Penjumlahan Pecahan

Posted on

Penjumlahan Pecahan – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas perihal penjumlahan pecahan, baca baik-baik artikel di bawah ini agar kalian dapat dengan mudah memahami tentang penjumlahan pecahan.

Bilangan pecahan tentunya sering sekali kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dan juga Penjumlahan pecahan pastinya adalah operasi hitung yang tentunya paling sering sekali digunakan.

Kenapa penjumlahan pecahan sangatlah penting? Karena dalam kehidupan sehari – hari kita biasanya menggunakan penjumlahan bilangan pecahan.

Misalnya, setengah kuintal gandum di tambah setengah kuintal gandum menjadi satu kuintal, ataupun Gaji budi dibagi menjadi tiga, sepertiga untuk ditabung, sepertiga untuk kendaraan, dan sepertiga nya lagi untuk makan. Contoh tadi adalah contoh dalam penjumlahan bilangan pecahan untuk kehidupan sehari-hari.

Pengertian

sampul Penjumlahan Pecahan

Bilangan pecahan merupakan bilangan yang biasa dinyatakan dengan p atau pun q, dengan p dan q merupakan bilangan bulat atau q ≠0. Bilangan p bisa disebut juga pembilang sedangkan bilangan q bisa disebut dengan penyebut. Perlu kalian ketahui pecahan dapat dikatakan senilai jika pecahan tersebut memiliki nilai ataupun bentuk paling sederhana sama.

Untuk bisa menjumlahkan Pecahan Campuran, Pertama-pertama ubah terlebih dahulu pecahan campuran dan jadikan pecahan biasa. Jika kalian mendapatkan pecahan dengan bilangan bulat, ubahlah terlebih dahulu pecahan bulat menjadi pecahan biasa supaya dapat lebih mudah untuk dijumlahkan.

Penjumlahan Pecahan Biasa

Untuk dapat menjumlahkan bilangan pecahan dengan penyebut yang sama tentu sangat mudah. Kalian hanya perlu menjumlahkan angka pembilangan atau dengan kata lain angka yang ada di bagian atas.

Contohnya seperti yang ada dibawah ini:

2/2 + 3/2 = 5/2

Namun untuk dapat menjumlahkan pecahan yang berbeda di kedua penyebutnya kalian harus mengubah dan juga menyamakan terlebih dahulu penyebutnya. Hal ini di karenakan bilangan dari pecahan tak bisa dijumlahkan dengan langsung jika nilai berbeda dengan penyebutnya.

Contohnya seperti yang ada dibawah ini:

2/5 + 3/2 = 5/10 + 15/10 = 20/10

Jenis – Jenis Pecahan

Dibawah ini ada beberapa jenis pecahan yaitu sebagai berikut ini :

1. Pecahan Biasa

pecahan biasa merupakan pecahan dengan pembilang dan juga penyebut dengan angka yang bulat atau bisa juga disebut bilangan bulat.

Contohnya yaitu:

2/5 , 3/7 , 8/9.

2. Pecahan Murni

Pecahan yang ke-dua dapat disebut juga seagai pecahan murni, pecahan ini adalah pecahan yang pembilang dan juga penyebutnya merupakan bilangan bulat.

Hal ini harus kalian perhatikan angka pembilang harus lebih kecil dari penyebutnya. Pecahan murni juga sering disebut dengan pecahan biasa tetapi pecahan biasa belum tentu bisa dikatakan sebagai bilangan pecahan murni.

Contohnya yaitu:

1/7 , 2/5, 6/10.

3. Pecahan Campuran

Dan yang ke-tiga yaitu pecahan campura. Jenis dari pecahan ini terdiri atas bagian bilangan bulat dan juga bagian dari pecahan murni.

Contohnya yaitu:

5 ½, 6 ½, 7 ¾.

Contoh Soal Penjumlahan Pecahan

Contoh Soal 1 :

Hitunglah : 1/2 + 1/3 = …?

Jawab :

1 soal penjumlahan pecahan

Kenapa ada bisa menjadi pengali 3 pada bilangan 1/2? Jawabannya karena pengertian dari sebenarnya bukan lah di kali 3, tetapi dikali 3/3 atau juga lebih tepatnya dikalikan 1. Jadi yang perlu kalian ingat yaitu 3/3 = 1.

dengan begitu tidak merubah nilai atau juga bisa dibilang 1/2 = 3/6. namun untuk 1/3 dikali dengan 2/2 maka menjadi 2/6. Dengan seperti itu kedua bilangan pecahan itu pun akan mempunyai penyebut yang sama, yaitu 6. Setelah dari kedua bilangan pecahan mempunyai penyebut yang sama maka langkah selanjutnya yaitu menjumlahkan pembilang, 3+2 = 5.

maka 1/2 + 1/3 = jawabannya yaitu 5/6.

Contoh Soal 2 :

Hitunglah bilangan berikut : 1/2 + 2/3+ 5/6 =…?

Jawab :

2 soal penjumlahan pecahan

Untuk dapat menghitung tiga pecahan sekaligus, cara yang di perlukan tetap sama, yaitu harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu . 1/2 diubah menjadi 3/6. 2/3 menjadi 4/6. setelah itu jumlahkan ketiga bilangan pecahan menjadi 12/6 ataupun jika ingin disederhanakan maka sama dengan 2.

Maka 1/2 + 2/3 + 5/6 = jawabannya yaitu 12/6 = 2.

Demikian pembahasan tentang penjumlahan pecahan semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua, Terima Kasih.

Baca Juga :

Rate this post