Contoh Deduktif Induktif Bahasa Jawa

Posted on

Contoh Deduktif Induktif Bahasa Jawa – Paragraf adalah pengaturan beberapa kalimat yang mengandung ide. Dimana biasanya penempatan ide dalam satu paragraf dibagi menjadi tiga, yaitu paragraf deduktif, induktif dan campuran.

Materi tentang kalimat dan campuran deduktif dan induktif cukup sering pergi ke pertanyaan-pertanyaan bahasa Indonesia, jadi penting bahwa kita tahu contoh paragraf deduktif dan induktif sehingga kita dapat dengan mudah menjawab pertanyaan yang diajukan.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Deduktif Induktif Bahasa Jawa. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Karakteristik Dan Contohnya.

Pengertian Deduktif Induktif Bahasa Jawa

Paragraf Deduktif

Adalah paragraf yang kalimat utamanya ada di awal paragraf. Hal ini bisa dimulai mengenai pernyataan, dan kemudian bisa dilengkapi oleh berapa penjelasan khususnya dalam hal bentuk contoh, perincian khusus, bukti, dan sebagainya.

Karena paragraf deduktif dikembangkan dari pernyataan umum, paragraf deduktif dari templat kalimat ini umum untuk konkret.

Karakteristik Kalimat Deduktif

  • Kalimat utama di awal paragraf.
  • Kalimat terdiri dari pernyataan umum, diikuti oleh penjelasan, seperti contoh, detail, dan lain-lain.

Contoh Paragraf Pendek Deduktif
Kecelakaan karena kantuk masih sering terjadi. Perhatikan bahwa selama 2018, 12 orang tewas dalam kecelakaan mobil, terutama di jalan tol. Mengemudi dalam kondisi mengantuk dapat menyebabkan serangkaian kecelakaan yang dapat membahayakan banyak orang. Insiden kecelakaan karotis ini dapat terjadi kapan saja di siang atau malam hari.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pendidikan
Saat ini, kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan secara online tanpa perlu komunikasi pribadi. Di era teknologi, yang sangat kompleks, seperti sekarang, ada banyak situs internet yang menawarkan layanan pembelajaran online, baik berbayar maupun gratis.

Ini adalah situs internet seperti Quipper Video. Sistem pembelajaran di mana saja dan kapan saja adalah salah satu manfaat dari pembelajaran online. Anda juga dapat memilih mata pelajaran apa pun, tergantung pada apa yang ingin Anda pelajari saat ini, dari fisika ke bahasa Indonesia.

Contoh Paragraf Deduktif Sebab Dan Akibat
Penyalahgunaan narkoba dapat memiliki efek negatif pada mereka yang menggunakannya. Salah satu konsekuensi dari penyalahgunaan narkoba adalah penyakit mental.

Paragraf Induktif

Merupakan bentuk kalimat yang terletak di akhir paragraf. Paragraf ini dimulai dengan kalimat dalam bentuk penjelasan, seperti fakta, contoh, perincian khusus dan bukti, yang kemudian digeneralisasikan atau dirangkum dalam satu kalimat di akhir paragraf. Paragraf induktif ini berkembang dari pola khusus ke pola umum.

Karakteristik Induktif Kaliamat

  • Kalimat awal berupa penjelasan khusus
  • Pada akhir kalimat merupakan kalimat kesimpulan atas rentetan penjelasan pada kalimat pertama, kedua dan seterusnya
  • Kesimpulan merupakan kalimat utama yang terdapat di akhir Paragraf.
  • Kalimat penjelas yang ada sebelum kalimat utama (kalimat penjelas berada di awal) berupa fakta, rincian khusus, contoh atau bukti- bukti yang mendukung pernyataan di akhir kalimat.

Contoh Paragraf Pendek Induktif
Pada akhir ujian semester, nilai semua siswa dievaluasi. Ternyata, ada beberapa nilai siswa yang melebihi standar kelulusan, yaitu 13 siswa.

Dengan mempertimbangkan bahwa 9 siswa menerima tanda kelulusan standar, dan tidak ada siswa yang mendapat nilai di bawah rata-rata. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kegiatan pendidikan di sekolah itu berhasil.

Contoh Paragraf Lingkungan Induktif
Sudah menjadi kebiasaan bahkan tradisi lama bagi warga Jakarta untuk secara acak membuang sampah ke sungai. Faktanya, kebiasaan buruk ini dirasakan hampir setiap tahun.

Sampah ini dapat menghalangi aliran sungai dan akhirnya menyebabkan banjir. Tidak mengherankan, banjir yang terjadi di Jakarta sering disebabkan oleh tumpukan sampah yang menghambat aliran sungai.

Baca Juga :  Fungsi Anak

Paragraf Pengantar Pendidikan
Pelatihan tentang sistem SKS, yang dikenal sebagai sistem kebut semalam, tidak patut dicontoh. Apalagi jika hari berikutnya adalah hari ujian. Hasil yang bisa Anda rasakan adalah rasa kantuk saat mengerjakan tes. Jadi bersiap-siaplah dan mulai belajar jauh sebelum ujian.

Contoh Paragraf Kesehatan Induktif
Apa pun, jika melakukan dengan berlebi lebihan, bukanlah hal yang baik. Ini sama dengan makannya.

Terlalu banyak makanan juga dapat menyebabkan berbagai penyakit. Misalnya, obesitas, serangan jantung, stroke atau penyakit lain seperti kolesterol dan gula. Untuk melakukan ini, makanlah kalian sesuai apa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan jangka panjang.

Pengguna dapat merasakan suatu kondisi pada mental dan membuatnya seperti seorang yang stres. Narkoba juga menyebabkan perilaku pengguna aneh yang dapat membahayakan orang lain, bahkan diri Anda sendiri.

Contoh Paragraf Deduktif Dan Induktif Bahasa Jawa

Contoh Dedukatif

Tuladha 1
Kecelakaan macem-macem jenis prabot utami sistem persenjataan gadhah TNI taksih asring kedadosan. sapanjang taun 2010 kamawon, kecatet sampun 76 anggota TNI tewas lebet macem-macem kecelakaan.

Korban jiwa mboten namung dhawah saking pihak TNI, nanging rakyat sipil pun kadang ugi ndherek dados korban. Kondisi maketen dipunkuwatosaken badhe tambah ndhawahaken moral prajurit TNI.

Tuladha 2
Wauenjang sekitar gebag 06.30 WIB setunggal jenis pesawat berjenis Hercules dhawah ing Purwodadi, Madiun, Jawi wetan. Pesawat kesebat dhawah ing area sabinan uga dereng enten data resmi ngengingi pesawat kesebat. nanging diduga pesawat kesebat yaiku gadhah TNI Angkatan Udara.

Tuladha 3
Demam rahan dengue taksih dados ancaman ing sedaya sigaran donya. Asia ngenggeni urutan setunggal lebet wilangan korban saben taun. Hal niki bokmenawi dipengaruhi dening curah jawah ingkang inggil sanget paling utami ing daerah Asia wetan uga Asia kidul.

Wilangan pangrekaosipun saben taun salajeng ngalami indhak-indhakan uga 95% pangrekaosipun yaiku anak-anak ing ngandhap 15 taun.

Contoh Indukatf

Tuladha 1
Saking kelok setunggal ngantos kelok datheng-44, kami taksih menikmati panorama ingkang taksih kenyo. ngantos ing tepi tlagi Maninjau keningal hamparan toya ingkang kepang bukit-bukit ingkang menjulang.

Katingal saking ketebihan nelayan kaliyan sampan tradisional madosi ulam ing madya tlagi. senaosa saraos ing tepi pantai, angin sejuk salajeng menapa kaliyan lembat. saestu molek alam Minangkabau ingkang dereng terjamah tangan-tangan jahil niki.

Tuladha 2
ing wanci anak wucal mlebeti pamucalan formal, pamucalan basa Indonesia sacara metodologis uga sistematis sanesa ngrupikaken pambengan kunjukipun konjuk miyaraken uga mantepaken basa daerah.

Saksampune anak wucal mengker kelas, piyambakipun wangsul ngginakaken basa daerah kaliyan kanca-kancanipun utawi tiyang sepuhipun.

Piyambakipun rumaos langkung intim kaliyan basa daerah. jam sekolah namung nglajeng salebetipun beberapa jam. sae wanci ngaso utawia dipunantawis jam-jam piwulang, unsur-unsur basa daerah tetap dipunginakaken.

Dipunimbet menawi sekolah punika bersifat homogen uga gurunipun panyanjang sejatos basa daeah punika. Faktor-faktor niki ingkang murugaken pangasumerepan pun anak majeng basa daerahnya badhe tetap majeng.

Tuladha 3
Benter utawi demam ingkang inggil salebetipun beberapa dinten saged dicurigai dados demam rahan. Seseorang ingkang rekaos demam rahan ugi ngalami pangrahan saking lubang irung utawi mimisan. kajawi punika, muncul bintik-bintik abrit ing tubuh.

Sedaya gejala kesebat badhenipun dipunmirengaken dadosipun menawi kedadosan gejala-gejala kesebat, pangrekaos sanguh dipuntulung uga dipuntangani dokter.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Deduktif Induktif Bahasa Jawa. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: