam sebagai bentuk sikap yang melampaui batasan, melepaskan amarah, tidak memiliki belas kasihan serta kesabaran, bahkan dalam hal-hal yang kecilpun.
Baca Juga :  Pengertian Mengukir

Cara Agar Dapat Menghindari Sifat Dendam

  • Selalu ingat kepada Allah serta menyadari akan pembalasannya atau hukumannya
  • Menyadari bahwasannya sifat ini merupakan suatu sifat yang sangat berbahaya serta tak bermanfaat
  • Mampu memaafkan kesalahan pada tiap makluk-makluk Nya
  • Saling menghormati sesama manusia

Contoh Sifat Dendam

1.Perasaan sulit tenang karena ingin orang lain merasakan sakit seperti yang dirasakan

Salah satu tanda orang yang pendendam adalah sulit untuk merasa tenang sebelum orang lain tahu rasa sakit yang dirasakan. Anda akan selalu berpikir tentang rasa sakit yang Anda alami dan ingin orang lain merasakannya. Perasaan yang tidak menenangkan dan menyebalkan, yang biasanya membuat Anda semakin marah dengan orang lain.

2. Metode licik tidak ingin melakukan balas dendam

Ketika hanya ada kata “balas dendam” di kepala Anda, Anda biasanya menggunakan segala cara untuk membalas dendam pada orang-orang yang telah menyakiti.

Bahkan jika Anda harus menggunakan metode yang rumit dan kotor, Anda akan senang melakukannya juga. Anda juga melakukannya secara sadar, karena yang Anda inginkan adalah balas dendam.

3. Sekalipun orang yang terluka meminta maaf, tetapi masih tidak bisa merasakan kedamaian di hati

Ketika orang yang menyakiti kita meminta maaf dan mengakui bahwa tindakannya salah, kita harus memaafkan anak remajanya. Namun, jika Anda masih tidak bisa memaafkannya, dan hati masih tidak merasa tenang dan masih ingin melihat bagaimana itu menderita, maka ini bisa disebut jika Anda adalah orang yang pendendam.

Mengampuni seseorang dan berusaha dengan tulus menerima permintaan maafnya tidak mudah. Tapi berbekal niat tulus, Anda tentu saja bisa memaafkan semua kesalahannya.

Contoh Perilaku Dendam Dapat Dijelaskan Dalam Kasus-Kasus Berikut.

Begitu sepeda yang kita tumpangi ditabrak oleh sepeda motor oleh siswa lain. Jika kita dapat memaafkannya ketika dia meminta maaf, itu berarti telah membunuh benih balas dendam. Sebaliknya, jika tidak ingin memaafkannya, maka kita telah menaburkan benih pembalasan.

Jika kita membiarkan benih-benih balas dendam mekar di hati kita, perdebatan panjang akan terjadi. kita bisa mengumpulkan teman-teman untuk mengalahkannya. Anak yang telah di pukuli mungkin tidak diterima dan berencana membayar untuk perawatan. Dia mengumpulkan teman-teman sekolahnya dan kemudian menyerbu sekolahmu.

Jika kita ingin berpikir jernih, kita semua sepakat bahwa dendam pada umumnya tidak ada artinya. Balas dendam menyebabkan bahaya yang dapat mengancam diri sendiri dan orang lain.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Sifat Dendam. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: