Kalimat Tanggapan

Posted on

Kalimat Tanggapan – Suatu anggapan adalah reaksi seseorang dalam bentuk komentar pada suatu peristiwa atau peristiwa yang telah dilihatnya, dibaca, didengar atau dirasakannya sendiri. Respons terhadap penawaran dapat diartikan sebagai kalimat yang mengandung komentar pada acara atau informasi.

Tanggapan biasanya muncul di forum diskusi, baik formal maupun informal. Jawabannya akan mengarah pada kesimpulan tentang informasi yang dibahas.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan Kalimat Tanggapan. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Pengertian, Macam dan Contoh.

Pengertian

Dalam bahasa Indonesia, salah satu definisi kalimat tanggapan adalah menerima pernyataan dalam bentuk kritik, komentar, dan sebagainya. Oleh karena itu, proposal tanggapan adalah bentuk salam dalam bentuk komentar dari orang lain tentang pernyataan atau peristiwa yang ia ketahui. Tanggapan ini pada akhirnya akan mengarah pada kesimpulan yang berbeda untuk pernyataan atau acara yang sedang dibahas.

Kalimat Tanggapan

Secara umum, ada beberapa aturan yang digunakan jika Anda ingin menggunakan kalimat ini. Aturan-aturan ini meliputi:

  • Jadilah objektif.
  • Akurat dengan fakta dan data
  • Dapat dipertimbangkan
  • Sesuai dengan topik yang dibahas
  • Disampaikan menggunakan saran sopan yang mudah dipahami oleh orang lain dan tidak ambigu.
  • Jika respons yang ditunjukkan adalah respons negatif, itu tidak boleh disampaikan dengan emosi yang berlebihan.

Macam-Macam Kalimat Tanggapan

Kalimat Tanggapan Negatif

Apakah respons terhadap pernyataan atau peristiwa itu negatif atau tidak mendukung pernyataan atau peristiwa itu. Kalimat respons ini digunakan untuk tidak setuju atau membantah pernyataan atau peristiwa terkait.

Kalimat Tanggapan Positif

Apakah respons terhadap pernyataan atau peristiwa positif atau mendukung pernyataan atau peristiwa tersebut? Kalimat respons ini digunakan untuk menyatakan persetujuan atas pernyataan atau peristiwa terkait.

Contoh Kalimat Tanggapan

1) Para pelaku klichih harus dihukum berat dan tidak boleh menerima bantuan, karena itu mengkhawatirkan masyarakat.

Tanggapan negatif: Hukuman yang benar harus diterapkan kepada pelaku kejahatan, ini, tentu saja, karena tindakan mereka, yang selain melanggar hukum juga mengganggu masyarakat, karena ada korban. Namun, perlu juga dicatat bahwa sebagian besar pelaku kejahatan hanyalah anak di bawah umur.

Hukum yang dikenakan pada mereka harus terus memperhitungkan perlindungan anak di bawah umur, tentu saja, agar tidak mengecualikan kesalahan yang mereka buat. Juga harus ada bantuan dari KPAI sehingga hukuman yang dijatuhkan dijabarkan secara akurat.

Tanggapan positif: Aktor Klitih sangat cemas, mereka selalu bertindak tanpa alasan yang jelas, lembaga penegak hukum harus segera bertindak, menghukum mereka dengan kebingungan hukum, yang akan membuat mereka menjadi sarana intimidasi seumur hidup.

Baca Juga :  Frasa Adjektiva

2) Ujian nasional dilakukan dengan menggunakan tes komputer dan online.

Tanggapan negatif: Mungkin dasar dan tujuan menyelenggarakan ujian nasional komputer dan online sangat baik, tetapi mereka tidak melihat kesiapan di lapangan. Banyak sekolah bahkan tidak memiliki komputer di sekolah, belum lagi jaringan internet, karena ujian komputer dan online nasional ini dapat dilakukan. Pemerintah pertama-tama harus meningkatkan fasilitas infrastruktur pembelajaran di setiap sekolah di Indonesia

Tanggapan positif: ujian nasional saat ini sedang dilakukan dengan cara yang lebih modern menggunakan pengembangan teknologi yang ada, dan memang, dari tahun ke tahun harus ada inovasi dalam metode pelatihan, termasuk metode ujian.

3) Singer dangdut merilis single “om telolet om” dan “maafkan aku yang dulu”.

Tanggapan negatif: penyanyi dangdut mengambil keuntungan dari situasi hanya karena kata-kata “om telolet om” dan “maafkan aku di masa lalu” adalah hit di jejaring sosial.

Tanggapan positif: single baru sebagai bentuk kreativitas dalam menyanyi, liriknya terdengar sangat indah dan indah, seperti suaranya.

4) Ujian nasional adalah cara jitu untuk menentukan kelulusan.

Tanggapan negatif: tidak pantas jika proses pembelajaran untuk siswa di atas 6 tahun (sekolah dasar) dan 3 tahun (sekolah menengah) dievaluasi hanya dengan hasil bahwa mereka mengerjakan soal dalam waktu 2 jam, penilaian dan penentuan kelulusan harus dievaluasi sejak awal proses pembelajaran sampai akhir, dan tidak hanya setelah beberapa pertanyaan.

Tanggapan positif: Ujian nasional dapat menentukan keberhasilan belajar siswa, jika siswa membuat studi yang bermakna dalam proses pembelajaran, maka ujian nasional akan berjalan dengan lancar.

5) Orang tua berhak menentukan gaya hidup anak-anak mereka.

Tanggapan negatif: gaya hidup seseorang adalah keputusannya sendiri, bahkan jika orang tua yang merawatnya sejak kecil, tetapi orang yang akan menjalani kehidupannya sendiri adalah anak-anak, maka orang tua harus meninggalkan keputusan dalam cara hidup anak mereka kepada anak.

Tanggapan positif. Orang tua yang telah merawat anak-anak mereka sejak kecil harus mengetahui semua seluk-beluk anak-anak mereka, apa yang dapat membuat anak-anak mereka bahagia atau apa yang dapat menyakiti mereka ketika orang tua menentukan gaya hidup anak-anak mereka, maka ini harus karena berbagai pertimbangan matang.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Kalimat Tanggapan dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: