Contoh Teks Deskripsi Guru

Posted on

Contoh Teks Deskripsi Guru – Kita telah banyak mempelajari berbagai jenis teks dalam pelajaran bahasa Indonesia, Salah satunya merupakan teks deskripsi, adalah bentuk suatu paragraf, atau sebuah ide-ide utama yang ditransmisikan melalui deskripsi yang jelas tentang objek, tempat atau peristiwa kepada orang lain.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan konsep pembelajaran dengan judul Contoh Teks Deskripsi Guru. Dimana konsep pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Jenis, Struktur dan Contohnya.

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah paragraf dalam mana ide utama disampaikan melalui deskripsi yang jelas tentang objek, tempat atau peristiwa, yang merupakan topik bagi pembaca. Dengan demikian, pembaca tampaknya merasakan secara langsung apa yang ungkapannya ada dalam teks.

Pernyataan atas menunjukkan bahwa teks deskripsi adalah kaliamat atau kata yang menjelaskan objek yang terkait dengan dan terdengar.

P. Parera (1987) menegaskan bahwa deskripsi adalah bentuk tulisan yang hidup dan berpengaruh. Esai ini kaitkan dengan pengalaman indrawi seperti penglihatan, pendengaran, sentuhan, penciuman dan perasaan.

Sujanto, R (1998) menjelaskan bahwa deskripsi adalah deskripsi persepsi yang diterima oleh indera. Kita melihat, mendengar, mencium, dan merasakan dengan bantuan perasaan dan perasaan manusia bahwa orang lain dapat hidup.

Jenis Teks Deskripsi

Teks deskripsi itu dapat terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Paragraf Deskripsi Tata Ruang: Paragraf yang isinya berupa ruangan atau tempat. Paragraf ini dengan sangat jelas menggambarkan ruang atau tempat pembaca.
  • Lensa Paragraf: paragraf ini menggambarkan objek sesuai dengan kenyataan tanpa pendapat atau kesan personal penulis.
  • Subyektif: paragraf ini menjelaskan objek berdasarkan apa yang dirasakan oleh penulis. Dengan kata lain, penulis mengungkapkan pendapat tentang keadaan objek atau objek.

Struktur Teks Deskripsi

3 struktur yang membentuk teks deskripsi, sehingga menjadi satu. 3 struktur:

  • Identifikasi: penentu kepribadian, objek, dll.
  • Klasifikasi: Koleksi tersusun dalam kelompok sesuai dengan aturan atau standar yang ditetapkan.
  • Deskripsi bagian: bagian teks yang berisi deskripsi bagian-bagian dalam teks.

Karakteristik Teks Deksripsi

Karakteristik teks ini sangat jelas, sehingga akan sangat mudah untuk membedakan teks ini dari teks lain. Berikut spesifikasinya:

  • Isinya menggambarkan objek, tempat, makhluk hidup, atau susuana tertentu.
  • Indikasi yang tercipta menggunakan panca indera yang digunakan meliputi penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa, atau sentuhan.
  • Tujuan membaca deskripsi paragraf adalah seolah-olah orang yang membaca atau mengatakan, merasakan dan melihat objek itu.

Kaidah Bahasaan Teks Deskripsi

Berikut ini adalah Kaidah untuk teks deskripsi:

  • Gunakan kata benda sesuai dengan topik yang jelas. Seperti: sekolah, rumah, guru saya, teman saya, dll.
  • Gunakan frasa yang mengandung kata benda. Misalnya, ia adalah kepala sekolah yang sederhana, dll.
  • Berisi kata sifat yang deskriptif. Seperti: satu siswa yang rajin, dua kaus kaki putih.
  • Berisi kata kerja transitif untuk memberikan informasi tentang subjek. Bagaimana: seorang siswa mengenakan seragam biru dan putih.
  • Ini berisi kata kerja (perasaan, pendapat) untuk mengekspresikan pandangan sesorang penulis tentang subjek. Seperti: Saya pikir ini kucing yang pintar, saya yakin bukunya murah.
  • Berisi kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan tentang objek. Seperti: cepat, rumah, ruang makan.
  • Berisi bahasa kiasan dalam bentuk perumpamaan atau metafora. Seperti: kulit lembut, seperti benang sutera.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Guru

Guru Merupakan seseorang yang mengajar, memberi bimbingan, mengadakan pengajaran, mengadakan pembeljaran menambahkan pelatihan fisik serta tak fisik, memberikan nilaian, serta melakukan evaluasi berkala berkaitan dengan satu ilmu atau lebih kepada seluruh peserta didiknya.

Selain itu, Guru adalah tenaga pendidik profesional dalam bidang yang mempunyai suatu tugas paling utama dalam mengajar, ngebimbing, menentukan nilai, serta menyiapkan sebuah evaluasi kepada peserta yang lagi nempuh suatu pengajaran sejak dalam usia muda melalui sebuah jalan formal pemerintah berupa SD hingga sampai SMA.

Baca Juga :  Contoh Karangan Deskripsi

Berikut Akan Coba Kami Terangkan Contoh Mengenai Teks Deksripsi Tentang Guru:

Seseorang yang memainkan peran yang sangat penting dalam dunia pengajaran adalah seorang guru, ini karena guru memiliki tugas dan peran yang sangat mulia. Selain bekerja sebagai guru, seorang guru juga dituntut untuk membimbing serta mengajar siswa di sekolah.

Anda juga dapat mengatakan bahwa guru itu adalah orang tua dari anak itu, jika dia ada di sekolah.

Jika Anda seorang guru, maka tugasnya adalah menjadi seorang pengajar, bukan seorang mentor. Sebagai seorang pengajar, dan juga harus memiliki beberapa kompetensi yang menegaskan bahwa Anda adalah seorang guru profesional. Kompetensi ini adalah kompetensi pedagogis, pribadi, profesional dan sosial.

Keempat kompetensi itu wajib dan harus dimiliki dan dilaksanakan oleh guru, karena ini dapat mempengaruhi keberhasilan pengajaran di kelas.

Pak Husni merupakan seorang guru yang begitu sangat di takuti oleh muridnya. Ia begitu terlihat gagah dan tegas. Tingginya yang besar dikira-kira hampir mencapai 2 meter dan itu membuat dia seperti menjadi seorang tentara.

Pak Husni merupakan seseorang yang sangatlah disiplin. Dia sering memarahi murid-muridnya yang telah menyalahi sepuah aturan sekolah seperti telat, berkelahi, rambut panjang serta membolos. Meskipun begitu beliau tetaplah seorng guru begitu bertanggung jawab. Dia selalu mengajar dengan giat dan ikhlas.

Contoh Teks Guru Yang Disukai

Sebagai contoh pribadi yang akan selalu digugu serta ditiru, sebuah tidaklah berlebihan bila siswa selalu mengharapkan figure guru yang senantiasa memperhatikan kepentingan mereka.

Figure dari guru yang dapat selalu memperhatikan suatu kepentingan siswa biasanya mendapatkan perhatian lebih dari siswa, siswa yang senang dengan sikap dan perilaku baik, diperlihatkan oleh seorang pengajaru dalam pembelajaran, sikap serta peribadian guru yang disenangi dalam pembelajaran antara lain:

  • Periang serta gembira, mempunyai rasa humor(humoris).
  • Menaruh sebuah perhatian dan paham akan kondisi siswa.
  • Suka menerangkan pelajaran dengan terperinci dan jelas serta mendalam serta menggunakan contoh yang baik dalam mengajar.
  • Berusaha supaya pekerjaan yang telah diberikan kepada siswa menarik, dan dapat membangkitkan suatu bentuk motivasi belajar siswa.
  • Tegas, menguasai kelas dan dapat menciptakan suatu rasa hormat kepada siswanya.

Contoh Teks Guru Yang Tak Disukai

Guru yang tidak disenangi oleh siswa itu disebabkan budi pekerti guru dalam pandangan siswa tidak baik,atau karena guru dalam pembelajaran di kelas sangat membosankan siswa sehingga tidak ada daya tarik baginya.

Siswa acuh tak acuh terhadap pelajaran yang disampaikan oleh guru tersebut, dari waktu ke waktu guru juga tidak terlepas dari pengamatan siswa.

Paling sedikit 1 tahun, pendidik dan siswa harus hidup bersama-sama dalam rentangan waktu bukan tak mungkin semua sikap dan perilaku guru terlepas dari pengamatan siswa.

Setiap siswa mempunyai pandangan tersendiri terhadap guru-guru yang akan mengajar dan mendidiknya.sikap atau sifat guru yang tidak disenangi oleh siswa dalam pembelajaran sebagai berikut:

  • Sering marah, dan jarang tersenyum, suka menghina,dan merendahkan.
  • Tak toleransi, kasar, keras dan kaku, menyusahkan kegiatan siswa dalam kelas.
  • Pengajar tidak adil, memiliki siswa kesayangan, dan membenci siswa tak disukai.
  • Tidak adil dalam memberi nilai dalam ulangan atau ujian.
  • Tidak merasakan perasaan siswa, membentak siswa di depan siswa lain.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Teks Deskripsi Guru. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: