Rumus Luas Lingkaran

Posted on

Rumus Luas Lingkaran – Untuk menghitung luas pada lingkaran tidaklah mudah, tidak seperti menghitung luas pada persegi atau juga persegi panjang.

Tetapi, tidak seterusnya menghitung luas pada lingkaran selalu sulit. Jika kalian mengetahui rumus pada luas lingkaran, pastinya kalian dapat menentukan luas lingkaran.

Banyak cara yang dapat kalian gunakan sebagai penentu luas pada sebuah lingkaran, asalkan nilai pada salah satu bagian dari lingkaran telah diketahui.

Misalnya nilai pada luas juring, panjang jari-jari, keliling, atau panjang diameter. Setelah itu, kalian hanya perlu menggunakan rumus luas pada lingkaran.

Dalam menentukan luas lingkaran kalian perlu untuk mengingat nilai dari konstanta π. Nilai konstanta π dengan 20 desimal yakni 3,14159265358979323846.

Pada umumnya, nilai konstanta π yang digunakan hanya memiliki dua desimal saja, yakni 3,14. Selain itu pula, nilai konstanta π juga dapat kalian tuliskan dalam bentuk pecahan seperti biasa yakni 22/7.

Seperti hal nya bangun datar, lingkaran mempunyai rumus luas dan juga rumus keliling. Hal ini perlu untuk kalian Ingat, agar tidak terjadi pertukaran rumusnya saat kalian menghitung luas atau juga keliling lingkaran.

Teliti dulu sebelum melakukan penghitungan karena ini penting untuk dilakukan supaya hasil yang akan diperoleh benar dengan soal yang ditanyakan.

Yang perlu kalian perhatikan yakni jangan sampai kalian menggunakan rumus keliling pada lingkaran sebagai penghitung luas lingkaran, atau juga menggunakan rumus luas lingkaran sebagai penghitung keliling lingkaran, karna akan salah hasilnya.

Dibawah ini merupakan pembahasan terperinci untuk dapat kalian pelajari simak pembahasannya dibawah ini.

Rumus Luas Lingkaran

1 gambar rumus luas lingkaran

Luas lingkaran merupakan ukuran diameter besar daerah yang terdapat di dalam pada diameter sebuah lingkaran. Untuk dapat menghitung sebuah lingkaran kalian tentunya perlu yang namanya konstanta π “phi”.

Pengertian dari phi sendiri yaitu sebuah konstanta daripada perbandingan antara keliling lingkaran yakni K dengan diameter lingkaran yakni d yang biasa bernilai 22/7 atau juga biasa menjadi nilai bulat yakni 3,14.

π = K / d

Rumus luas lingkaran dapat ditentukan dengan jari-jari yang dimiliki ataupun sebuah lingkaran dengan rumusnya yaitu

L = π x r2

Keterangan :

kKeliling Lingkaran
dDiameter
rJari – Jari
πphi (22/7 atau 3,14)

Menghitung Luas Lingkaran

Dibawah ini akan dibahas cara menghitung dan juga ada beberapa contoh soal bagaimana cara menghitung luas lingkaran.

1. Menghitung Luas Lingkaran Yang Diketahui Nilai Jari – Jarinya

Jari-jari lingkaran merupakan ruas garis dengan menghubungkan titik pusat dan juga sebuah titik pada lingkaran. Panjang jari-jari akan tetap sama, walaupun diukur dengan titik manapun dari lingkaran.

Sedangkan Jari-jari merupakan ukuran dari setengah diameter pada lingkaran. Dan Diameter lingkaran merupakan tali busur pada lingkaran yang berada pada titik pusat lingkaran.

Jika panjang pada jari-jari telah diketahui dalam soal, maka selanjutnya luas lingkaran dapat kalian tentukan dengan menggunakan rumus L= πr². Kuadratkan dengan panjang jari-jari, setelah itu kalikan dengan π.

Misal nya yaitu panjang jari-jari pada lingkaran adalah 8 cm. Maka berapa luas lingkaran tersebut, Jawabannya L= π(8)²=64π, atau 200,96 cm2.

2. Menghitung Luas Lingkaran Yang Diketahui Panjang Diameternya

Diameter lingkaran adalah dua kali dari jari-jari lingkaran, maka hasil yang dapat diperoleh: d = 2r <=> r = ½d. Maka substitusikan r = ½d dan masukan ke dalam rumus luas pada lingkaran sehingga dapat di dapatkan L= πr² = π (½d)² = ¼ π d².

Dengan demikian, luas pada lingkaran dapat dihitung dengan mudah menggunakan panjang pada diameter (d) yang rumusnya yaitu: L=¼ π d².

Contoh Soal :

Misalkan panjang diameter pada lingkaran yaitu 30 cm. Maka hitunglah luas pada lingkaran tersebut.

Dengan menggunakan rumus pada luas lingkaran dan juga menggunakan diameter lingkaran, maka akan dapat diperoleh hasil yaitu sebagai berikut:

Luas lingkaran

= ¼ π d²
= ¼ π(30)²
= 225π

Kita juga dapat menuliskan jawaban yaitu dalam bentuk rumus desimal dengan dapat mengalikan nilai pada π yakni 3,14. Dan jawabannya yaitu (225)(3,14) = 706,5 cm2.

3. Menghitung Luas Lingkaran Yang Diketahui Keliling Lingkarannya

Contoh Soal :

Misalkan keliling dari sebuah lingkaran yakni 88 cm.

Untuk dapat menentukan luas pada lingkaran tersebut, maka terlebih dahulu kalian tentukan panjang pada jari-jari lingkaran yaitu sebagai berikut:

k=2.π.r
88 = 2.π.r

Panjang r yaitu

r = 88/2.π
r = 88/2.(22/7)
r = 88/(44/7)
r = 14 cm

Setelah menentukan panjang dari jari-jari (r), selanjutnya kalian hitung luasnya.


L = π r²
L = (22/7) x 14²
L = (22/7) x 196
L = 616 cm²

Demikian pembahasan mengenai Rumus Luas Lingkaran semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian dibidang matematika dan juga semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua, Terima Kasih.

Baca Juga :

Rate this post