Pengertian Isolator dan Contohnya

Posted on

Pengertian Isolator dan Contohnya – Umumnya dikenal sebagai penghalang aliran listrik. Selain itu, bahan isolasi ini juga dapat digunakan untuk memisahkan konduktor tanpa menggunakan arus listrik dan dapat digunakan sebagai bantalan beban.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Pengertian Isolator dan Contohnya. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Definisi, Karakteristik, Macam, Fungsi dan Contoh.

Definisi Isolator dan Contoh

Isolator – adalah bahan yang tidak bisa atau sulit untuk membawa listrik, atau secara umum isolator adalah penghalang aliran listrik. Fungsi lain dari isolator adalah untuk menahan beban atau untuk memisahkan antara konduktor tanpa aliran arus atau antara konduktor. Alat ini juga sering digunakan sebagai alat yang digunakan untuk mendukung kabel listrik yang terdapat di kutub listrik.

Pengertian Isolator dan Contohnya

Maka bahan isolasi ideal itu sendiri tidak ada, karena isolator masih membawa beberapa muatan seluler kecil atau pembawa muatan yang dapat diangkut ketika arus listrik mengalir. Ini membuat semua isolator konduktif secara listrik ketika tegangan yang cukup tinggi digunakan, sehingga medan listrik akan mengalirkan air dari atom, dan ini juga dikenal sebagai pemisah kerusakan.

Karakteristik Isolator

Struktur Atom

Dalam isolator, elektron valensi terkait erat satu sama lain, yang mencegah pergerakannya yang mudah. Ketika ada pembatasan pada pergerakan elektron, arus tidak dapat mengalir, yang membuat zat dari jenis ini, seperti non-logam, seperti kaca, kayu dan plastik, isolator yang sangat baik.

Cairan dan larutan encer bukanlah isolator yang baik, karena dalam keadaan ini yang mereka maksudkan adalah ion terdelokalisasi yang melewatkan arus listrik; hal yang sama berlaku saat membasahi plastik dan kayu.

Breathability

adalah kemampuan suatu bahan untuk melewati udara melalui pori-pori. Properti ini diperlukan untuk isolator termal atau termal. Isolator yang baik sangat mudah bernapas karena udara adalah agen isolasi.

Memiliki Hambatan Listrik yang Tinggi

Hambatan listrik atau hambatan listrik adalah kemampuan suatu benda untuk menekan atau mencegah aliran arus listrik. Nilai resistansi atau nilai resistansi dalam rangkaian listrik diukur dalam satuan ohm atau dilambangkan dengan omega “Ω”.

Komponen elektronik yang berguna untuk memblokir arus listrik ini adalah resistor. Resistor dalam rangkaian elektronik dapat berfungsi untuk menekan atau mengurangi aliran arus listrik dan pada saat yang sama mengurangi tingkat tegangan listrik dalam rangkaian.

Semua bahan kecuali superkonduktor memiliki ketahanan; konduktor memiliki resistansi rendah, sedangkan isolator memiliki resistansi tingkat tinggi. Isolator termal juga memiliki sifat termal yang sangat tinggi; ini mengarah pada fakta bahwa bahan-bahan ini tidak meleleh bahkan pada suhu yang sangat tinggi.

Baca Juga :  Contoh Teks Prosedur Protokol

Tegangan Rusak

Tegangan rusak juga disebut kekuatan dielektrik. Semua insulator akan menghantarkan panas dan listrik ketika mereka mengalami tegangan sangat tinggi. Ketika bahan berada pada tegangan yang sangat tinggi, komposisi material akan berubah, akibatnya bahan tersebut kehilangan kemampuannya untuk mengisolasi; tegangan di mana perubahan ini terjadi disebut tegangan breakdown.

Insulator yang berbeda memiliki tegangan interferensi yang berbeda dan digunakan untuk tujuan yang berbeda, misalnya, plastik dapat digunakan sebagai isolator di rumah tangga di mana fluks arus atau panas tidak terlalu tinggi, tetapi tidak dapat digunakan untuk keperluan industri.

Macam Macam Isolator

1 tembaga
2 Aluminium
3 Platinum
4 emas
5 Perak
6 air
7 kaleng
8 Besi
9 baja
10 karbon

Fungsi Isolator

Bahan listrik yang tidak bisa mengalir melalui arus listrik.
Lindungi konduktor konduktif dari konduktor lain yang diberi energi atau tidak.
Untuk melindungi orang dari kemungkinan kontak dengan konduktor 60 volt.

Plastik

Di semua benda plastik, bahan itu untuk menahan panas. Misalnya, pada dudukan alat makan di atas gelas dan gagang panci adalah semua sampel barang yang terbuat dari plastik tahan panas. Karena plastik adalah penghantar panas yang buruk.

Logam

Yang pertama adalah wajan, wajan, atau bagian dari besi yang terbuat dari logam. Ada berbagai jenis logam. Jenis logam yang paling banyak digunakan untuk pembuatan alat seperti besi, aluminium dan tembaga. Karena logam adalah konduktor panas yang baik (konduktor panas).

Kaca

Jika ujung batang kaca dipanaskan, ujung yang lain akan tetap dingin. Dalam hal ini, ini karena gelas tidak melakukan panas dengan benar. Kaca adalah isolator yang baik.

Kayu

Berbagai spatula pulpen terbuat dari kayu. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa panas dari minyak nabati tidak menyebar ke tangan kita.

Tetapi ada juga spatula yang seluruhnya terbuat dari kayu. Karena kayu adalah penghantar panas yang buruk. (Isolator panas).

Kain

Serbet digunakan untuk memegang gagang panci panas. Karena semua serbet dan taplak meja terbuat dari kain yang tahan panas. Karena sifat kainnya adalah konduktor panas yang buruk.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan Pengertian Isolator dan Contohnya . Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: