Macam Macam Dongeng

Posted on

Macam-Macam Dongeng – adalah warisan dari nenek moyang kita yang harus kita lestarikan. dan di jaga Kebenaran masih dipertanyakan, akan tetapi melibatkan karya seni sastra yang mampu membangun karakteristik anak-anak sejak kecil untuk belajar membayangkan.

Majalahpendidikan.com akan menyampaikan materi pembelajaran dengan judul Macam Macam Dongeng. Dimana materi pembelajaran ini akan diulas berdasarkan Definisi, Jenis, dan Contoh.

Definisi Dongeng

Dongeng umumnya dikenal sebagai fiksi belaka yang merupakan salah satu cara tradisional untuk menyampaikan pesan moral dan menghibur.

Macam Macam Dongeng

KBBI menyimpulkan jika dongeng adalah cerita bohong, terutama kisah peristiwa lampau, deskripsi nya dianggap sebagai cerita belaka. Selain pemahaman di atas, berikut adalah beberapa definisi, menurut para ahli

Mcam-Macam dongeng dan Contohnya

Perumpamaan

Perumpamaan adalah sejenis dongeng yang menceritakan kisah mengandung metafora pendidikan. Menurut KBBI, perumpamaan itu cerita fiksi untuk menyampaikan ajaran agama, moral atau kebenaran umum menggunakan perbandingan.

Contoh dari sebuah perumpamaan adalah hakim yang adil yang datang dari Tiongkok. Kisah ini menceritakan tentang seorang hakim terkenal, Duan Guangqin, yang memecahkan masalah antara seorang pria miskin dan seorang penjaga toko yang kaya dan pelit. Kisah ini mengajarkan kita untuk tidak menjadi pelit, tetapi untuk menjadi bijak dan murah hati. Contoh perumpamaan terkenal lainnya adalah Kisah pencuri Kundang dari Sumatra Barat, yang tidak bertuhan karena dia tidak mengenali ibu kandungnya setelah menikahi putri seorang saudagar kaya.

Sage

Bijak didefinisikan sebagai kisah kuno yang berhubungan dengan cerita dan menceritakan keberanian, kepahlawanan, kekuatan gaib dan mukjizat seseorang. Contoh dari cerita bijak yang terkenal adalah Ciung Wanara, cerita rakyat Sunda. Cerita ini menjelaskan asal usul nama Sungai Pamali dan asal hubungan Sunda dengan Jawa, di mana orang Sunda dianggap saudara kandung Jawa yang lebih tua karena tradisi panjang kerajaan.

Contoh Sage terkenal lainnya adalah Calon Arang dari Bali. Kisah ini menceritakan tentang seorang janda yang kejam, kandidat yang kuat, yang memiliki anak yang cantik bernama Ratna Manggali. karena takut pada ibunya, Ratna Manggali tak menyarankan siapa pun, dan ini membuat calon Arang marah dan kacau. Untuk mengatasi ini, Raja Erlangga memerintahkan Empu Baradah, yang mengirim Bahula untuk menikahi Ratna Manggali. Singkatnya, kandidat Arang akhirnya ditaklukka juga oleh Empu Baradah.

Legenda

Legenda adalah Semacam dongeng yang menceritakan asal-usul suatu tempat atau wilayah. Sering dibahas apakah legenda itu dongeng. Sebagian berpendapat bahwa legenda tersebut tidak dimasukkan sebagai dongeng karena mengandung fakta sejarah. Namun, pihak lain berpendapat bahwa legenda itu adalah semacam dongeng karena jumlahnya terkadang tidak nyata dalam legenda.

Contoh legenda yang dikenal di Indonesia ialah Asal usul kota Surabaya. Ada pertempuran antara ikan hiu dan buaya di daerah itu. Dalam bahasa Jawa, hiu sering disebut sebagai Suro atau Sura. Sedangkan buaya disebut Boyo atau Baya didalam bahasa Jawa. Terinspirasi oleh pertempuran antara hiu dan buaya, dinamakan {Surabaya} pecah.

Mitos

Dalam hal Kamus Besar Bahasa Indonesia, mitos diartikan sebagai dongeng yang memiliki latar belakang sejarah, dipandang oleh masyarakat sebagai sejarah sejati, dianggap sakral, mengandung banyak hal ajaib, pada umumnya toko itu adalah dewa atau satu Tokoh yaitu siapa yang memiliki kekuatan luar biasa. Dalam sumber lain, cerita tentang peri dan Tuhan atau kepercayaan agama juga dapat dikatakan sebagai mitos.

Contoh mitos, salah satunya adalah{pohon pengabul harapan} dari India. Kisah ini ingin menyampaikan pesan bahwa jika Anda ingin sesuatu diimbangi dengan upaya keras, dan Anda telah mencobanya, Anda menyerah kepada Tuhan dan tidak pernah menginginkan cara yang langsung dan bodoh.

Contoh lain dari mitos itu adalah {Kisah Nyi Roro Kidul}, yang sebelumnya adalah seorang putri yang diusir dari kerajaan karena keajaiban selir raja karena dia iri dengan keindahan kaum bangsawan dan perhatian sang putri. ,

Cerita Pelipur Lara

Kisah penghiburan adalah sedikit kisah lucu, di mana ada unsur komedi yang ingin menghibur. juga membedakan keduanya adalah kisah kenyamanan, sering diceritakan dengan alat peraga seperti boneka. Kisah penghiburan harus bisa menghibur orang-orang yang sedih dan kisah orang-orang muda bercinta. Contoh kisah menghibur yang sering kita dengar antara lain {Kisah Kaum Miskin}, {Kisah Raja Budiman} dll

Baca Juga :  Contoh Puisi Distikon

Cerita Lucu

Kisah lucu adalah dongeng yang ditulis atau diceritakan untuk membuat publik tetap terhibur, dan itu membuat Anda tertawa ketika kisah itu diceritakan. menyerupai anekdot karena cerita-cerita lucu secara implisi terkadang memancing kecaman publik. Apa yang membedakan anekdot dari cerita-cerita lucu adalah bahwa anekdot didasarkan pada fakta atau kisah nyata yang terjadi setiap hari, sedangkan cerita-cerita lucu hanya bersifat fiksi.

Contoh cerita lucu yang terkenal di masyarakat Indonesia adalah {The Story of Kabayan} ketika dikenal dalam bahasa Melayu sebagai {The Story of Pak Pandir} dan yang tidak kalah terkenal {The Story of Abu Nawas},

Contoh Cerita Dongen

Sejarah Danau Toba

Seorang petani tinggal di wilayah Sumatra dan bekerja sangat keras. Dia hidup sendiri. Dia bekerja tanpa lelah setiap hari untuk berbelanja dan memancing. Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Suatu hari petani itu pergi ke sungai dekat rumahnya dan ingin mencari ikan untuk lauknya hari ini. Hanya bersenjatakan kail, umpan, dan bintik ikan, ia langsung pergi ke sungai. Suatu ketika ketika dia datang ke sungai, petani itu segera melemparkan kailnya. Sambil menunggu ikan untuk makan kail, petani itu berdoa, Ya Tuhan, saya harap saya mendapatkan banyak ikan hari ini. Beberapa saat setelah berdoa, kait yang sebelumnya dia lempar tampak bergetar. Dia segera menarik kaitnya. Petani itu sangat senang karena ikan yang diberikan kepadanya sangat besar dan sangat indah.

Setelah menyaksikan ikan ditangkap, petani itu sangat terkejut. Ternyata ikan yang ditangkapnya mampu berbicara. “Tolong jangan makan itu, Tuan! Biarkan saya hidup,” teriak ikan itu. Tanpa banyak Tanja, ikan tangkapan segera dibawa kembali ke air. Setelah dia membawa ikan itu kembali ke air, petani itu bahkan lebih terkejut karena ikan itu tiba-tiba berubah menjadi wanita yang sangat cantik.

Jangan takut, Tuan, saya tidak akan menyakitimu, kata ikan itu. Tanyakan pada petani. Aku seorang putri terkutuk karena melanggar aturan kerajaan, jawab wanita itu. Terima kasih sudah melepaskanku dari kutukan itu, dan sebagai gantinya, aku. siap untuk menjadikanmu seorang wanita, kata wanita itu. Petani itu setuju. Jadi, jadilah suami-isterinya. Namun, ada janji yang dibuat bahwa mereka tidak boleh memberi tahu putri itu asal ikan. Janji itu dilanggar, akan ada bencana yang mengerikan.

Setelah beberapa saat mereka menikah, akhirnya kebahagiaan petani dan istrinya meningkat karena istri petani itu melahirkan seorang anak laki-laki. Anak Anda tumbuh menjadi anak yang sangat cantik dan kuat, tetapi ada kebiasaan yang mengejutkan semua orang. Anak selalu lapar dan tidak pernah merasa kenyang. Semua ransum makanan dimakan tanpa sisa.

Hingga suatu hari putra petani itu diminta oleh ibunya untuk mengantarkan makanan dan minuman ke sawah tempat ayahnya bekerja. Tetapi tugas itu tidak selesai. Semua makanan yang seharusnya untuk ayahnya dimakan, dan setelah itu dia tidur di gubuk. Petani itu menunggu putranya dan menjaga rasa haus dan kelaparannya. Karena tidak tahan lapar, ia segera pulang. Dalam perjalanan pulang, petani melihat putranya tidur di gubuk. Petani itu segera membangunkannya. “Hei, bangun, petani itu berteriak.

Setelah putranya bangun, petani itu segera bertanya tentang makanannya. Di mana makanan untuk ayahnya? Tanya petani itu. Aku selesai makan, kata anak itu. Petani itu segera memarahi putranya dengan nilai tinggi. Anak-anak tidak tahu bagaimana menjadi beruntung! Aku sendiri tidak tahu! Dasar ikan kecil, kata petani itu, tanpa sadar mengatakan tabu istrinya.

Setelah petani mengucapkan kata-kata ini, istri dan anak-anaknya segera menghilang tanpa jejak. Air yang sangat deras tiba-tiba menyembur dari jejak kakinya. Air meluap begitu tinggi dan lebar sehingga membentuk sebuah danau. Dan akhirnya sebuah danau terbentuk. akhirnya dikenal sebagai Danau Toba.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Macam Macam Dongeng. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Baca Juga: