Rumus Keliling Lingkaran

Posted on

Rumus Keliling Lingkaran – Lingkaran termasuk juga kedalam salah satu jenis bangun datar dalam matematika yang sering kali dibahas didalam pembelajaran matematika baik itu di tingkat SMP maupun SMA, bahkan soal – soal mengenai tentang Lingkaran ini cukup sering juga keluar di dalam soal – soal ujian, baik itu didalam ujian sekolah ataupun Ujian Nasional.

Oleh sebab itu sangat perlu sekali bagi kalian untuk para pembaca yang masih pelajar, untuk dapat lebih memahami dan juga mengetahui perihal rumus lingkaran pada matematika yang terdiri atas luas dan juga keliling lingkaran ini.

Dan juga sebaiknya kalian perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian dari lingkaran dalam pelajaran matematika, dan juga memahami hal – hal komponen dalam lingkaran.

Lingkaran matematika merupakan sebuah bentuk bangun datar yang biasanya membagi bidang dan dijadikan dua yaitu bagian dalam dan juga bagian luar.

Pengertian Lingkaran

Rumus Keliling Lingkaran

Perlu untuk kalian ketahui Lingkaran merupakan sebuah gambaran dari dua dimensi dan juga sebagai suatu diagram himpunan dari sebuah titik yang didalamnya memiliki jarak tertentu biasanya dari titik tengah dalam sebuah bidang tersebut.

Lingkaran juga memiliki tiga titik utama dan tentunya juga penting, yakni titik tengah yang ada pada sebut pusat dari lingkaran, pusat lingkaran menuju kepada titik terluar yang biasa di sebut jari – jari pada lingkaran, titik terluar pada lingkaran ini melewati titik pusat dengan menuju titik terluar yang biasa di sebut diameter pada lingkaran.

Contoh Gambar

Dibawah ini merupakan contoh gambar dari lingkaran busur matematika.

1 gambar keliling lingkaran

Rumus Keliling Lingkaran

Dibawah ini merupakan contoh dari rumus keliling pada lingkaran Diameter dan Jari – Jari :

Rumus keliling lingkaran ber diameter :

2 rumus lingkaran diameter

Rumus keliling lingkaran ber diameter :

3 rumus lingkaran jari jari

Keterangannya :

  • p = pusat lingkaran
  • r = jari – jari lingkaran
  • d = diameter lingkaran

Setelah kalian telah memahami ataupun mengetahui perihal bangun datar dari lingkaran, maka selanjutnya bagi kalian untuk dapat memahami tentang cara dari mencari keliling lingkaran dalam matematika.

Hal ini untuk elajaran kalian untuk dapat menghitung keliling lingkaran matematika dengan begini kalian tidak akan dengan kesulitan untuk menjawab dan juga mengerjakan soal – soal ujian mengenai lingkaran.

Sifat – Sifat lingkaran

  • Lingkaran Hanya mempunyai satu sisi
  • Lingkaran Tidak mempunyai titik sudut
  • Lingkaran mempunyai simetri lipat tidak terbatas
  • Lingkaran mempunyai simetri putar tidak terbatas
  • Lingkaran Jarak pada titik pusat maupun ke sisi manapun akan selalu sama

Contoh Soal Keliling Lingkaran

Selanjutnya setelah kalian lihat dan sudah memahami mengenai kedua rumus dari keliling lingkaran pada matematika yang telah kami jelaskan di atas.

Maka dari itu di bawah ini dapat kalian lihat contoh dari soal mencari keliling lingkaran pada matematika yang dapat kalian jadikan sebagai refrensi pembelajaran kalian, supaya kalian dapat lebih memahami mengenai rumus lingkaran untuk mencari keliling ini.

Contoh Soal 1

Ada satu buah bangun datar dalam lingkaran yang mempunyai nilai berdiameter sebesar 6 meter, maka carilah keliling daripada lingkaran tersebut ?

Diketahui :

4 contoh soal lingkaran

Ditanyakan, Nilai Keliling Lingkarang?

Jawabannya :

5 jawaban lingkaran

Maka, Jawaban dari keliling lingkaran diatas adalah 18,85 m

Contoh Soal 2

Ada satu buah lingkaran yang memiliki nilai dari jari – jari sebesar 14 cm. Maka hitunglah nilai dari keliling lingkaran tersebut ?

Diketahui :

6 soal lingkaran jari jari

Ditanyakan, Nilai Keliling Lingkarang?

Jawabannya :

7 jawaban lingkaran jari jari

Maka, Jawaban dari keliling lingkaran diatas adalah 88 cm

Contoh Soal 3

Diketahui sebuah keliling pada lingkaran bernilai 62,8 cm. Maka hitunglah berapa diameter pada lingkaran tersebut ?

Diketahui :

8 contoh soal pada lingkaran

Ditanyakan : Nilai Diameter Pada Lingkaran ?

Jawabannya :

9 contoh soal pada lingkaran

Maka, Jawaban Diameter dari keliling lingkaran diatas adalah 20 cm

Contoh Soal 4

Budi memiliki roda sepeda motor dengan berukuran nilai keliling yakni 88 m. Maka hitunglah berapa jari-jari pada roda sepeda motor Budi tersebut ?

Diketahui :

10 soal jari jari pada roda lingkaran

Ditanyakan : Nilai Diameter Pada Lingkaran ?

Jawabannya :

11 soal jari jari pada roda lingkaran

Maka, Jawaban Diameter dari keliling lingkaran diatas adalah 14 cm

Demikianlah pembahasan mengenai rumus keliling lingkaran dan beserta contoh soal yang telah kami berikan secara lengkap untuk kalian, dan semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, Terima Kasih.

Baca Juga :

Rate this post