Pengertian Quad Core

Posted on

Pengertian Quad Core – Mungkin Anda mendengar istilah dari prosesor sentral (central processor). Saat ini, prosesor sangat kompleks dan tidak sama seperti sebelumnya. Di masa lalu, prosesor hanya memiliki satu inti. Sekarang ada orang yang mencapai Dual, Quad, Hexa dan Octa Core. Jika Anda tidak mengerti apa yang saya bicarakan, tenang saja. Pada artikel ini, kita akan membahas bersama apa saja istilah dalam dunia prosesor

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan Sajak Adalah. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Definisi, fungsi dan Contoh.

Definisi

Quad Core adalah jargon yang biasa digunakan oleh penjual smartphone. Biasanya, dikembangkan untuk menyederhanakan teknologi sehingga untuk mudah dan pahami. Namun, terkadang ini justru membuat pemasok tidak sepenuhnya jujur ​​dengan pelanggan.

Pengertian Quad Core

Misalnya, didalam hal ini. Fakta bahwa prosesor octa-core memiliki 8 core tidak berarti bahwasanya itu selalu lebih baik daripada prosesor quad-core. Persis seperti kamera. Memiliki resolusi yang jauh lebih tinggi tidak menjanjikan foto yang lebih baik. Pembahasanya lebih rinci tentang inti dari prosesor mobile ini dapat dilihat pada artikel selanjutnya.

Fungsi Quad Core

Quad Core

Prosesor quad-core memiliki 4 core, sehingga kinerjanya lebih cepat dan lebih mudah saat memproses data. Quad-Core juga memiliki manfaat multitasking.

Manfaatnya

Kuat untuk menangani 4 tugas secara bersamaan dengan cepat.
Cocok untuk multitasking.
Tidak mudah untuk mendekat.
Pas untuk gim.

Contoh Pengertian Quad Core

Inti memiliki arti “inti.” Istilah “core” dipakai buat menentukan jumlah core (jumlah core) dari suatu prosesor, baik CPU dan GPU.

Jumlah inti adalah yang menggunakan. Biasanya digunakan untuk mendefinisikan istilah “prosesor dual-core”, “prosesor quad-core”, “hexa core” dan “octa-core”, mis.

Prosesor inti tunggal = 1 inti
Prosesor dual core = 2 core
Quad core = 4 core
Hexa Core Processor = 6 Core
Prosesor Octa Core = 8 core
CPU Deca Core = 10 Core
Tuh, setelah Anda belajar tentang arti “inti”. Kemudian kita akan mulai masuk ke dalam diskusi utama. Tetapi terlebih dahulu mengartikan istilah total core. diKarenakan, meski hitungan core besar, kinerjanya juga belum tentu bagus.

Karena Anda harus memperhatikan arsitektur desain pada prosesor. Ini adalah ARM, SoC, x64 atau x86. Karena setiap orang memiliki makna masing-masing. Di mana Anda harus memperhatikan karakteristik prosesor, terlepas dari apakah itu menggunakan prosesor Core cepat atau inti hemat energi

Perbedaan antara inti hemat prosesor dan inti hemat energi
Prosesor utama yang cepat
Jenis inti pada prosesor yang sangat responsif atau cepat, tetapi kelemahannya adalah efisiensi energi. Dengan kata lain, meskipun angka GHz telah berkurang, core ini tidak dapat menghemat energi. Merek-merek utama tercepat yang populer saat ini adalah Cortex A57 dan Cortex A72

Baca Juga :  Sajak Adalah

Prosesor Utama Penghematan Energi
Seperti namanya, prosesor jenis ini hemat energi atau menghemat daya baterai. Tidak seperti core cepat, meskipun jumlah GHz telah meningkat, core ini masih tidak dapat memberikan respon cepat. Saat ini, merek inti hemat energi yang populer adalah Cortex A53.

Jadi jika Anda bertanya mana yang lebih baik antara Dual Core, Quad Core, Hexa Core dan Octa-core? Jawabannya tergantung pada arsitektur mana yang digunakan. Alasannya adalah bahwa setiap seri prosesor memiliki spesifikasi dan arsitektur yang berbeda.

Seiring dengan perkembangan prosesor, sekarang ada desain prosesor baru yang lebih besar dari Custom Core. Salah satu merek prosesor perawatan pribadi yang paling populer adalah prosesor Qualcomm dalam prosesor seri Snapdragon. Dan bukan hanya ini. Saat ini, kami sudah memiliki arsitektur prosesor Krait dan Kryo, yang memiliki arsitektur yang lebih fleksibel.

Dengan demikian, jenis kernel yang satu ini dapat bekerja dengan cepat, tetapi juga bisa ekonomis. Jika GHz diturunkan, maka prosesor ini hanya memiliki 4 core. Mereka mengatakan bahwa pada harga prosesor ini cukup mahal dan digunakan khusus hanya untuk perangkat kelas atas.

Jadi, kesimpulan tentang perbedaan prosesor dual-core, quad-core, Hexa Core dan Octa-core, yang tergantung pada proyek arsitektur atau desain kernel.

Jangan lupa bahwa dukungan RAM juga sangat mempengaruhi kinerja prosesor itu sendiri. Ini berarti bahwa spesifikasi RAM harus sebanding dengan spesifikasi prosesor yang digunakan.

Apa itu GHz

Saat melihat spesifikasi teknis ponsel cerdas, Anda pasti melihat kata-kata seperti “Dilengkapi dengan prosesor QuadCora pada 1,7 GHz,” apa sebenarnya artinya ini? ok, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini:

Kami mengetahui bahwa prosesor quad-core memiliki 4 (empat) core yang mampu bekerja sesuai perintah pengguna, jika prosesor memiliki kecepatan 1,7 GHz, ini berarti bahwa setiap core memiliki kecepatan 1,7 GHz, yang, dari tentu saja, sangat penting untuk mengeksekusi perintah yang diinginkan oleh pengguna.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Pengertian Quad Core dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.