Contoh Paragraf Deskripsi Singkat

Posted on

Contoh Paragraf Deskripsi Singkat – Paragraf deskripsi dapat digambarkan sebagai upaya untuk memproses kata-kata menjadi paragraf yang diungkapkan dengan jelas dan tepat sehingga mereka dapat dipahami oleh pembaca yang tidak mengalaminya secara langsung.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Contoh Paragraf Deskripsi Singkat. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian dan Contoh.

Pengertian

Paragraf deskripsi umumnya digunakan dalam novel atau cerita pendek sehingga pembaca tampaknya terhanyut oleh suasana yang digambarkan.

Contoh Paragraf Deskripsi Singkat

Deskripsi Paragraph adalah jenis teks yang terdiri dari beberapa paragraf yang menggambarkan suatu peristiwa, suatu objek, lokasi dan lain-lain secara detail. Untuk deskripsi, teks dibagi menjadi tiga jenis, yaitu deskripsi subyektif, spasial dan objektif.

Contoh Paragraf Deskripsi Singkat

Di bawah ini saya akan memberikan contoh bagian deskripsi singkat di bawah ini:

Contoh 1

Dendeng Balado adalah salah satu makanan khas Sumatera Barat. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang diiris tipis dan diperlebar dan kemudian dijemur di bawah terik matahari. Ini dilakukan untuk membuat dagingnya kering.

Setelah daging dikeringkan di bawah sinar matahari, dipanggang hingga kering dan dimasak kemudian dibumbui dengan bumbu balado dari cabai dan rempah-rempah lainnya. Bumbu balado membuat warna kemerahan menjadi kemerahan. Tekstur kering Dagig dan rasa pedas dari rempah-rempah Balado dapat dirasakan di lidah ketika brengsek Balado dimakan.

Contoh 2

Ketika saya disajikan kue Pandan buatan sendiri, aroma Pandanus segera mencium indera penciuman saya. Ketika saya mencobanya, tekstur lembut dan manis langsung menyerbu mulut saya. Sungguh, dia sangat pandai membuat kue ini!

Contoh 3

Buah ceri adalah buah yang menyandang nama ilmiah Muntingia calabura. Buah ini kecil dan hijau saat tumbuh. Saat matang, warna buah ini berubah menjadi kuning dan perlahan berubah merah saat matang. Diameter buah berkisar antara 1-1,5 cm. Tekstur buahnya sangat lembut dan menyerupai biji-bijian, yang memiliki bentuk sangat kecil dan rasanya yang manis.

Contoh 4

Kamar saya memiliki ukuran 2,5 m² x 3,5 m² dengan warna hijau Tosca sebagai latar belakang. Kamar ini dipenuhi dengan beberapa perabot kamar seperti kasur, meja belajar, dan lemari. Benda-benda lain juga berkerumun di ruangan tempat aku menjadi tider, seperti gitar, binatu, komputer, dan rak-rak dengan buku dan CD.

Contoh 5

Selama saya mengenalnya, dia adalah orang yang ramah dan menyenangkan. Dia juga selalu tahu bahwa saya sedang berduka atau dalam kesulitan tanpa memberi tahu saya. Tanpa ragu, dia sering membantu saya melewati masa-masa sulit yang saya alami. Sayangnya ia memiliki sifat tertutup dan terlalu langsung berbicara.

Baca Juga :  Contoh Deskripsi Tentang Alam

Itu membuat jumlah teman sedikit dibandingkan dengan yang lain. Bahkan, jika orang ingin memahami dan menerima sifat mereka, mereka pasti akan menerima perlakuan yang baik, seperti yang saya rasakan.

Contoh 6

Sungai Ciliwung adalah sungai yang mengalir di seluruh Jakarta. Sayangnya, Sungai Ciliwung sekarang menjadi tempat pembuangan sampah yang menciptakan bau yang sangat tidak enak. Ini adalah prospek yang sangat menyedihkan dan tidak bersih.

Contoh 7

Selvi memakai rok panjang berwarna hitam. Warna yang cocok dengan warna blus panjang. Rok dan blusnya membuatnya terlihat lebih elegan. Berjalan sangat anggun dan memikat setiap orang yang melihatnya.

Contoh 8

Pantai Sari Ruding memiliki sistem kecantikan alami yang menarik, terutama bagi wisatawan yang mencari suasana yang nyaman dan tenang jauh dari kebisingan kota, pohon-pohon rindang dan laut yang luas. Bagi penyelam, Pantai Sari Ruding juga menawarkan ikan laut yang indah. Pantai ini harus dipertahankan sebagai tujuan wisata alternatif dan dikelola dengan baik.

Contoh 9

Lapisan ozon menipis. Hutan tropis juga gugur. Gurun menjadi lebih kering dan lebih luas. Akibatnya, suhu bumi telah meningkat, cuacanya tidak pasti dan bencana alam meningkat. Kesimpulannya adalah bahwa Bumi menjadi semakin kritis. Siapa yang harus bertanggung jawab, pasti manusia.

Contoh 10

Bunga melati berwarna putih, bentuk mahkota agak oval dan kecil. Mahkota bunga melati sangat lembut dan halus serta wangi. Untuk seseorang yang mencium perasaan ingin menciumnya lagi. Ada tujuh mahkota bunga melati dan aransemen berlapis, datar dan tersemat yang saling berhadapan, yang membuat bunga ini sangat indah.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Paragraf Deskripsi Singkat. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: